YI JIN JING

Posted by



KITAB PERUBAHAN URAT DAN OTOT

Gerakan Senam Yi Jin Jing
YI JIN JING yang berarti kitab perubahan urat dan otot merupakan latihan qigong (chikung) yang terdiri atas seri-seri latihan terkoordinasi dengan teknik-teknik nafas yang khusus, dan juga latihan konsentrasi mental yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan secara drastis apabila dilatih secara tekun dan sungguh-sungguh. Sesuai dengan arti harfiahnya, YI JIN JING adalah latihan yang bertujuan untuk memperkuat otot dan tendon, yang bisa disimpulkan sebagai latihan untuk kekuatan, kecepatan, kelenturan, stamina dan koordinasi serta keseimbangan tubuh. Latihan YI JIN JING merupakan latihan esensial dan merupakan elemen dasar latihan-latihan fisik yang dilakukan dalam latihan kungfu shaolin.

Menurut legenda, YI JIN JING dikatakan ditinggalkan oleh Bodhidharma setelah dia meninggalkan Kuil Shaolin. Bodhidarma sebenarnnya tidak hanya meninggalkan kitab YI JIN JING saja, tapi juga meninggalkan sebuah kitab lagi yang bernama kitab Xisui jing, namun kitab yang terakhir ini, tidak bisa ditemukan hingga sekarang. Para biksu shaolin dikatakan melatih apa yang terdapat di dalam kitab YI JIN JING, namun kehilangna tujuan dan arti sebenarnya dari latihan tersebut. Menurut legenda, banyak para biksu shaolin menjadi ahli kungfu yang luar biasa dikarenakan kepemilikan mereka atas kitab ini. 

Bodhidharma
Ketika kedua kitab tersebut ditinggalkan, kitab tersebut masih tertulis dalam bahasa India, yang tentu saja tidak dimengerti oleh para biksu di Kuil Shaolin. Salah seorang biksu di kuil, kemudian memutuskan melakukan perjalanan disertai dengan salinan kitab tersebut untuk mengetahui mengenai nilai-nilai dan pengetahuan yang terdapat di dalamnya. Biksu tersebut kemudian bertemu dengan seorang pendeta India bernama Pramati di Provinsi Szechuan yang kemudian meneliti kitab tersebut. Namun menurut pandangan Pramati sendiri, kitab tersebut memiliki pengertian yang mendalam dan ilmunya tidaklah cukup untuk menterjemahkan kitab tersebut sepenuhnya. Sehingga akhirnya, Parmati hanya mampu menterjemahkan kitab tersebut sebagian saja. 

Dengan kitab yang belum sepenuhnya diartikan tersebut, sang biksu melatih apa yang terdapat dalam kitab, dan setelah bertahun-tahun berlatih, tubuhnya menjadi sekuat baja dan si biksu menyangka kalau dia telah menjadi seorang budha. Begitu senangnya biksu tersebut, sehingga dia mengikuti Pramati kemanapun dia pergi.

TUJUAN DARI YI JIN JING

Tujuan dasar dari latihan YI JIN JING adalah untuk mengubah otot daging dan tendon yang lemah dan rentan menjadi kuat dan keras. Gerakan-gerakannya kadang keras dan kadang lembut, sehingga latihan ini membutuhkan kombinasi antara kekuatan dan tekad. Tekad kuat tersebut mendorong terjadinya perluasan dan peningkatan fungsi kekuatan otot tubuh. Dengan nafas yang terkoordinasi dengan baik, latihan ini menjadikan otot dan tendon memiliki kualitas bentuk dan otot yang tinggi, memiliki daya tahan yang baik, dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Menurut formula tradisional yang tersebar secara verbal, YI JIN JING:

·           Tahun pertama latihan memberikan vitalitas atas fisik dan mental
·           Tahun kedua latihan melancarkan peredaran darah dan menyegarkan kembali meridian
·           Tahun ketiga latihan membuat otot menjadi lentur dan memperbaiki fungsi organ
·      Tahun keempat latihan memperbaiki meridian tubuh dan menyegarkan kembali organ  perut    
·           Tahun kelima latihan mencuci sumsum tulang dan mencerdaskan otak


Dalam latihan YI JIN JING ini terdapat 5 aturan yaitu:

KETENANGAN

Seperti Air Danau Memantulkan Bulan,
Semangat Yang Tenang Membuat Energi Bergerak Masuk
Ke Dalam Tubuh

KELAMBATAN

Untuk Menggunakan Otot Secara Mendalam,
Untuk Memperoleh Ekstensi Maksimum dan Menggerakan
Qi dan Xue, Gerakan Lambat Diperlukan

EKSTENSI

Setiap Gerakan Harus Dibawa Hingga ke Tahap Maksimum

JEDA

Keyakinan Datang Melalui
Menunggu dan Menjaga Tensi Tubuh
Dalam Waktu Yang Lama

KELENTURAN

Anggota Gerak dan Bagian Bawah Tubuh
Harus Diregangkan Sehingga Darah dan Energi Tersirkulasi
Dan Kelenturan Diperoleh Setelahnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:35

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2