72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (16) KUNGFU KERAS DAN LEMBUT

Posted by



KUNGFU “KERAS DAN LEMBUT”


KUNGFU ini kadang disebut KUNGFU “sebundel kertas” dikarenakan penggunaan setumpuk kertas yang digunakan dalam latihan ini. KUNGFU ini berfokus pada penggunaan tinju dalam pertarungan, dengan menyeimbangkan antara penggunaan faktor kekuatan fisik dan penggunaan energi vital qi. 


Pada awal latihan, ambillah sedikit kertas bekas dan ikatlah menggunakan kertas bekas sehingga memebentuk tumpukkan layaknya batu bata dengan ukuran sekitar 2 CHI (66 cm) panjang dan lebarnya. Ikatkan benang pada salah satu ujungnya sehingga kita bisa menarik beban tersebut menggunakan benang. Kemudian setumpuk kertas tersebut disimpan di atas meja panjang yang memiliki panjang sekitar 6-7 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Di tas permukaan meja tersebut, disimpan beberapa buah papan (papan tersebut dibaringkan tidak berdiri). Papan yang terletak di bagian outline (bagian sisi luar meja) dipaku sehingga menyatu dengan meja sedangkan sepuluh papan yang berada di bagian tengah meja bisa dicabut dan diletakkan sesuka hati (tidak perlu dipaku). 

Kita memulai latihan dengan berdiri di ujung meja dalam posisi kuda-kuda (MABU) ataupun busur (GONG BU). Peganglah benang yang terikat dengan tumpukan kertas menggunakan tangan kiri sedangkan tangan yang kanan digunakan untuk meninju tumpukan kertas tersebut ketika kertas tersebut berada di ujung meja. Setelah pukulan dilakukan, tarik kertas tersebut menggunakan tangan kiri sehingga kembali ke posisi semula, kemudian ulangi pukul kembali. Ulangi cara latihan tersebut sampai kamu merasa lelah. Kemudian, ganti posisi tangan dengan tangan kanan memegang ujung benang sementara tangan kiri melakukan pukulan. Pada awalnya, tumpukan kertas tersebut hanya berpindah sedikit saat dipukul, namun dengan seiring waktu jarak terpentalnya kertas tersebut akan bertambah. Kamu harus melakukan latihan ini tiap pagi dan sore, setiap hari jika menginginkan kemajuan. Pada tahap awal, berat kertas tidak boleh lebih dari 10 kg, relatif mudah untuk dilatih pada tahap awal. Kemudian, tambah beban menggunakan timah (saya kurang tahu timah yang seperti apa) sedikit demi sedikit hingga beratnya mencapai 50 kg. Jika beban ditambah secara bertahap, maka orang yang berlatih KUNGFU ini akan tidak terlalu menyadari akan perubahan massa ini dan tetap berlatih seperti biasa.

Lanjutkan latihan sebagaimana sebelumnya, maka kita akan melihat kalau pukulan kita akan membuat tumpukan kertas tersebut melompat lebih jauh dari sebelumnya, namun pada tahap ini kita hanya baru sukses setengah jalan. Di tahap selanjutnya, cabutlah satu buah papan di bagian tengah yang tadi kita pasang. Papan yang dicabut di awal adalah papan yang paling dekat dengan kita. Kemudian lakukan latihan seperti biasa. Kemudian cabut satu persatu papan tersebut hingga seluruh papan yang bisa dicabut tidak tersisa di permukaan meja. Pada tahap awal dimulainya latihan ini, setiap kali kita memukul kertas, kertas tersebut akan masuk ke bagian meja yang papannya dicabut. Namun apabila kita sudah mampu memukul kertas kemudian menariknya tanpa kertas tersebut menyentuh bagian meja yang papannya dicabut, maka kita telah sukses melakukan latihan ini. Walaupun KUNGFU jenis ini tidak terlalu membuat orang terluka parah, apabila dilancarkan KUNGFU ini mampu membuat orang terpental hingga 7 meter. KUNGFU ini sangat berguna untuk melawan beberapa orang musuh sekaligus.  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 00:44

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2