LATIHAN RUTIN BRUCE LEE

Posted by



LATIHAN BRUCE LEE



Di dunia ini, siapa yang tidak kenal BRUCE LEE. Tidak hanya dia seorang bintang film yang memiliki reputasi legendaris di dunia akting, tokoh yang satu ini juga merupakan seorang ahli beladiri yang berhasil menciptakan beladirinya sendiri yang bernama Jeet Kune Do (Jalan Memotong Serangan). Berikut ini adalah latihan-latihan BRUCE LEE yang saya ambil dari jg11bravo.hubpages.com. Semoga bisa dijadikan pembelajaran untuk kita semua.


“Satu hal yang harus kita ingat apabila kita ingin menjadi seperti BRUCE LEE adalah dia sangat tekun dan berdediakasi. Dia sangat terobsesi untuk secara konsisten terus memperbaiki kualitas fisik dan mentalnya sebagai seorang petarung. Dan dengan begitu, dia menghabiskan hampir seluruh waktunya tidak hanya dengan melakukan latihan-latihan fisik, tapi juga membaca berbagai literatur dalam berbagai subjek untuk mencerahkan pikirannya. Maka kita bisa menyimpulkan kalau fisik saja tidak penting, tapi mental attitude kita juga harus dilatih. Sementara latihan-latihan intelektual BRUCE LEE kita tidak bahas di sini, kita harus memasukkan ke dalam ingatan kita kalau untuk menjadi ahli beladiri yang hebat, diperlukan lebih dari latihan fisik yang memadai.

Jika goal yang kamu inginkan hanya untuk membangun tubuhmu namun kamu tidak tertarik menjadi seorang ahli beladiri, maka jujur saja latihan-latihan ini tidak cocok untukmu. Selain itu, latihan-latihan di bawah ini bukan dikhususkan untuk pemula, maka disarankan untuk pemula meningkatkan dulu kualitas fungsi tubuhnya terlebih dahulu sebelum melakukan latihan ini.
Dalam melakukan latihan ini, diperlukan diet makanan yang benar. Tanpa karbohidrat, protein, vitamin dan nutrisi lain yang cukup, tentu saja kita tahu kalau kalau bahkan berbagai latihan / workout yang paling baikpun rasanya justru hanya akan merusak tubuh kita sendiri. Dalam melakukan porsi latihannya, BRUCE LEE melakukan diet yang sangat ketat. Dia makan sekitar 4-5 kali sehari dan lebih memilih makanan dengan karbohidrat yang tinggi. Dia menolak berbagai makanan dan minuman yang hanya akan merusak tubuhnya. BRUCE LEE tidak minum kopi, selain itu dia tidak memakan makanan ala barat yang menekankan pada lemak dan protein dan lebih memilih memakan makanan ala Cina dikarenakan penggunaan nasi dan sayur yang banyak.
............................................................................................................................................
Berikut adalah latihan-latihan yang BRUCE LEE lakukan:

Core Training
Jenis Latihan
Jumlah Latihan
Penggunaan Alat
Sit Up
3 Set semua dilakukan hingga batas maksimum
Tidak ada
Hanging Leg
3 Set semua dilakukan hingga batas maksimum
Tidak ada
Side Bend
3 Set semua dilakukan hingga batas maksimum
Barbel

Latihan  "Hanging Leg Raise

Side Bend
Selain latihan di atas, BRUCE LEE juga melakukan Abs Training (latihan untuk perut), tidak seperti latihan di atas yang hanya dilakukan dalam 3 set, latihan ini dilakukan dalam 5 set.
Latihan Beban 

BRUCE LEE melatih dirinya secara ekstensif dalam melakukan latihan beban. Dia biasa melakukan latihan ini setiap Selasa, Kamis dan Sabtu ditambah dengan berbagai Core Training yang dilakukan setiap hari dan juga Cardiovascular Training, tentu saja juga dengan latihan beladiri yang rutin dia lakukan. Di bawah ini merupakan latihan beban yang sering BRUCE LEE lakukan.

Weight Training
Jenis Latihan
Jumlah Latihan
Penggunaan Alat
Target
Barbell Curll
2 set 8 kali
Barbel
Otot Bisep
Bent-Arm Pullover
2 set 8 kali
Barbel

Squat/Skotjam
2 set 12 kali
Barbel
Harmstring, betis, tubuh bagian bawah
Bench Press
4 set 5 kali
Barbel
Dada, bahu, otot trisep
 
Barbell Curll
Bent-Arm Pulover

 
Squat dengan barbel
 
Bench Press
Latihan Cardio
BRUCE LEE sangat rajin melakukan latihan lari, lari merupakan salah satu bentuk meditasinya. Dia biasanya berlari sekitar 6 km dalam 20-25 menit setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Dia biasanya melakukan latihan interval saat lari, melakukan sprint jarak pendek sewaktu-waktu, kemudian kembali melakukan lari senyaman mungkin.
Di hari Selasa, Kamis dan Sabtu, dia biasanya bersepeda dalam kecepatan tinggi sekitar 45 menit setelah sebelumnya, dia melakukan lompat tali selama 30 menit. Kesemua latihan ini, berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Latihan Cardio
Jenis Latihan
Jarak/Waktu
Hari
Lari
30 menit
Senin, Rabu dan Jum’at
Lompat Tali
5 x 2menit
Selasa, Kamis dan Sabtu
Bersepeda/Cycling
30 menit
Selasa, Kamis dan Sabtu

Disamping latihan-latihan fisik di atas, BRUCE LEE juga melakukan pembelajaran-pembelajaran dan berbagai studi terhadap berbagai buku dan literatur. Sebagai seorang praktisi beladiri, mental, sikap dan filosofi sangatlah penting.”


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01:34

1 komentar:

  1. Sumbernya dari mana ya apakah valid betul itu latihan rutin yang Bruce Lee lakukan ?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2