LEGENDA KUNGFU LIANG ZHENPU

Posted by


LIANG ZHENPU

Liang Zhenpu (1863-1932) adalah seorang ahli kungfu Baguazhang dan pendiri Baguazhang aliran Liang.



Liang Zhenpu, dilahirkan di Desa Beihaojia, Kota Ji di Provinsi Hebei pada tanggal 20 Mei 1863 pada saat Dinasti Qing dikuasai oleh Kaisar Tongzhi dan meninggal pada tanggal 13 Agustus pada usia 69 tahun dikarenakan sakit. Pada saat masih kecil, dia mempelajari Tantui dan Biaozhang. Pada usia 13 tahun, dia pindah ke Beijing supaya bisa belajar di toko baju bekas ayahnya. Pada masa ini, dia dikenal dan dijuluki “pakaian bekas Liang”. Pada masa inilah, pada tahun 1877 dia menjadi murid dari pencipta kungfu bagua Dong Haichuan. Dia belajar Baguazhang kepada Dong Haichuan selama kurang lebih 5 tahun dan disukai oleh sesama murid Dong yang lain. Karena para murid lain menyukainya, dia memiliki kesempatan untuk belajar dari para seniornya tersebut seperti kepada Yin Fu, Cheng Tinghua, Shi Jidong dan Liu Fengchun. Setelah kedua orang tuanya meninggal pada usia 20 tahun, dia membuka sekolah beladiri kwoon untuk bertahan hidup.
Di Kota Ji, Liang Zhenpu berhasil mengalahkan kelompok gangster 4 gang “batian”. Pada tahun ke-25 di masa pemerintahan Kaisar Guangxu, dia melihat banyaknya ketidakadilan disebabkan oleh para penjahat lokal di bagian pinggiran Kota Beijing dan sendirian melawan lebih dari 200 orang gangster hanya bersenjatakan cambuk besi 6 bagian. Dalam pertarungan tersebut, dia berhasil membunuh 20 orang dan melukai lebih dari 50 orang. Karena hal tersebut, kerajaan kemudian memenjarakannya dan hampir-hampir dihukum mati. Ketika tentara 8 persekutuan negara menyerang Beijing untuk menghancurkan Boxer Rebellion (Pemberontakan Boxer), penjara yang dia tempati rusak berat dan dia berhasil melarikan diri.
Sebagai murid termuda Dong Hai Chuan, Liang Zhenpu tidak hanya berlatih dengan Dong namun juga dengan Yin Fu dan Cheng Tinghua. Hasilnya, Baguazhang-nya memiliki karakteristol perpaduan antara kedua seniornya tersebut. Diantaranya adalah telapak tangan lidah lembu yang ditiru dari Yin Fu, dan gerakaan-gerakan gulat yang ditiru dari gerakan Cheng Tinghua. Baguazhang yang diajarkan oleh Liang Zhenpu diajarkan secara sirkular (dilakukan sembari melakukan tang ni bu) kecuali pada jurus Liu Dekuan 64 telapak tangan linier (lurus).



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07:15

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2