Historys Strongest Disciple Kenichi

Posted by

 KENICHI

Untuk para pecinta beladiri generasi dulu tentu ingat dengan manga bergenre beladiri seperti KENJI atau Tekken Chinmi (KUNGFU BOY). Nah disini saya akan membahas mengenai satu lagi manga/anime bergenre beladiri yang di Jepangnya sendiripun cukup populer, di dunia manga sendiri HISTORY'S STRONGEST DISCIPLE KENICHI merupakan 1 dari 20 manga dengan pencapaian luar biasa sepanjang sejarah dan di seluruh dunia sendiri manganya sudah terjual lebih dari 40 juta copy. Manga HISTORY'S STRONGEST DISCIPLE KENICHI dideskripsikan sebagai "Dunia seni beladiri yang keras dan kasar dengan master-master beladiri yang memikat dan humor yang menggelikan." Seri-serinya sendiri mendapat kritikan yang baik dari para kritikus dikarenakan teknik-teknik beladirinya diambil dari dunia nyata dari berbagai wilayah  dan negara (seperti sambo, savate, berbagai jenis kungfu, kalaripayattu dan bahkan silat), dengan pengembangan yang unik dalam tiap serinya.

Ceritanya dimulai ketika Shirahama Kenichi (tokoh utama), siswa SMA berusia 17 tahun yang sering diganggu dan dilecehkan seumur hidupnya, sampai akhirnya dia bertemu dengan siswi pindahan misterius Fuurinji Miu yang bertemu dengannya di saat yang tidak terduga (Miu memukulnya di saat Kenichi berada di belakangnya, karena Miu memiliki refleks untuk melempar orang yang ada di belakangnya) sehingga menyebabkan Kenichi terbanting. Pertemuan itulah yang membuat hidup Kenichi berubah drastis.

Pada awalnya Kenichi bingung mencari guru karate, karena baru beberapa hari dia masuk club karate, dia dipaksa untuk melawan Daimonji teman seangkatannya yang sering menjahilinya karena dia jauh lebih kuat dari Kenichi. Namun Kenichi tidak menyerah dan dia akhirnya menemukan kalau Miu seorang ahli setelah melihatnya menghajar 3 orang yakuza yang membawa pisau untuk menolong seorang kakek. Miu pun akhirnya untuk menolong Kenichi dengan mengajarinya teknik dasar Baguazhang gou bu dan bai bu (dalam versi jepangnya: ko hou dan hai hou). Kenichi akhirnya bisa mengalahkan Daimonji dengan mempelajari 2 teknik itu. Namun situasi yang diduga akan semakin baik justru semakin buruk sehingga terpaksa Kenichi pergi ke rumahnya Miu yang merupakan dojo beladiri di mana para master beladiri (non-kompetisi/pertarungan nyata) berkumpul yang bernama RYOUZANPAKU untuk belajar beladiri lebih lanjut. 


Yang unik dari manga/anime ini adalah pembagian karakter beladirinya yang membagi setiap individu menjadi 2 yaitu:
  1. DOU, adalah petarung yang menggunakan emosinya untuk melampaui batas kemampuan fisiknya biasanya petarung dengan karakter seperti ini cenderung agresif dan jarang yang tidak ofensif dalam bertarung, saat bertarung beberapa dari mereka kadang memiliki sifat buas seperti yang terlihat pada Fuurinji Miu dan Nanjou Kisara ketika mengalami rasa sakit dan frustasi. Para petarung tipe DOU mampu melihat pergerakan musuh dengan mengeluarkan hasrat dan gairah bertarung dari diri mereka sendiri yang sebanding dengan kemampuan Ryuusui seikuken yang di miliki oleh tipe SEI. Menurut James Shiba, petarung tipe DOU fokus untuk meledakkan chi dalam diri mereka setelah menyalurkannya ke arah target untuk membuat kerusakkan yang besar. Di dalam manga, Apachai, Sakaki dan Miu termasuk dalam petarung tipe DOU. Kebanyakan petarung tipe DOU cenderung ke jalan Asura (Jalan pembunuh) karena mereka bertarung menggunakan kemarahan dan hampir tidak bisa mengkontrol kekuatan diri mereka sendiri. Tapi, karena sifat aslinya Apachai, Sakaki dan Miu yang baik hati, mereka tetap menahan diri mereka dari membunuh lawan bertarung mereka (katsujin-ken)
  2. SEI, adalah tipe petarung yang menggunakan ketenangan, penguasaan teknik dan kecerdasan. Diantara yang terlihat memiliki karakteristik ini adalah: Kenichi, Akisame, Ma   Kensei dan Hayato. Petarung tipe ini, menggunakan ketenangan pikiran untuk mencapai kemampuan maksimal bertarungnya.



Karakter-karakter:
1. Shirahama Kenichi
Pada awalnya Kenichi merupakan murid paling lemah sehingga dia sering dijuluki "kaki lemah" dan sering dikerjai/dibuli dimanapun dia berada oleh teman-temannya. Namun hidupnya berubah drastis setelah dia bertemu dengan Fuurinji Miu dan belajar di Ryouzanpaku. Secara umum setelah dia belajar di Ryouzanpaku hidupnya terbagi atas dua bagian yaitu saat dia berlatih bagai neraka di RYOUZANPAKU (Kenichi menyebutnya neraka di mana dia harus bayar 5000 yen untuk masuk ke sana <saya terbahak-bahak saat baca ini di manganya karena kenichi memang bayar 5000 yen buat latihan di sana>) dan saat dia bertarung melawan geng dan praktisi beladiri lain di jalanan. Di RYOUZANPAKU, kenichi belajar 6 jenis beladiri dari 6 orang grandmaster sekaligus (Kenichi kadang menyebut mereka monster dan bukan manusia, karena cara berfikir dan kekuatan fisiknya yang sudah di luar nalar). Beladiri tersebut antara lain: KARATEJUJUTSUKUNGFU CHINAMUAY THAI (THAI BOXING), SENI SENJATA gaya KOUSAKA, dan SENI PERTARUNGAN gaya FURINJI. Secara umum Kenichi biarpun kalau bertarung kelihatan seperti pengecut dan kadang tidak bisa menahan diri untuk tidak
Shirama Kenichi
memperlihatkan kalau kakinya gemetaran saat bertarung, namun dia memiliki rasa keadilan yang tinggi dan akan mengeluarkan kemampuan yang tidak terduga saat berusaha untuk melindungi orang-orang yang dia sayangi terutama Miu (Kenichi jatuh cinta pada Miu biarpun Miu lambat menyadari perasaannya itu). Jurus andalannya adalah MUBIYOSHI (secara harfiah berarti "tanpa pukulan") di mana dia menggabungkan prinsip memukul karate, elastisitas kungfu china, prinsip serangan potongan dengan kekuatan seluruh tubuh Jujutsu dan pukulan menembus tubuh Muay Thai. Hanya saja teknik ini memliki kelemahan yaitu hanya bisa dilakukan dari jarak dekat dalam keadaan tubuh statis untuk beberapa saat, sehingga mudah dihindari. Rata-rata orang yang kena teknik ini langsung tidak bisa bangun lagi kecuali beberapa orang yang memiliki daya tahan luar biasa. Jurus andalannya yang lain adalah KORUI NUKI di mana dia menggunakan tendangan lurus dikarenakan memiliki kekuatan bagian bawah tubuh yang luar biasa akibat porsi latihan dasarnya yang kokoh dan mantap. Orang yang pertama kali merasakan teknik ini adalah Pollux (Ethan Stanley) seorang praktisi beladiri India Kalaripayattu yang juga merupakan anggota YOMI. Secara umum, guru-gurunya mengatakan kalau Kenichi tidak punya bakat dalam beladiri. Dan satu-satunya bakatnya dalam pertarungan adalah bakat untuk dihajar habis (heheh), sehingga musuhnya yang kuat akan kaget, karena Kenichi akan bangun lagi biarpun sudah dihajar habis.  Gurunya mengatakan bukanlah bakat yang membuat orang istimewa dalam beladiri, tetapi keyakinan dan tekad. Hal  inilah yang perlu dianut setiap orang bukan hanya dalam beladiri tapi juga dalam berbagai bidang.

2. Fuurinji Miu
Furinji Miu merupakan siswa pindahan dari Sekolah elit Souchiku Gakuen yang kemudian berteman dengan Kenichi. Alasan kepindahannya karena dia tidak memiliki seorangpun teman diakibatkan oleh kecantikannya dan bakatnya yang luar biasa, sehingga teman sebayanya menjadi iri kepadanya. Ditambah lagi Miu orang yang pendiam dan kurang bisa bersosialisasi.
Sejak kecil dia diajak kakeknya Fuurinji Hayato berkeliling dunia sembari menekuni beladiri dan sudah mampu untuk meng-KO beberapa orang dewasa saat usianya setara dengan anak SD.
Fuurinji Miu
Karena latihan keras dari kakeknya pula lah dia memiliki refleks untuk melempar siapapun yang ada di belakangnya tanpa dia sadari. Hal inilah yang pertama kali terjadi saat dia bertemu Kenichi, karena Kenichi kebetulan berlari di belakangnya. Dia sangat menyukai kucing karena saat mengembara berkeliling dunia, dia tidak melihat sesuatu yang mendamaikan hatinya kecuali kucing. Dia juga mengatakan kalau kucing merupakan simbol kebebasan sehingga pemiliknya akan dipilih oleh kucing itu sendiri. Selain itu, jika Miu kesepian (saat Kenichi dibawa latihan Fuurinji Hayato ke "Jantung Jepang") dia bisa memandangi kucing di toko hewan selama 1 jam penuh tanpa mempedulikan apapun dan "tanpa membelinya" mengingat kondisi keuangan Ryouzanpaku yang carut marut dan hampir bangkrut.
Gaya bertarung Miu berbasis pada kelenturan tubuh dan kelincahan sehingga dia dijuluki "Bulu yang Melayang Menembus Angin". Beladirinya adalah beladiri hybrid antara seni beladiri gaya Fuurinji yang digabungkan dengan kelenturan dan kelincahan tubuh. Selain itu Miu juga menguasai pencak silat yang diajarkan oleh Silkwat Junazad salah satu anggota YAMI SEMBILAN TINJU SATU BAYANGAN (one shadow nine fists) di mana dia dicuci otaknya menggunakan obat sehingga hilang ingatan dan dinamai BULU INDAH. Miu adalah petarung tipe DOU di mana dia, jika marah, emosi atau frustasi akan mengeluarkan kekuatannya yang sesungguhnya. Biarpun Miu cenderung tidak bisa mengendalikan kekuatannya apabila serius, namun Miu bisa diandalkan dalam berbagai pertarungan.
Teknik pertama yang diajarkan Miu pada Kenichi adalah teknik langkah dasar goubu dan baibu dari kungfu baguazhang

3. Fuurinji Hayato

Fuurinji Hayato merupakan kakek kandung dari Fuurinji Miu dan merupakan ketua dari RYOUZANPAKU. Dia dijuluki sebagai "Manusia Super yang Tidak Terkalahkan". Kekuatannya sungguh luar biasa sehingga saat masih muda, dia mampu melawan 500 praktisi beladiri sekaligus dalam suatu pertarungan. Bahkan Koetsuji Akisame mengatakan bahkan saat Hayato menutup matanya, dia masih merupakan orang terkuat di dunia. Dialah juga yang mengajarkan Kenichi teknik  Ryuusui seikuuken yang merupakan teknik yang hanya bisa di pelajari petarung tipe sei, di mana kenichi menggunakan ketenangannya untuk menahan berbagai serangan, selama
Fuurinji Hayato
serangan itu masuk ke wilayahnya (seluas radius tangan). Selama dia melatih Kenichi dia hanya menggunakan 0,0002 % kekuatannya, biarpun bgitu Kenichi merasa sangat ketakutan karena kekuatannya yang sudah diluar kekuatan manusia. Dia juga memiliki kekuatan khusus yaitu bi-vocale  di mana dia bisa mengeluarkan dua suara berbeda sekaligus kepada orang yang ditujunya (dia biasa menggunakan kemampuan ini saat bernyanyi). Dia juga bisa bicara pada satu orang dan sekeras apapun suaranya, hanya orang yang dituju yang bisa mendengarnya.
Teknik pertama yang diajarkannya pada Kenichi adalah Seikuken teknik tingkat tinggi dimana dia membuat perisai tidak terlihat yang mampu mementahkan berbagai serangan seluas radius  tangan.
Kenichi saat melakukan teknik Seikuuken
(gambar teratas)

4. Koetsuji Akisame
Koetsuji akisame adalah ahli Jujutsu  dan merupakan orang pertama di Ryouzanpaku yang bersedia mengajari Kenichi beladiri (biarpun dia yang paling tidak peduli dengan perasaan Kenichi). Walaupun dia orang yang baik dan penuh pengertian, Akisame merupakan orang yang paling keras dan ketat dalam mengajar, di antara semua master di Ryouzanpaku. Jika Kenichi benar-benar dalam masalah dia akan berlari ke Ryouzanpaku  dan mengatakan "DORAEMON"(biasanya kebetulan Akisame sedang makan dorayaki) dan minta tolong seperti saat nobita
Koetsuji Akisame

Otot hasil latihan
Koetsuji Akisame
meminta tolong pada doraemon di anime aslinya. Menurut Kenichi, dia mampu melakukan kebrutalan yang tidak bisa dibicarakan (saat Kenichi melihat Akisame menghajar sekelompok yakuza di dalam jalan sempit, hal ini tidak diperlihatkan). Menurutnya (seperti yang Sakaki katakan) otot pada manusia secara umum terbagi 3 yaitu otot merah yang memiliki banyak stamina namun sedikit kekuatan, otot putih yang kekuatannya eksploif namun tidak bisa bertahan lama, dan otot pink yang menggabungkan antara keduanya namun jumlahnya sedikit di dalam tubuh. Dikatakan kalau komposisi otot manusia tidak bisa bertambah dan berkurang, namun Koetsuji Akisame tidak percaya dengan hal ini dan melatih tubuhnya secara ekstensif sehingga seluruh ototnya menjadi otot pink tanpa menyisakan otot merah dan otot putih, sehingga biarpun kelihatan kurus dari luar, otot yang membentuk tubuhnya tiada duanya. Biasanya dalam melatih Kenichi dia menggunakan mesin ciptaannya sendiri (kadang Kenichi mengatakan "doraemon alat apa ini"). Akisame adalah seorang polymath (lihat wikipedia). Dia seorang dokter di Ryouzanpaku dan memiliki reputasi hebat di Jepang (sebenarnya reputasi menakutkan). Selain itu dia seorang seniman kaligrafi, pembuat patung, ukiran dan tembikar. Dia juga orang yang cerdas, terbukti saat Kenichi memiliki masalah percintaan dia menggunakan teori fisika untuk memecahkan masalah itu (biarpun Kenichi tidak mengerti ) dan dia mampu meretas komputer yang ada di pangkalan militer Amerika hanya berbekal buku "Winzows for dummy" biarpun akhirnya diteruskan oleh Niijima. Dia juga seorang penemu yang telah  menciptakan berbagai mesin (terutama untuk menyiksa Kenichi dalam latihan). Selain itu, Akisame juga ahli dalam permainan-permainan berbasis strategi seperti catur, go dan othello dan mengklaim tidak pernah kalah sekalipun. Akisame sesekali terlihat mampu berbicara bahasa rusia dan mengerti tulisannya (saat berbicara dengan Boris Ivanov). Dia juga memiliki insting yang bagus, sehingga dia bisa mengetahui siapa orang yang sedang membicarakannya walaupun tidak bersamanya. Dia memiliki ketakutan yang menggelikan terhadap paprika hijau. Dialah yang merancang berbagai model latihan Kenichi dan merancang otot Kenichi sedemikian rupa dalam berbagai latihannya.

5. Apachai Hopachai
Apachai Hopachai adalah ahli beladiri muay thai dan muay boran berkebangsaan Thailand (dipopulerkan oleh Tony Jaa) yang tinggal di Ryouzanpaku. Julukannya adalah "Dewa Kematian Muay Thai bawah tanah". Dia biasa berlatih muay boran di malam hari untuk menjaga tradisi dan seringkali tidak memperlihatkannya pada Kenichi karena berbahaya.
Sebagai salah satu master di Ryouzanpaku dia menjadi seseorang yang ikut mengajarkan Kenichi beladiri. Dalam beberapa kesempatan dia kadang secara tidak sengaja meng-KO Kenichi karena ketidakmampuannya menahan kekuatannya sendiri. Bahkan pernah saat awal berlatih dia  memukul Kenichi hingga Kenichi hampir mati (jantungnya berhenti berdetak).
Biarpun perilakunya saat bertarung kadang mematikan, dia memiliki kepribadian kekanak-kanakan sehingga dia sangat ramah pada anak-anak dan hewan (apachai tidak pernah memukul mereka). Dia memiliki kemampuan unik untuk  berkomunikasi dengan hewan. Jika dia sedang memiliki kekhawatiran terhadap Kenichi (perasaan tidak enak), maka dia akan menancapkan boneka voodoo dengan paku pada pohon (diajarkan Shigure untuk keberuntungan biarpun lebih mirip santet). Karena kemampuannya untuk
Apachai Hopachai
menahan diri yang hampir tidak ada, dia juga tidak mampu untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan seringkali malah membuat semuanya tambah parah. Dia kadang terlihat bermain bersama Honoka adiknya Kenichi jika tidak sedang melatih Kenichi (kadang terlihat dengan Shigure).Dia selalu terlihat bermain dengan baik itu kartu ataupun othello dan tidak pernah menang melawan Honoka. Karena susahnya dia mempelajari bahasa jepang apabila dia menjawab telepon dia selalu menjawab "anakmu telah kusandera"(penculik jika minta tebusan selalu bicara seperti ini) atau "Hei ini aku, kau tidak lupa kan, ini aku..."(penipu dengan modus pura-pura kenal biasa mengatakan ini). Apachai memiliki kebiasaan mengatakan Apa atau apapapapa atau yabayaba dooo, jika bicara.
Teknik pertama yang dia ajarkan pada Kenichi adalah kuda-kuda Tan guarde muai dan Kao Loi teknik muay thai di mana kita menggunakan serangan dengkul sembari memegang kepala lawan. 
teknik muay thai
kao loi

Kenichi saat melakukan teknik kao loi
pada Ukita
6. Ma Kensei

Ma Kensei merupakan ahli semua jenis kungfu tangan kosong China namun lebih fokus pada teknik-teknik lembut dan merupakan salah satu master dari Ryouzanpaku. Dia juga merupakan ketua dari Aliansi Burung Phoenix di China dengan lebih dari 100.000 anggota. Hanya saja karena dia menganggapnya suatu hal yang merepotkan maka dia menyerahkan kepemimpinan pada istrinya dan anak tertuanya dan melarikan diri ke Jepang. Dia merupakan anggota ryouzanpaku yang memiliki sifat genit dan mesum. Ke mana-mana selalu membawa kamera dan terkadang
Ma Kensei
majalah porno. Kadang dia menjual majalah berisi gambar-gambar Miu yang difoto sedang telanjang atau sedang ganti baju pada Kenichi. Namun seringkali Kenichi ditipu karena setelah dilihat ternyata itu majalah sumo atau majalah burung (miu artinya bulu indah). Namun walapun begitu dialah yang paling bersifat bagai seorang ayah bagi Kenichi di Ryouzanpaku. Dia merupakan salah satu petarung terhebat China dengan julukan si lembut  sementara kakaknya Ma Sougetsu dijuluki si keras.
Teknik yang pertama diajarkannya pada Kenichi adalah teknik dari kungfu xinyiliuhequan ugyou haitou (dalam Bahasa Jepang) atau youzi zaijian (dalam bahasa China), gerakan di mana dia menggunakan kedua punggung tangan untuk menahan dan mencengkeram serangan sementara kepala digunakan untuk menyundul dada atau perut lawan.
Teknik pada baris pertama kolom ketiga dari atas
merupakan teknik yaozi zaijian

5. Sakaki Shio

Sakaki Shio
Sakaki Shio merupakan ahli beladiri karate khusus untuk teknik-teknik yang bisa digunakan dalam kehidupan nyata. Julukannya adalah "Petarung Jalanan Dan 100". Penampilannya terlihat seram dengan badannya yang seram, otot-ototnya yang besar dan luka sobek di wajah yang melintang dari pipi kanan kepipi kiri melewati hidung. Biarpun begitu dia orang baik meskipun cara bicaranya seperti orang marah. Lukanya itu diperoleh dari pertarungannya dengan mantan temannya Akira Hongou, yang menjadi anggota YAMI "sembilan tinju satu bayangan". Dia juga terkenal di Ryouzanpaku memiliki kemampuan berbohong yang payah, seperti saat awal latihan dia yang sebelumnya mengatakan tidak akan mengambil murid tiba-tiba mengajari Kenichi teknik dan mengatakan kalau itu dalam rangka hari jadi Judo se-dunia (yang tentu saja kebohongan gila). Di antara semuanya dialah yang paling khawatir dengan Kenichi jika melihatnya dalam keadaan bahaya.
Teknik yang pertama kali diajarkan pada Kenichi adalah teknik karate Yamazuki di mana teknik ini digunakan untuk menyerang kepala dan perut sekaligus dengan menggunakan kedua kepalan tinju tangan.


Kenichi menggunakan teknik Yamazuki pada
Tsukuba wakil ketua klub karate di sekolahnya.












6. Kousaka Shigure

Kousaka Shigure adalah salah satu master Ryouzanpaku yang merupakan ahli dalam bidang senjata dan selalu ke mana-mana membawa senjata di beerbagai kegiatannya. Julukannya adalah "Anak ajaib dalam berbagai senjata" Senjata favoritnya adalah pedang, shuriken, kunai dan kusarigama (semacam sabit yang memiliki rantai di ujungnya). Biarpun dia menyukai senjata tradisional namun dia memiliki pengetahuan luas juga dalam senjata modern seperti senapan laras panjang dan pernah memohon supaya tank yang ada di Pulau Fortuna supaya bisa dibawa ke
Kousaka Shigure
Ryouzanpaku (yang tentu saja tidak dikabulkan) dan bahkan menamakan tank tersebut cattleya (yang berarti bunga kecil). Dialah orang yang mengajari Kenichi renang gaya kuno Jepang (yang di dunia modern disebut renang gaya bebas). Shigure cenderung pendiam dan kurang suka bersosialisasi. Dia biasanya hanya bicara dengan Apachai atau Akisame. Dan apabila Ma Kensei mulai melakukan hal-hal mesum, dia akan langsung melemparnya dengan kunai dan Shuriken. Di tempat di mana Miu dan dia (Shigure) mandi air hangat dia meletakkan berbagai macam jebakan yang bisa membunuh orang biasa, untuk menjebak Ma namun jarang yang berhasil. Dia memiliki hewan peliharaan tikus yang bernama Touchumaru dan sering terlihat bermain bersama Apachai dan Honoka adiknya Kenichi.

Manga/anime ini tidak hanya terkenal dengan berbagai teknik dari berbagai beladirinya yang luas tapi juga filosofi-nya yang mengena bagi seorang praktisi beladiri dari berbagai disiplin ilmu manapun. Diantara yang paling saya sukai adalah Perkataan Sakaki Shio di mana dia mengatakan: "Ingat Kenichi, pria sejati tidaklah mengatakan 'bisa melakukan' atau 'tidak bisa melakukan ' tapi yang harus dilakukan lelaki sejati adalah 'lakukan' atau 'jangan lakukan'". Dan perkataan Tanimoto Natsu dimana dia mengatakan bertarung itu ditentukan oleh 3 hal: gong fu (kekuatan), teknik dan hati/keberanian.

sumber: http://kenichi.wikia.com/wiki/History%27s_Strongest_Disciple_Kenichi_Wiki


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15:27

1 komentar:

  1. Admin infonya dong apakah animenya hanya sampe persi ovanya ajah ada kelanjutannya atau gak?
    Tolong jawab

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2