KUNGFU BAGUAZHANG

Posted by

BAGUAZHANG
Baguazhang adalah salah satu beladiri diantara tiga KUNGFU tenaga dalam China (lainnya taijiquan dan xingyiquan), yang prinsip-prinsip gerakan dan latihannya didasari dari kitab Yi Jing (I-ching) yang merupakan salah satu kitab rujukan agama Tao. KUNGFU ini terkenal akan karakter-karakter langkahnya yang melingkar dan mengalir. Salah satu latihan dasarnya adalah Tang Ni Bu (berjalan di atas lumpur) yaitu metode latihan dimana praktisi KUNGFU ini berjalan melingkar mengelilingi tiang (atau tanpa tiang) dengan menggunakan langkah istimewa seolah sedang berjalan melingkar di atas lumpur.Menurut Ma Chuanxu (ahli baguazhang aliran Liang), baguazhang fokus pada penggunaan teknik dan strategi pada pertarungan (clever power) dan merupakan jalan terpendek untuk memperoleh keefisienan kemampuan bertarung yang didukung oleh konsep tenaga dalam (internal).
Lukisan Dong Haichuan
Orang yang pertama kali
mengajarkan kungfu Baguazhang  secara umum


Untuk melihat keefektifan beladiri ini di dunia nyata, tentu kita harus melihat praktisi-praktisi terdahulunya yang mampu mengaplikasikan berbagai teknik KUNGFU ini di dunia nyata dalam pertarungan. Berikut pertarungan-pertarungan/peristiwa-peristiwa yang tercatat baik itu sebagai legenda maupun sebagai sejarah yang mampu dijadikan tolak ukur keampuhan kungfu baguazhang di dunia nyata:
Fu Zhensong,
sedang melakukan jurus menggunakan
golok Bagua

1.) Fu Zenshong, pendiri Wudangquan dan Baguazhang aliran Fu dan ahli Taijiquan seorang diri berhasil mengalahkan 100 lebih bandit yang menyerang desanya yaitu desa Ma Po di daerah tanpa hukum di China dengan menggunakan kungfu Baguazhang. Membunuh sekitar 30 orang (termasuk pemimpinnya), dan mengusir sisanya.
2.) Liang Zhen Pu, salah satu murid dari Dong Hai Chuan (orang yang pertama kali mempublikasikan kungfu Baguazhang ke khalayak umum). Seorang diri melawan 300 orang perampok hanya dengan menggunakan cambuk besi dan membunuh 20 orang diantaranya. Hanya saja, karena dia menggunakan kemampuannya itu di daerah hukum, maka dia dijebloskan ke penjara dan hampir dihukum mati. Untungnya dikarenakan tembok penjara jebol akibat pemberontakan boxer yang terjadi saat itu dia berhasil melarikan diri.
3.) Dong Haichuan sebelum diketahui sebagai ahli KUNGFU merupakan tukang masak di kediaman Pangeran Dun (salah satu pangeran dari Dinasti Qing). Suatu hari, saat di kediaman Pangeran Dun diadakan pesta, Dong melihat banyaknya orang menghalangi dan banyaknya rintangan (sengaja dipasang Pangeran Dun) membuatnya tidak bisa menghidangkan makanan tempat waktu. Terpaksa dia menggunakan kemampuan kungfu Baguazhang-nya dengan melompati jendela, melompati rintangan dan melewati orang yang sedang menikmati jamuan. Melihat kemampuan qing gong (ilmu meringankan diri) yang luar biasa, Pangeran Dun sadar, kalau pelayannya itu merupakan ahli KUNGFU yang luar biasa dan menjadikannya pengawalnya hingga akhirnya KUNGFU Baguazhang terkenal hingga sekarang.
4.) Ma Chuanxu, salah satu praktisi kungfu Baguazhang di era modern yang juga merupakan pelatih beladiri di biro keamanan umum kota Beijing (hingga pensiun di tahun 1993) salah seorang murid dari Li Ziming terkenal karena pertarungannya di dunia nyata di mana dia menangkap lebih dari 110 penjahat dalam satu bulan (penjual narkoba, penyelundup dan penjahat lainnya) hanya dengan menggunakan tangan kosong, dan membersihkan Stasiun Zhengzhou dari penjahat, bandit dan perampok yang sering berada di sana.

BAGUAZHANG DALAM BUDAYA MODERN

1.) Karakter Jet Li dalam film "The One" menggunakan kungfu Baguazhang untuk yang Protagonis, sedangkan yang antagonis menggunakan xingyiquan sebagai gaya bertarungnya.
2.)  Dalam manga/anime "History's Strongest Disciple Kenichi" Kenichi diajari teknik dasar Baguazhang gou bu dan bai bu oleh Fuurinji Miu dan kungfu Baguazhang juga kerap muncul di dalam manga.
3.) Pengendalian udara yang terdapat dalam "Avatar The Last Airbender" dan "Avatar The Legend of Korra" menggunakan gerakan-gerakan kungfu Baguazhang.
4.) Clan Hyuuga dalam manga dan film "Naruto" menggunakan juuken (pukulan dengan telapak tangan) dan teknik 64 pukulan, keduanya diambil dari teknik kungfu Baguazhang
5.) Ling Xiaoyu dalam game "Tekken" selain menggunakan piguazhang juga menggunakan kungfu  Baguazhang dalam beberapa jurusnya.
6.) Ashrah dan Kitana dari game "Mortal Kombat" menggunakan kungfu Baguazhang sebagai gaya bertarungnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:43

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2