72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (14) KUNGFU KENARI AIR

Posted by



MENGANGKAT BEBAN 1000 JIN

(TIE QIAN JIN)


Mengangkat berat 1000 Jin merupakan KUNGFU  yang bersifat eksternal yang berfungsi untuk memperkuat otot, tendon dan tulang. KUNGFU  ini kadang disebut KUNGFU  kenari air dikarenakan penggunaan alat seperti kendi yang bentuknya seperti buah kenari. KUNGFU  ini berfokus dalam memperkuat kekuatan cengkeraman tangan, namun bukan pada ujung jari. Bagian yang dilatih adalah buku ke-tiga pada ruas-ruas jari. Berikut adalah cara melatih KUNGFU  tersebut.


Pertama-tama, sediakanlah kendi batu dengan massa seberat 5 kg untuk yang teringan dan sekitar 30=35 kg untuk yang terberat. Diameter bagian bawah kedi tersebut sekitar 20-30 cm. Kemudian, cengkeramlah bagian atas kendi tersebut menggunakan tiga jari yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah dengan ibu jari mencengkeram mulut kendi bagian dalam sedangkan telunjuk dan jari tengah mencengkeram mulut kendi bagian luar. Ujung jari menghadap ke bawah (ke tanah). Angkat kendi tersebut dan berdiri sambil mencengkeram mulut kendi tersebut. Maka dengan ini, tahap awal latihan KUNGFU  ini telah dilakukan. Lakukan bergantian antara kiri dan kanan, atau kalau ada 2 kendi dengan masa yang sama, kedua tangan bisa dilatih bersamaan. 

Secara bertahap, angkatlah kendi tersebut ke atas dan lakukan latihan tersebut tanpa mengayunkannya sedikitpun (jadi pada dasarnya, kita hanya berdiri sambil mencengkeram mulut kendi tanpa melakukan banyak hal pada kendi tersebut). Ketika kamu merasa lelah, kamu boleh menyimpan kendi tersebut. Di tahap selanjutnya, lanjutkan latihan sembari berjalan. Awalnya kita hanya mampu mengangkat kendi tersebut beberapa langkah. Namun seiring waktu, daya tahan akan meningkat dan kita akan mampu berjalan beberapa langkah lagi hingga mampu berjalan sambil mengangkat kendi dengan leluasa. Kemudian apabila saat latihan kita mampu mengangkat kendi sambil berjalan ratusan langkah, lakukan latihan sambil berjalan melingkar. Buatlah variasi jalan melingkar saat melakukan latihan tersebut. Secara bertahap, gantilah kendi dengan yang lebih berat dengan kenaikan sekitar 1,5-2,5 kg. lebih dari itu maka lenganmu akan cedera maka kita tidak boleh tergesa-gesa dalam latihan ini. Perlahan-lahan, kamu akan memperoleh kemampuan untuk mengangkat kendi seberat 30 kg dengan menggunakan ketiga jarimu, dan apabila kamu sanggup melakukan hal ini selama 1 jam tanpa merasa lelah, maka skill dari KUNGFU  ini bisa digunakan dalam pertarungan. Apabila kamu mencengkeram musuhmu dengan KUNGFU  ini, maka dia pasti luka parah. Jika kamu mencengkeram papan kayu dengan menggunakan ketiga jarimu, maka kamu akan mampu membuat lubang pada papan tersebut.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:26

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2