KUNGFU PIGUAZHANG

Posted by

PIGUAZHANG

Piguazhang (berarti telapak tangan tergantung memotong) atau Piguaquan adalah beladiri yang berfokus pada serangan jarak jauh dengan tenaga ledakkan dan seringkali di satukan dengan bajiquan dalam sitem pengajarannya. Beladiri ini berasal dari daerah Changzhou salah saatu desa di Provinsi Hebei di daerah utara Cina, namun saat ini beladiri ini juga sangat terkenal di Taiwan.
Rangkaian jurus piguazhang

Kekuatan telapak tangan KUNGFU Piguazhang dihasilkan dari kekuatan kecepatan lengan yang seringkali dihasilkan dari perputaran (rotasi tangan), biasanya dengan persendian bahu sebagai pusat rotasi. Gerakannya meminjam konsep dari menggunakan cambuk, dimana tangan dihentakkan sedemikian rupa, sehingga kita bisa melakukan serangan jarak jauh menggunakan pisau tangan. Gerakan pinggang dari KUNGFU piguazhang seringkali lebih lembut dan halus jika dibandingkan dengan saudara kandungnya bajiquan, karena dalam KUNGFU piguazhang praktisi hanya perlu membimbing tangannya untuk melakukan rotasi hingga tangan
Tanimoto Natsu (History Strongest Disciple Kenichi)
menggunakan teknik pi dalam piguazhang (tipuan)
kemudian menggunakan teknik siku dari bajiquan 
melakukan gerakan memotong. Sementara dalam KUNGFU  bajiquan, tinju, siku dan berbagai aplikasi serangan dilakukan berdasarkan gerakan cepat dan bertenaga pinggang.


Di zaman dulu para tentara perang menggunakan KUNGFU piguazhang apabila tidak memakai senjata. Hal ini dikarenakan baju zirah perang yang digunakan membatasi gerakan para tentara kecuali pada daerah persendian, sehingga piguazhang efektif digunakan dalam peperangan.


Kebanyakan ahli KUNGFU Piguazhang mengintegrasikan kemampuannya dengan kungfu Bajiquan yang kita ketahui dari artikel sebelumnya merupakan pasangannya yang mengkhususkan pada metode pertarungan jarak pendek. Sehingga bisa menutupi kelemahan piguazhang. Begitu pula yang ahli KUNGFU bajiquan, biasanya juga mempelajari piguazhang untuk menutupi kelemahannya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:06

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2