KUNGFU XINYIBA

Posted by

XINYIBA

Xinyiba adalah kungfu tertinggi dari teknik-teknik rahasia kungfu shaolin. Banyak orang yang tertarik dengan kungfu ini. Di sini saya akan berusaha memberikan informasi seakurat mungkin yang saya terjemahkan dari situs http://www.kung-fu.se/orginalshaolin2.htm.

Xinyiba juga dikenal sebagai Chu Jue Tou adalah seni beladiri yang dikembangkan oleh para biksu shaolin menggunakan gerakan gong fu di saat mereka bekerja di ladang. Waktu tepatnya beladiri ini ditemukan tidaklah diketahui dikarenakan beberapa bencana yang menimpa Kuil Shaolin menyebabkan banyaknya manuskrip yang hilang, biarpun begitu KUNGFU Xinyiba sudah menjadi terkenal sejak di zaman Dinasti Song.

Xinyiba sendiri metode latihannya hanya terdiri dari beberapa rangkaian gerakan. Ketika seseorang mulai berhasil dalam menguasai gerakan-gerakan tersebut, dia bisa menciptakan senciri berbagai postur dan gerakan yang jumlahnya tidak terbatas. Dengan mempelajari KUNGFU xinyiba seseorang berusaha untuk melatih membangun Qi dan kekuatan luar. Maksudnya adalah memperbaiki fungsi organ dengan memanipulasi Qi  serta mengembangkan otot tubuh. Qi juga berguna untuk menghindari dari luka dalam berbagai situasi, meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, menenangkan pikiran serta meningkatkan kekuatan tubuh dan mental. Studi dari KUNGFU Xinyiba terdiri dari beberapa aspek teori dan praktis seperti : memahami tentang 3 bagian (ming san jie), 4 sensasi (qi si shai), melindungi 5 elemen (bi wu xing), liu he, 3 kehampaan dan lain sebagainya.

MEMAHAMI 3 BAGIAN (MING SAN JIE)
Tubuh memiliki 3 bagian utama yaitu tangan ke bahu (bagian atas), dada ke pinggang (bagian tengah) dan pinggul ke kaki (bagian bawah).
Lalu kita bisa membaginya seperti ini:
Bagian Atas     : tangan (atas), siku (tengah), bahu (bawah)

Bagian Tengah: dada (atas), jantung (tengah), perut (bawah)

Bagian Bawah : kaki (atas), lutut (tengah), pinggul (bawah)

Ketiga bagian memiliki hubungan unik dilihat dari fungsinya masing-masing. Misalnya ketika gerakan dilakukan salah satu bagian tubuh, dua bagian lain haruslah selaras sehingga kekuatan bisa dihasilkan secara optimal. Ini berarti tiap gerakan harus didukung oleh kekuatan yang berasal dari seluruh tubuh. Itulah pentingnya bagi praktisi beladiri ini untuk memahami 3 bagian.

4 SENSASI (QI SI SHAO)
Pada teori gong fu yang asli, semua bagian tubuh terhubung ke pusat sistem syaraf. Rambut diidentikkan sebagai akhir dari darah, kuku merupakan akhir dari sendi, gigi merupakan akhir dari tulang dan lidah merupakan akhir dari otot.

Saat berlatih, orang yang berlatih harus merasakan sensasi seolah rambut menarik kulit kepala, kuku seperti sedang menembus tulang, gigi seperti sedang menggigit baja dan lidah seolah mendorong gigi ke depan. Ketika sensasi ini datang, maka kekuatan internal akan dihasilkan. Ketika Qi naik dari dantian (bagian bawah perut), Qi menghasilkan suara di tiap gerakannya. Suara mengikuti gerakan dan bekerja secara menyeluruh, kemudian seluruh tubuh bekerja dalam satu harmoni. Dengan ini tenaga dalam bisa dihasilkan secara menyeluruh.

MELINDUNGI 5 ELEMEN (BI WU XING)
Kelima elemen yang terdiri atas logam, kayu, air, api dan bumi. Dunia terdiri atas 5 elemen dan masing-masing saling berhubungan satu sama lain (baik itu merugikan ataupun menguntungkan).

Nenek moyang bangsa Cina menggunakan teori 5 elemen untuk menjelaskan hubungan antara 5 organ tubuh. Di masa selanjutnya, praktisi gong fu masa lalu menggunakan 5 elemen dalam latihannya. Contohnya tangan terhubung ke jantung merupakan elemen api dan hidung yang terhubung ke paru-paru merupakan elemen metal. Api mampu melelehkan metal, karena itulah hidung sangat mudah terluka ketika dipukul oleh tangan. Kelima organ dalam tubuh sama seperti kelima jalan masuk (lubang) dalam tubuh. Kita harus melindungi kelima jalan masuk tersebut dan mencegah musuh untuk menyerangnya.

6 KESELARASAN (LIU HE)
6 Keselarasan terdiri atas 3 eksternal dan 3 internal

3 Eksternal
Tangan selaras dengan kaki, siku selaras dengan lutut, bahu selaras dengan pinggul
Maksud dari pernyataan di atas adalah tubuh harus satu unit dan dalam keselarasan. Ketika tangan bergerak,  kaki ikut bergerak. Begitu pula siku dengan lutut dan bahu dengan pinggul.
3 Internal
Xin (pikiran) dan Yi (niat) disatukan, Yi (niat) dan Qi (energi) bersatu, Qi (energi) dan Li (kekuatan) bergabung.

3 KEKOSONGAN
Kekosongan hati (xin kong) yaitu mengosongkan hati dan menenangkan pikiran. Hal ini akan membuatmu tenang dan tidak mengenal rasa takut.
Kekosongan tubuh (Sheng kong) yaitu melepaskan tensi dan ketegangan dari tubuh sehingga kita bisa bergerak dengan lancar dan tanpa beban.
Kekosongan mata (Mu Kong) yaitu membuat orang-orang yang berada di sekelilingmu menjadi tidak berarti di matamu, sehingga engkau memiliki keberanian dan tidak memperlihatkan rasa takut saat menghadapi musuh.

Xinyiba merupakan salah satu metode beladiri tertinggi dari kungfu shaolin. Ada beberapa postur dan gerakan yang memerlukan persyaratan dan ketentuan gerakan seperti yang dijelaskan di atas. Dengan latihan, tubuh mampu menghasilkan kekuatan yang besar dan kemampuan luar biasa dalam strategi pertarungan. Dengan berlatih gong fu-mu mampu dikembangkan hingga tak terbatas. Saat seseorang mencapai tingkatan tertinggi dari KUNGFU xinyiba, maka setiap gerakan adalah xinyiba.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:37

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2