72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (28) TIANG BUNGA PLUM

Posted by



KUNGFU TIANG BUNGA PLUM
(MEI HUA ZHANG)


Latihan KUNGFU tiang bunga plum adalah KUNGFU yang melatih bagian “dalam” tubuh dan sisi “lembut” dari beladiri. Selain itu, KUNGFU ini juga bermanfaat dalam melatih mobilitas tubuh, kelincahan dan kemampuan meringankan diri. Setelah menguasai KUNGFU ini, kamu bisa menggunakan KUNGFU ini di situasi berbahaya dan dalam pertarungan. Selain melatih kerja kaki (footwork) dalam pertarungan, latihan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja mata.


Pada tahap awal latihan, kita tidak perlu memanjat tiang yang telah kita tanam sebelumnya. Namun kita menggambar bentuk bunga plum di tanah menggunakan kapur (di Indonesia cukup cocok-cocokan saja latihan tersebut dengan misalnya menggambar bunga bougenville atau bunga sepatu di tanah). Susunan kelopak bunga di tanah tersebut harus cocok dan sesuai dengan pola tiang-tiang yang telah kita tanam sebelumnya. Jarak antara tiang-tiang (dan kelopak bunga) antara 2-3 CHI (0,66 m- 1 m). Setiap “bunga”, terdiri atas 5 buah lingkaran kecil yang disusun sebagai kelopak bunga (hingga membentuk bunga). Jarak antara “bunga” terdekat adalah sekitar 1 CHI (0,33 meter). Diameter lingkaran kecil (yang menyusun bunga) adalah sekitar 10 cm, jadi tidak terlalu besar. Setelah bunga plum digambar di tanah, salah satu kelopak bunga yang berada di dalam bunga harus ditandai sebagai “salah” (bisa dengan tanda silang atau apapun selama itu nyaman), sementara “kelopak bunga” yang lain, dilambangkan dengan gambar atau simbol tertentu. Orang yang berlatih KUNGFU ini, dipersilahkan untuk memulai posisi awal dengan berdiri di kelopak tengah yang berada di dalam bunga dalam posisi kaki mengangkat sebelah dan kekuatan kaki dipusatkan di ujung kaki. Dari sini, orang yang berlatih bisa menyesuaikan susunan latihan yang dia lakukan, misal, ke kanan 5, ke kiri 2, ke bawah 4 atau ke atas 3, ke bawah 5, ke kiri 3 dan seterusnya. Akan lebih baik kalau ada partner yang membantu latihan kita dengan menyusun susunan langkah, misal, kalau diperintahkan: “bunga kedua, kelopak pertama”, maka secepatnya kamu harus melangkah (melompat) ke kelopak pertama dari bunga kedua. Aturan dari permainan ini, hanyalah kamu tidak boleh melangkah ke dalam “kelopak bunga” yang ditandai “salah” sebelumnya (untuk lebih jelasnya mengena skema bentuk bunga dan polanya, lihat gambar di atas [setelah judul]).


Ketika kamu sudah bisa melakukan latihan ini dengan mudah, maka secara perlahan kita mulai latihan dengan menggunakan tiang. Latihan ini jauh lebih susah, karena jika dada sedikit condong ke arah tertentu saja, kaki tidak akan mampu menyokong berat badan dan kita akan jatuh. Maka sebelum kita mencapai tahap ini, kokohkan dulu latihan di tahap pertama. Selain itu, kita harus melakukan latihan ini secara bertahap, misal kita menggunakan 4 tiang dengan 1 bunga dulu, lalu kemudian 8 tiang. Dengan 2 bunga, dst. Jika kamu melakukan latihan ini dari yang simpel terlebih dahulu, baru kemudian yang rumit, maka rintangan dan kesulitan di tahap awal latihan akan bisa diatasi. Saat kita berpijak, ujung kaki harus tepat berada di tengah kelopak bunga.  Jika di tanah saja kita tidak mampu bergerak, bagaimana mungkin kita mampu bergerak di atas tiang? Karena itu, tahap awal mesti dikuasai terlebih dahulu.

Kondisi tiang yang digunakan adalah sebagai berikut:

Tiang terbuat dari kayu keras, panjangnya sekitar 1,16 meter. Bagian atas tiang rata sementara semakin bawah, diameter tiang semakin kecil dengan ukuran kira-kira 6,66 cm. Galilah tiang di tempat dimana sebelumnya kelopak bunga digambar. Ketinggian tiang sekitar 50 cm dari atas permukaan tanah. Kemudian, lakukan latihan seperti disebutkan di atas sebelumnya. Setelah kita bisa melakukan latihan ini dengan sempurna, tingkatkan ketinggian tiang bisa ditingkatkan, namun tinggi semua tiang harus sama. Kemudian, benang ataupun benda tajam bisa ditambahkan di sekitar tiang. Setelah itu, kamu bisa menggunakan beban dalam latihan, misalnya menggunakan pasir dalam latihan (seperti dalam qinggong/ ilmu meringankan diri). Ketika kamu menguasai KUNGFU ini, gerakan akan terlihat energik dan dinamis, kamu akan mampu menemukan kelemahan dan ketidakstabilan lawan dalam pertarungan dan menyerangnya secara efektif.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01:24

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2