72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (18) KUNGFU HARIMAU BERBARING

Posted by



KUNGFU HARIMAU BERBARING
(WO HU GONG)


Karena KUNGFU kali ini agak susah diterjemahkan maksudnya dari buku aslinya, maka saya sebisanya akan menerangkan dengan kemampuan menerjemahkan saya yang terbatas ini apakah KUNGFU ini dan bagaimana cara melatihnya (jujur, setelah membaca kalimat pertama pada paragraf kedua, saya bingung apa maksudnya). Karena itu, kalau ada yang lebih kompeten mungkin bisa menerangkannya lebih baik dari saya. 


KUNGFU harimau berbaring merupakan KUNGFU yang bersifat keras. Sehingga termasuk KUNGFU dengan kategori YANG. Kadang disebut "KUNGFU Penidur” (SHUI GONG). 

Berikut cara melatihnya. 

Berbaringlah untuk memulai latihan (di sini saya kurang tahu apa maksudnya telentang atau tiarap. Namun saya cenderung memilih yang tiarap). Telapak tanganmu diletakkan di atas tanah tepatnya di bawah bahu. Sikut kita saat melakukan latihan ini ditekuk, kaki lurus dan hanya jari kaki yang menyentuh tanah (jadi pada dasarnya latihan ini seperti push up). Gerakkan tubuh ke depan-atas dari posisi tersebut, kemudian ketika tubuhmu terangkat sekitar 30 cm dari permukaan tanah turun-mundurkan badanmu hingga kembali seperti posisi semula. Ketika tubuhmu diturunkan hingga jaraknya hanya sekitar 10 cm dari permukaan tanah, naik-majukan kembali seperti tadi. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga kamu merasa benar-benar lelah. Hingga latihan selesai, hanya telapak tangan dan jari kaki yang menyentuh tanah. Pada awal latihan, hanya melakukan 2-3 kali latihan ini akan membuatmu kelelahan. Latihan ini, mirip dengan latihan press up yang dilakukan di dinas ketentaraan. Seiring waktu, latihan bertahap ditambah jumlahnya. Setelah satu tahun, kamu tidak akan merasa lelah melakukan latihan ini, dan apabila telah mencapai tahap ini, telapak tangan diganti dengan kepalan. Kemudian diganti dengan 3 jari (jempol, jari tengah dan telunjuk), kemudian ganti dengan 2 jari (jempol dan telunjuk), kemudian latihan dilakukan dengan kaki yang satu ditumpangkan terhadap kaki yang lain (jadi pada dasarnya di tahap selanjutnya, kita hanya memakai 1 kaki sebagai tumpuan). Kaki bergantian melakukan ini (bergiliran). Apabila kita sudah tidak merasa lelah, tambahkan di punggung kita sebuah batu secara perlahan hingga beratnya mencapai 50 kg. Jika sudah mencapai tahap ini, maka sudah bisa dikatakan kita telah sukses menguasai KUNGFU ini, dan kekuatan jari kaki kita memiliki kekuatan sekitar 500 kg yang mana, tidak ada satupun yang mampu menahan tendangan dari jari kaki sekuat itu. 

Jadi menurut kesimpulan yang saya ambil, latihan KUNGFU ini adalah latihan push-up unik versi shaolin dengan beberapa modifikasi di dalamnya.  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:17

1 komentar:

  1. Gua paham pernah liat film jetli judul nya
    Fis of legend

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2