SEJARAH SENI BELADIRI

Posted by

SEJARAH SENI BELADIRI DAN PERKEMBANGANNYA

Permulaan seni beladiri Cina dapat dilihat di masa Dinasti Xia (夏朝) lebih dari 4000 tahun yang lalu. Dikatakan bahwa Kaisar Kuning Huang Di (2698 SM) memperkenalkan sistem pertarungan paling awal di Cina. Kaisar Kuning merupakan jendral militer terkenal sebelum dia menjadi Kaisar Cina yang menulis risalah tentang pengobatan, astrologi dan seni beladiri. Salah satu rival utamanya adalah Chi You (蚩尤)  yang merupakan pencipta Jiao Di pelopor gulat Cina di masa modern.
Ilustrasi pertarungan Lei Tai di zaman Dinasti Qing
seorang pria berusaha melempar lawannya dari atas panggung Lei Tai


Di masa Dinasti Tang, penjelasan seni berpedang (tarian pedang) dijadikan sebagai bait puisi oleh Li Bai. Wushu sendiri, (dalam konteks tradisional bukan modern) berkembang secara pesat di masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing di mana pertarungan Lei Tai (pertarungan bebas tanpa aturan) dilegalkan oleh pemerintah sehingga beladiri tradisional Cina berkembang secara pesat dengan keefektifan yang teruji. Selain itu untuk memperoleh kedudukan yang tinggi di pemerintahan terutama di bidang militer,  seseorang harus memiliki kemampuan beladiri yang tinggi.


Di Eropa, sumber awal tradisi beladiri dimulai di masa Yunani kuno ketika tinju
Ilustrasi pertarungan pankration,
 dua orang sedang bertarung disaksikan oleh  wasit (500 SM)
kuno, permainan gulat dan pankration dipertunjukkan di Permainan Olimpiade Kuno sebagai persembahan kepada dewa Apollo. Seni beladiri Asia mulai didokumentasikan di awal masa pertengahan, dimulai dengan kisah Samurai 


Ilustrasi samurai (1539M-1600M)
Jepang pada abad 12 M dan kisah Jendral Cina terkenal Qi Jiguang yang berhasil meningkatkan kemampuan dan semangat tempur para tentara Cina yang lemah sehingga mampu mengusir perompak-perompak Jepang yang berkeliaran di perairan Cina.
Ilustrasi pertempuran Qi Jiguang dan pasukannya
melawan para perompak Jepang

Di masa modern sekarang, seni beladiri tidak hanya digunakan sekedar sebagai pertahanan diri saja namun mencakup juga kompetisi olahraga, pertunjukkan dan hiburan, perfilman dan juga sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.





FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:56

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2