72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (29) SENI GEMBOK BATU

Posted by



SENI GEMBOK BATU
(SHI SUO GONG)



KUNGFU yang satu ini, sesuai namanya dilatih menggunkan gembok batu. Gembok batu adalah alat khusus yang berbentuk seperti barbel, hanya saja dibentuk seperti gembok besar, hanya saja gembok ini karena dirancang untuk latihan tidak memiliki lubang kunci. KUNGFU ini secara khusus dirancang untuk memperkuat otot lengan secara keseluruhan. 


Hal yang pertama harus dilakukan untuk melatih KUNGFU ini tentu saja dengan menyediakan gembok tersebut. Gembok yang paling kecil, beratnya sekitar 10 kg. sedangkan yang terbesar, beratnya sekitar 30kg hingga 35kg. Di tahap awal, latihan dilakukan dengan mengangkat gembok batu tersebut dan menahannya di atas udara. Lengan secara bergantian melakukan latihan tersebut. Cara memegang gembok tersebut adalah dengan mengangkatnya ke depan hingga setinggi dada, sikut lurus (tidak dibengkokan di persendian sikut), di bagian pergelangan dibengkokan hingga kepalan tangan menghadap ke atas. Lakukan latihan tersebut berulang-ulang. Kemudian, lakukan latihan mengangkat barbel beruang-ulang dengan tangan lurus ke depan secara bergantian baik itu yang kiri ataupun yang kanan. Hentikan ayunan ketika tangan dan bahu sejajar satu sama lain. Lengan seolah menggantung secara kosong. 

Kemudian di latihan selanjutnya, lakukan latihan dengan melempar-lemparkan gembok batu tersebut. Saat pertama kali melakukan latihan melempar gembok, lakukan dengan cara biasa namun lengan tetap harus lurus. Di tahap selanjutnya, gembok yang dilempar harus berputar sesuai porosnya baru kemudian ditangkap menggunakan tangan sekitar 2-3 kali. Putaran gembok saat di udara bisa ditentukan semaumu baik itu dikurangi, ataupun dilebihkan. Dengan mencapai tahap ini, kekuatan tangan secara keseluruhan meningkat drastis.  

Di tahap selanjutnya, gembok batu dilemparkan dengan tinggi hingga mencapai titik tertinggi kepala. Jalur lemparan dan jatuhya gembok batu tersebut harus berbentuk garis vertikal (tegak lurus). Kemudian tangkaplah gembok batu tersebut dengan menggunakan punggung tangan yang sedang mengepal (tidak dipegang menggunakan jari, melainkan hanya disentuh menggunakan punggung tangan). Saat punggung tangan menerima gembok yang jatuh di udara, pastikan kepalan punggung tangan menerimanya tepat di pusat gravitasi gembok tersebut. Di saat yang bersamaan, lempar gembok tersebut ke udara menggunakan tangan yang satunya. Lakukan hal tersebut berulang kali, bergantian. 

Di tahap selanjutnya, latihan akan terasa lebih sulit dikarenakan latihan ini dilakukan di punggung. Secara umum, punggung terbagi atas dua bagian. Yang kiri dan yang kanan. Kemudian pinggang juga dilatih (namun saya tidak cantumkan di sini karena agak rumit). Setelah latihan ini diselesaikan, maka kamu akan mampu mengangkat berat sekitar 50-150 kg dengan satu tangan. Ada baiknya kalau latihan ini dilakukan sejak masih kecil. Setidaknya, membutuhkan 2 tahun untuk menguasai latihan ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:57

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2