KUNGFU XINYILIUHEQUAN

Posted by

XINYILIUHEQUAN

Xinyiliuhequan (secara harfiah berarti tinju pikiran, niat dan enam keselarasan) adalah kungfu tenaga dalam China yang memiliki karakteristik seperti Xingyiquan yaitu agresif, langsung dan linier. Beladiri ini dinilai sebagai salah satu beladiri internal paling brutal di Cina. Beladiri ini sendiri merupakan beladiri rahasia orang-orang Hui (muslim Cina ), hingga Lu Song Gao menyebarluaskannya hingga menjadi populer saat ini. Beladiri ini didasarkan penggunaan prinsip 10 hewan yang disusun dalam berbagai jurus dan metode latihan.
Cai Ji Bu dalam pertarungan antara
Mai Zhuangtu dan Yuan Fengyi
(cuplikan dari komik kenji)
Latihan dasar dari KUNGFU xinyiliuhequan terdiri atas tiga jurus dasar: Long Diao bang (naga mengganti bahu), Cai Ji Bu (Langkah ayam) dan Yao Shao Ba (cengkeraman tangan bergetar). Ketiga latihan dasar ini  sendiri mencerminkan 4 fitur hewan yaitu: tubuh naga, kaki ayam, bahu beruang dan kepala harimau, yang mana latihan-latihan tersebut memperkuat bagian bawah tubuh dan memperkuat fa li (kekuatan ledakan). 
Gerakan-gerakan jurus dari KUNGFU Xinyiliuhequan haruslah jelas, tepat, kuat, agresif, cepat dan bertenaga dan harus secara gamblang mencerminkan keempat karakteristik hewan di atas. 
Liuhe (6 keselarasan) mencerminkan aspek penting dari 3 eksternal (wai san he) dan 3 internal (nei san he) dikombinasikan menghasilkan 6 keselarasan. Secara eksternal tangan dikombinasikan dengan kaki, siku dengan lutut dan bahu dengan pinggang. Secara internal, praktisi harus mengkombinasikan xin
Lu Song Gao
melakukan postur beruang tiaoling  
(pikiran) dengan yi (niat), yi (niat) dengan qi (energi), dan qi (energi) dengan li (kekuatan). Semua hal ini harus dikombinasikan untuk menghasilkan kekuatan koordinasi seluruh tubuh (whole body movement / zheng jin), sehingga bisa disalurkan ke tangan ataupun kaki untuk menghasilkan serangan. Konsep 6 keselarasan ini tidak hanya terdapat pada KUNGFU xinyiliuhequan saja, tapi juga dijadikan prinsip pada Xingyiquan, liuhebafa dan KUNGFU internal yang lain.
Kesepuluh hewan yang terdapat dalam jurus KUNGFU xinyiliuhequan antara lain: ayam (melatih tubuh bagian bawah), naga (melatih perputaran pinggang), harimau (melatih cengkeraman dan insting), beruang (melatih kekuatan bahu), ular (melatih unsur kelembutan), monyet (melatih kelincahan), walet (melatih merunduk dan fleksibilitas) , elang (melatih qin na/kuncian persendian), burung zhan (melatih metode tubuh/shenfa).


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:58

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2