KUNGFU TONGBEI

Posted by

TONGBEIQUAN

Tongbeiquan (secara harfiah berarti tinju menyebarnya kekuatan melalui punggung, dengan tong berarti melalui, bei berarti punggung, dan quan berarti tinju) adalah jenis beladiri kungfu yang cukup populer di Cina Utara. Peraturan dasar tongbeiquan mencakup filosofi-filosofi orang-orang tao, dan banyak metode latihan yang terdapat dalam tongbeiquan hampir sama dengan metode latihan yang  terdapat pada kungfu internal lain (kungfu tenaga dalam). Metode latihan yang dilakukan secara tradisional terdiri atas latihan dasar (kuda-kuda, teknik lengan, teknik kaki dan pengkondisian dan penguatan tubuh), kombinasi, latihan jurus, tarung bebas 1 lawan 1, latihan senjata, dan latihan qi gong (chi kung).

Gerakkan Badan dan Shenfa
Sebenarnya, kungfu tongbei tidaklah digolongkan sebagai beladiri, namun lebih digolongkan sebagai cara melatih tubuh. Ketika latihan selesai dilakukan, kekuatan dihasilkan dari punggung, melalui bahu hingga ke ujung tangan. Dengan begitu, pukulan-pukulan berat bisa dilancarkan sepanjang lengan untuk mengendalikan musuh. Tongbeiquan berfokus pada kombinasi antara tenaga dari dalam inti tubuh dengan aplikasi melalui bagian luar tubuh.

Sejarah
Menurut “Tarikh Tinju” yang dikarang oleh Xu Jianchi (1931),  seseorang bernama Qi Xin yang berasal dari Zhejiang pergi untuk mengajar tongbeiquan di Kota Guan di Provinsi Hebei. Gaya bertarungnya disebut Tinju Gaya Qi yang di kemudian hari kemudian dinamakan Tongbei atau “Tinju melalui Punggung”. Anak dari Qi Xin yaitu Qi Taichang memperbaiki dan mengembangkan teknik-teknik pada kungfu tongbei, sehingga orang-orang membagi Kungfu Tongbei aliran Qi menjadi 2 yaitu gaya lama yang dipromosikan oleh sang ayah dan gaya baru yang dikembangkan oleh sang anak. Gaya lama berfokus pada kesederhanaan gerak dan kekuatan, sedangkan gaya baru berfokus pada keindahan dan kelembutan gerak. Xu Jianchi yang merupakan pewaris dari gaya baru yang mengkombinasikan elemen-elemen terbaik dari para pendahulunya dan memberikan peninggalan berupa catatan yang berisi teknik, teori dan filosofi bertarung dari kungfu tongbei kepada para pengikutnya. Selain itu terdapat aliran kungfu tongbei yang lain seperti tongbeiquan aliran Shi yang merupakan kreasi dari Shi Dongsheng murid dari Lu Yunqing.
Mulai tahun 1910, beberapa Master tongbeiquan aliran Qi mulai mengajarkan Kungfu tongbei ke khalayak umum. Hal ini membuat Tongbeiquan aliran Qi sangat populer jauh lebih populer daripada aliran Shi. Hingga saat ini, kebanyakan praktisi Tongbeiquan berasal dari aliran Qi. Biarpun begitu, para master masih tetap menyimpan rahasia pelatihan hanya kepada beberapa murid yang diajarkan secara pribadi.
Setelah kungfu tongbei aliran Qi menjadi sangat populer, beberapa jurus dibuat demi tujuan pengajaran. Dibandingkan dengan aliran Qi aliran Shi tetap memegang teguh metode latihan yang lama.sehingga kadang orang-orang menyebutnya Hei Quan aliran Shi (Tinju Hitam aliran Shi), dan kadang digolongkan sebagai kungfu di luar tongbeiquan.

Gaya-gaya dan Aliran
            Aliran Lama Qi
·         Lao Qi Pai  didasarkan pada latihan dasar terdiri atas 108 metode tunggal, yang kadang-kadang disebut Chai Quan (Tinju terbagi-bagi)
·         Shao Qi Pai, didasarkan pada penggunaan berkelanjutan 5 jenis serangan telapak tangan. Tiap serangan berhubungan dengan satu dari lima elemen (bumi, logam, air, kayu dan api). Karena itulah kadang-kadang Shao Qi Pai disebut Wuxing Tongbeiquan (Tongbeiquan 5 elemen).
            Ada 6 jurus dasar pada Shao Qi Pai Tongbeiquan.
·           Da Peng Zhang Yi (Burung besar melebarkan sayap)
·           Qi Xing Hua Ji (Perubahan jurus dan transformasi serangan)
·           Yi Zi Lian Ji Pao (serangan satu kata meriam berkelanjutan)
·           Shi Er Lian Zhu Pao (12 serangan meriam berkelanjutan). Gaya pertarungan ini menggunakan serangan tunggal yang masing-masing gerakkan tunggal dirangkaikan bersama.
Ada lebih banyak jurus-jurus lanjutan pada Tongbeiquan aliran Shao Qi Pai seperti: “3 Telapak Tangan Kematian”, “Telapak Tangan Penjerat Jiwa”, “Telapak Tangan Pemburu Jiwa” dan “Telapak Tangan Pencabik Jiwa”.
Aliran Shi
Karena Tongbeiquan aliran Qi tersebar begitu luas dengan banyaknya jurus, Tongbeiquan aliran Shi tidak begitu dikenal dan dianggap keluar dari aliran Tongbei dan bahkan kadang disebut heiquan (tinju hitam). Kurikulum latihan dari aliran Shi terdiri atas:
·         6 gerakan dasar
·         8 Pukulan Lama (rangkaian jurus pendek)
·         12 rangkaian pukulan
·         24 bentuk postur
·         36 pukulan pemisah (juga jurus)
·         108 teknik tunggal

            


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:00

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2