LEGENDA KUNGFU DONG HAICHUAN

Posted by

DONG HAICHUAN


Dong Haichuan (1804-1882) dilahirkan di Kota Jingnan, Wenan, Provinsi Hebei. Dia adalah orang yang dipercaya sebagai penemu dan pembuat beladiri kungfu yang bernama Baguazhang (Telapak tangan 8 diagram) dan Bagua Neigong (Latihan Tenaga dalam 8 Diagram). Ketika masih muda, dia sangat menyukai latihan kungfu dan latihan tenaga dalam. Pada saat dia berusia 12 tahun, dia pindah ke Changzhou di kota Cang
dan belajar Liu He Men (Sistem beladiri 6 keselarasan) dari seseorang bernama Li. Setelah selesai mempelajari kungfu tersebut selama 6 tahun, dia bertualang untuk bisa menemukan ahli kungfu yang hebat supaya bisa dijadikan guru dan teman. Dia terus berpetualang, mencari guru untuk mengajarinya, hingga dia sampai ke area Provinsi Jiangsu dan Provinsi Sichuan. Dia bertualang menjelajahi berbagai gunung dan menyeberangi berbagai sungai (istilah klasik untuk orang yang mempelajari berbagai beladiri).

Ketika Dong Haichuan  bertualang melewati gunung-gunung di Provinsi Jiangxi di daerah selatan Cina, dia bertemu dengan 2 orang. Yang satu seorang biksu Budha dan satu lagi seorang pendeta Tao. Dia diterima sebagai murid oleh keduanya dan dibawah instruksi mereka, dia mempelajari  He Tuo, Luo Shu, Yi Jing (Kitab Perubahan), Xian Tian Bagua (Bagua sebelum langit) dan Hou Tian Bagua (Bagua Tiang Langit), Bentuk perpaduan Bagua sebelum  langit dan tiang langit, Dammo Hunyuan Damijue (Ajaran rahasia keabadian Budha), dan berbagai latihan kombinasi kuno China. Melalui pengajaran dan metode-metoede kuno tersebut, dia mampu mengembangkan dirinya secara luar biasa. Setelah Dong menyelesaikan pelajarannya, dia kemudian turun gunung dan mengkombinasikan Filosofi dan Latihan Tenaga dalam dengan kemampuan beladirinya sehingga dia mampu menemukan kungfu original-nya sendiri.

Pada tahun 1864, Dong pergi ke Beijing. Di sana, dia bekerja sebagai pelayan di kediaman Pangeran Su. Pada awalnya, Dong menyembunyikan kemampuan kungfunya. Namun pada akhirnya kemampuannya yang luar biasa itu diketahui oleh khalayak umum. Setelah kemampuannya diketahui, Pangeran Su  akhirnya mempekerjakannya sebagai pengawalnya. Setelah itu, Dong kemudian ditugaskan oleh Pangeran Su untuk menjadi pengumpul pajak ke daerah Mongol. Dong pergi untuk mengumpulkan pajak bersama muridnya Yin Fu, di mana dia menghabiskan 10 tahun dalam misinya ini. Setelah 10 tahun tugasnya selesai dengan baik, dia kemudian berhenti bekerja di rumah pangeran dan mengundurkan diri dari semua jabatannya supaya bisa mengajar Baguazhang secara umum.  

Banyak orang berselisih mengenai bagaimana cara Dong mengajar Baguazhang. Beberapa meyakini kalau dia hanya mengajarkan 3 teknik awal dari 8 teknik telapak tangan (Telapak Perubahan Tunggal, Telapak Perubahan Ganda dan Telapak Tubuh Halus) kemudian dia akan menentukan sisa kelima teknik sesuai karaktersitik individu dan pengalamannya dalam kungfu sebelumnya.
Yin Fu

Di tahun-tahun sebelum dia meninggal, dia sangat miskin dan tinggal bersama muridnya Yin Fu yaitu Ma Gui. Ma memiliki perusahaan pemotongan kayu dan Dong tinggal di tempat ini dan kemudian meninggal pada tahun 1882.

Di akhir abad ke-19, Baguazhang telah menjadi beladiri kungfu tenaga dalam yang terkenal di Beijing dan daerah Cina Utara. Banyak cerita-cerita nyata mengenai pertarungan Dong dan murid-muridnya diadaptasi ke berbagai kisah-kisah fiksi dan novel.


Di batu nisan kuburannya tercatat ke-67 muridnya yang pernah belajar kepadanya . 56 merupakan murid generasi pertama, dan 11 sisanya merupakan murid generasi kedua. Di era revolusi budaya, kuburannya diabaikan oleh pemerintah RRC. Namun setelah era revolusi budaya selesai, kuburan Dong kemudian digali kembali oleh Li Ziming (murid dari Liang Zhenpu) beserta murid-muridnya dan dimakamkan dengan lebih layak.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:51

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2