KUNGFU 5 HEWAN: ULAR

Posted by



KUNGFU ULAR
 
Jackie Chan memeragakan kungfu ular dalam film "snake in the eagle's shadow"
Di dalam kungfu Cina, terdapat beberapa jenis beladiri Cina yang dikenal sebagai Kungfu Ular (She Quan). Kungfu jenis ini disebut demikian dikarenakan kungfu tersebut meniru mekanisme gerakan ular. Kungfu ini digolongkan sebagai aliran Shaolin. Para praktisinya mengklaim dengan meniru mekanisme gerakan mengalirnya ular, mengijinkan mereka untuk melilit tubuh lawan saat bertahan dan meyerang mereka dari sudut yang tidak mereka duga. Beberapa menyebutkan bahwa Kungfu Ular utamanya diterapkan pada penggunaan pedang lurus (Ji An). Selain itu, Taichi aliran Yang, Xingyiquan dan Baguazhang menggunakan
mekanisme gerakan ular dalam beladirinya. Gerakan yang mengalir dari ular, merupakan landasan teori yang mendasari unsur-unsur lembut dalam Kungfu Cina.
Berbagai aliran kungfu ular menggunakan ular yang berbeda satu sama lain dalam merepresentasikan beladiri yang mereka tekuni. Sebagai contoh, beberapa jenis aliran kungfu ular menggunakan piton sebagai dasar gerakan jurus, sebagian yang lain menggunakan ular kobra. Di Cina sendiri terdapat dua aliran besar Kungfu Ular yang saling tidak berhubungan satu sama lain, yaitu aliran kungfu utara dan aliran kungfu selatan.

ALIRAN UTARA
Ular merupakan satu dari 5 hewan dalam Kungfu Cina. Keempat hewan yang lain adalah bangau, harimau, macan tutul dan naga. Kuil Tao di Gunung Wudang (Butong) dikenal karena banyak menghasilkan praktisi aliran ular.   
Gerakan Kungfu Ular didasari dari mekanisme gerakan ular yang memiliki energi bersifat melecut dan berderik yang menjalar dari punggung (tulang belakang) hingga ke jari. Dalam hal energi yang bersifat berderik, energi berasal dari poros gerakan tulang belakang yang kemudian menjalar ke tulang ekor. Kemampuan untuk menyalurkan energi dalam Kungfu Ular merupakan hal yang esensial terutama dengan menekan otot perut/abdomen. Kuda-kuda ular harus stabil. Kerja kaki (footwork) harus mengalir dalam rangka memaksimalkan energi lecutan yang terdapat di dalam setiap gerakan. Prinsip gerakan tersebut, memperkuat tulang belakang dan kekerasan jari yang nantinya dilakukan untuk melakukan serangan. Di dalam Kungfu Ular nafas merupakan hal yang penting, utamanya dalam mekanisme gerakan rusuk dan tulang belakang. Aliran ular merupakan salah satu aliran utama yang akhirnya membimbing pada metode internal (tenaga dalam). Selain itu, ular juga dikenal sebagai teori dasar yang melandasi gerakan pedang lurus dan tombak secara khusus. Bahkan di beberapa aliran kungfu, terdapat variasi bentuk senjata yang mata pisaunya meniru bentuk ular beberapa diantaranya yaitu pedang ular dan tombak ular.
Umumnya, Kungfu Aliran Ular pada aplikasinya menggunakan serangan-serangannya pada titik vital lawan seperti mata, kemaluan dan persendian.

ALIRAN SELATAN
Kuil Shaolin Selatan di Provinsi Fukien kadang-kadang disebut kuil ular. Kungfu Ular memang diajarkan di kuil ini selain Kungfu Naga dan Kungfu Belalang Sembah (Tanglangquan). Dulu, Kuil Fukien merupakan tempat pengungsian para biksu dari Kuil Henan ketika kuil tersebut dihancurkan. Dengan kedatangan para biksu tersebut dari Henan, mereka juga ikut membawa beladiri kungfu ke Kuil Fukien tersebut.
Kungfu Ular aliran Ular Viper Bambu Hijau adalah salah satu dari 5 aliran ular utama yang diajarkan di kuil tersebut. Gaya Kungfu ular yang satu ini berasal dari Kamboja yang kemudian sampai di Cina. Dengan terintegrasinya aliran kungfu ini dengan Kungfu Cina, semakin rapi pulalah kurikulum pengajaran di dalam aliran kungfu tersebut. Aliran Kungfu Ular yang satu ini diajarkan di Amerika Serikat oleh GM Wing Loc Johnson Ng. Selain itu, beliau juga mengajarkan aliran ular air, ular bayangan, king kobra, dan ular emas. Kelima aliran ular ini merupakan sistem lengkap dari Kungfu Ular aliran Selatan.
Selain itu juga terdapat aliran kungfu Ular aliran Selatan lain (She Ying Diu Sao) yang mana GM Leung Tin Chu yang lahir di sekitar abad ke-19 menjadi terkenal setelah dia memenangkan peringkat 4 di Kompetisi Leitai Nanjing pada tahun 1929. Gaya bertarungnya ini diwariskan dari Yau Lung Kong yang mana merupakan gabungan dari Kungfu Shaolin selatan dan Choy Gar. Dia memiliki beberapa murid yang mewariskan ilmunya. Beberapa diantaranya adalah Leung Gar Fong yang berasal dari Hong Kong dan almarhun C. Ming Fong.  Tinju-tinju pada aliran ini, bisa dideskripsikan sebagai gaya bertarung jarak menengah yang kebetulan menggunakan teknik yang sama seperti pada Wingchun. Teknik-teknik ini juga terdapat pada Kungfu Hunggar dan Choy Gar. Hal ini membuktikan asal kungfu ini yang berasal dari Shaolin Selatan dan kedekatannya dengan kungfu aliran lain yang memiliki akar yang sama. Kenyataannya, Yau Lung Kong awalnya belajar pada keluarga Choy (Choy Gar), namun dia tidak memiliki hak untuk mengetahui semua rahasia dari kungfu yang dia pelajari dari Keluarga Choy. Ketidakpuasannya akan hal ini, membawanya Ke Kuil Shaolin Selatan dan kemudian mengkombinasikan semua pengetahuannya menjadi Kungfu Ular (She Ying Diu Sao). Di kungfu ini, kekuatan dan tekniknya jauh lebih lembut dari Kungfu Ular aliran Selatan. Selain itu terdapat juga pukulan lurus dan bong shau seperti pada Wingchun, juga terdapat teknik-teknik lain seperti telapak budha - kupu-kupu, kait, uppercut, dan gui quen (tinju banting menggunakan punggung tangan) sebagai teknik utama. Biu Tze (jari menusuk) yang aplikasinya seperti gerakan ular menusuk merupakan teknik rahasia. Selain itu terdapat beberapa teknik menendang seperti tipikal teknik tendangan tinggi pada kungfu aliran utara dan teknik tendangan rendah pada kungfu aliran selatan. Juga terdapat 6 set pukulan, 2 set jurus toya, pedang tunggal, pedang pendek ganda, dan senjata tradisional lain.

KUNGFU ULAR DALAM FIKSI
1.      Kungfu ini menjadi gaya kungfu utama yang digunakan Jackie Chan dalam film Snake in The Eagle Shadow
2.      Lei Wulong salah satu karakter dalam Tekken menggunakan kungfu ular dan keempat kungfu hewan juga selain jurus mabuk (zui quan) sebagai gaya pertarungannya.
3.      Pada film Ong Bak 2, Tien (dimainkan Tony Jaa) menggunakan Kungfu Ular di latihannya.
4.      Pada tahun 2010, remake dari Karate Kid (dalam film ini justru berlatih kungfu bukan karate), terlihat seorang wanita berlatih di tebing dengan Kungfu Ular sembari menghipnotis ular sungguhan.
5.      Dalam Street Fighter IV karakter Rufus menggunakan Kungfu Ular sebagai gaya bertarungnya.
  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:16

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2