KUNGFU CAKAR ELANG

Posted by



ENG JIAW PAI


ENG JIAW PAI atau KUNGFU CAKAR ELANG merupakan salah satu aliran KUNGFU Cina yang terkenal akan teknik-teknik berbasis cengkeraman seperti misalnya kunci persendian, totok dan bantingan. KUNGFU ini seringkali direpresentasikan sebagai aliran KUNGFU yang mewakili kemampuan-kemampuan qinna dalam beladiri-beladiri Tiongkok.  Beladiri yang satu ini merupakan satu di antara beberapa KUNGFU lain yang sering diatributkan kepada Jenderal Yue Fei seperti xinyiquan dan yue jia quan.


Legenda yang paling populer menyatakan bahwa Jenderal Yue Fei belajar ilmu beladiri kepada biksu Zhou Tong dan kemudian menciptakan KUNGFU CAKAR ELANG untuk membantu tentaranya melawan tentara agresor Dinasti Jin. KUNGFU ini kemudian diturunkan hingga era Dinasti Ming dimana KUNGFU ini kemudian dikombinasikan dengan KUNGFU fanziquan oleh seorang biksu bernama Lai Chin. Hal ini menyebabkan KUNGFU CAKAR ELANG memiliki serangan-serangan jarak jauh dan teknik teknik udara. Di era Dinasti Qing, pelatih kemiliteran bernama Liu Shi Jun menjadi terkenal sebagai figur beladiri ini dan banyak mengajar murid-murid KUNGFU tersebut. Muridnya Liu Cheng You kemudian mengajar Chen zhizheng yang kemudian diundang untuk mengajar di organisasi prestisius CHINWU (Chin Woo Athletic Association) yang didirikan oleh legenda KUNGFU Huo Yuanjia di era Republik. Aliran KUNGFU ini kemudian menyebar luas di provinsi lain dan menyebar ke seluruh dunia di era modern ini.


Hingga saat ini, terdapat 3 aliran keluarga utama dalam KUNGFU CAKAR ELANG. Aliran-aliran tersebut adalah:

1.)    Liu Qiwen (Lau Kai Men)
2.)    Chen Zizheng (Chan Tzi Ching)
3.)    Zhang Zhan Wen (Chian Jin Man)

Dalam metode pelatihannya, latihan KUNGFU CAKAR ELANG berbeda tergantung kepada siapa kita belajar. Satu-satunya metode pelatihan yang memiliki sifat konsisten dalam KUNGFU cakar elang adalah 3 rangkaian jurus yang terdapat di setiap aliran eng jiaw pai yang dilatih sebagai inti dari aliran tersebut. Ketiga rangkaian jurus tersebut adalah:

1)     Xing Quan, juga dikenal sebagai tinju berjalan. Rangkaian jurus ini terdiri atas 10 hingga 12 baris teknik yang mewakili apa yang saat ini dikenal sebagai shaolin fanziquan. 

2)     Lian Huan, atau Tinju terhubung, merupakan rangkaian jurus yang sangat penting yang merupakan “ensiklopedia”nya teknik-teknik cengkeraman dan kunci persendian qinna. Selain itu rangkaian jurus ini juga memasukkan di dalamnya berbagai metode-metode qigong. Kebanyakan orang, menamakan rangkaian jurus ini “Kamus Cakar Elang” dikarenakan jurus ini mengandung 90% kemampuan-kemampuan dan teknik-teknik pada KUNGFU cakar elang.

3)    Yue Shi San Shou, juga dikenal sebagai 108 pegangan cengkeraman yang dianggap sebagai “jantung” dari KUNGFU CAKAR ELANG. Rangkaian jurus ini dipercaya sebagai KUNGFU asli yang diturunkan kepada Jenderal Yue Fei. Jurus ini memiliki 108 kategori teknik dan skills yang dilatih hingga mendekati sempurna dengan partner latihan.   


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:54

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2