KUNGFU CHA QUAN

Posted by

 CHA QUAN
Cha quan atau Zha quan atau Cha Chu wan adalah gaya bertarung yang dikembangkan oleh para praktisi kungfu muslim. Para imigran muslim sudah tinggal di Cina lebih dari 1000 tahun dan perpindahan imigran muslim ke Cina dalam skala besar dimulai pada masa Dinasti Song (960-1279). Di China mereka disebut orang Hui.
Penyebutan Cha quan diambil dari nama seorang muslim Cha Sang Mir, orang yang mengembangkan beladiri tersebut hingga seperti sekarang. Salah satu teknik terkenal yang digunakan sebagai jurus dasar di berbagai beladiri Cina Utara yaitu KUNGFU tantui berasal dari Cha quan. Dulunya tantui memiliki 28 buah jurus yang masing-masing melambangkan 28 huruf hijaiyah (arab) hingga akhirnya menyusut menjadai 10 jurus seperti yang digunakan pada cha quan modern dan 12 jurus seperti yang digunakan pada KUNGFU shaolin. Walaupun begitu jurus yang 28 masih dipelajari hingga saat ini.
12 jurus tantui shaolin

Di dalam hikayat zho dam (kitab rujukan praktisi shurulkhan ni thifan po khan wa syufu taesyukhan) disebutkan bahwa salah satu pecahannya yaitu aliran payuq lenyap dan masuk kearah selatan dan disebut Cha chu wan atau kumfu utara. Menurut pendapat saya beladiri yang dimaksud adalah kungfu Cha quan karena secara umum orang China melafalkan Cha quan dengan kata Cha Chu wan atau Cha Chuan (seperti bajiquan dilafalkan pa chi chuan taijiquan dilafalkan tai chi chuan dan lain sebagainya), mirip seperti penyebutan pada kitab zho dam di atas.
Menurut cerita yang dikisahka turun temurun, jenderal muslim legendaries yang bernama Huang Zong Qi yang sedang melakukan kampanye militer mendadak sakit. Dia kemudian dirawat di sebuah desa di Xinjiang. Setelah sembuh, sebagai tanda terima kasih dia mengajarkan KUNGFU tantui pada penduduk lokal sehingga tantui diajarkan sangat luas seperti sekarang.
Terdapat berbagai macam versi tantui yang berkembang di berbagai beladiri. Diantaranya:
     1.       Shaolin
     2.       Tanglang quan (belalang sembah)
     3.       Mizongyi (Mizongquan)
     4.       Liuhequan
     5.       Ching wu
     6.       Shaolin selatan
Karakter beladiri ini indah dan anggun, namun mematikan. Di dalamnya banyak terdapat teknik kelincahan seperti salto, jungkir, koprol dan lain sebagainya. Serangannya rata-rata memiliki karakter pukulan dan tendangan jarak jauh (panjang) sehingga beladiri ini digolongkan ke dalam Chang quan (tinju panjang). Diantara para praktisinya yang terkenal adalah Laksamana Cheng ho atau Zheng He, Wang Ziping dan Li Zhensi dan kesemuanya adalah muslim.
Mengenai KUNGFU Cha quan Jenderal Qi Jiguang mengatakan: “Bahkan setan dan iblis pun akan terkejut ketika mengetahui bahwa KUNGFU Cha quan memiliki 4 tangan”


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:41

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2