72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (6) LATIHAN KUNGFU 4 BAGIAN

Posted by



LATIHAN KUNGFU
 4 BAGIAN
(SI DUAN GONG) 


LATIHAN KUNGFU 4 bagian merupakan latihan dasar baik itu untuk KUNGFU yang bersifar keras ataupun yang bersifat lembut dalam 72 metode latihan shaolin. Latihan ini memiliki banyak kesamaan dengan latihan “8 Lapis Kain Brokat” (Ba Duan Jin) yang diciptakan oleh Jenderal Yue Fei yang hidup di era Kerajaan Song. Sebelum mempelajari teknik-teknik pertarungan (WUSHU), seorang praktisi beladiri harus berlatih kuda-kuda (MABU) dan teknik langkah (gerakan). Latihan ini tidak terlalu memakan tempat. Walaupun metodenya simpel, gerakan-gerakannya memiliki makna mendalam. Berikut penjelasan mengenai LATIHAN KUNGFU 4 bagian tersebut.

Bagian 1: Menyokong Langit, Mengangkat Bumi, Mengatur 3 Pemanas (TUO TIAN TI DI LI SAN JIAO)
Berdiri tegak, busungkan dada, tarik bokong ke dalam. Lihatlah ke depan seolah kita sedang menahan amarah. Jari kedua tangan ditempelkan satu sama lain (maksudnya tidak boleh renggang), tangan dan kaki lurus kedua lutut dan kaki saling menempel. Kedua tangan perlahan terangkat ke atas dari samping tubuh. Jangan bengkokkan siku (maksudnya jangan tekuk tangan di daerah persendian siku). Tangan terangkat ke atas seperti memeluk bola (maksudnya kedua tangan membuat bentuk lingkaran namun dalam posisi vertikal).  Kedua  tangan kemudian menyatu di atas kepala kita. Telapak tangan mengarah ke atas seolah kita sedang menahan beban seberat 500 kg. Angkatlah tangan dengan seluruh kekuatan. Lihatlah bagian belakang dari tangan, kemudian kepala seolah ditarik ke belakang (dari atas), leher ditegangkan dan rahang digemertakkan (seolah mengigit gigi sendiri). Kemudian secara perlahan, bagian atas tubuh miring ke depan hingga telapak tangan menyentuh tanah. Semakin rendah badan kita, semakin baik. Ketika melakukan hal tersebut, kaki tetap lurus. Menekuknya kaki (di persendian lutut) tidak diperbolehkan. Setelah itu, bagian atas tubuh diluruskan dan diangkat. Kemudian lengan diturunkan dengan perlahan seperti di awal seolah membuat lingkaran. Kemudian kembali ke posisi awal. Latihan ini harus dilakukan secara perlahan. 

Bagian 2: Lima Kerusakan, Tujuh Luka, Melihat ke Belakang (WU LAO QI SHAN WANG HOU QIAO)
Berdiri tegak, putar kepala ke arah kanan secara perlahan, lihat ke belakang dan cobalah untuk melihat tumit kaki sebelah kiri. Ketika kepala berputar, dada dibusungkan namun tidak bergerak. Bahu tidak boleh miring. Kemudian kepala berputar ke depan dan kembali ke posisi semula. Kemudian lakukan hal yang sama ke arah sebaliknya. Latihan ini harus dilakukan secara perlahan juga.

Bagian 3: Membuka Jendela Untuk Mengagumi Bulan, Membuang Api dari Hati (TUI CHUAN WANG YUE)
Buka kaki, lakukan kuda-kuda (MABU). Dada sedikit dibusungkan. Tangan dikepalkan dan disimpan di pinggang dengan telapaknya menghadap ke atas. Lihat ke depan. Kemudian kaki kiri melakukan dorongan ke tanah dan menjadi lurus (melakukan kuda-kuda GONGBU). Kemudian bengkokan tangan kiri seolah sedang mengambil sesuatu dari kanan ke kiri. Telapak tangan yang kanan mendorong ke arah kanan sekuat tenaga. Dada juga ikut berputar ke arah kanan. Di saat yang sama, kaki kanan yang masih tertekuk, melakukan langkah ke kanan. Mata diarahkan ke telapak tangan yang kanan, seolah kita sedang membuka jendela dan mengagumi keindahan bulan. Kemudian kaki kanan melakukan dorongan dan menjadi lurus. Tangan kanan menjadi berbentuk agak melingkar dan menarik ke arah kanan (seolah ada tali yang ditarik). Telapak tangan yang kiri melakukan dorongan sekuat tenaga. Tubuh juga ikut berputar ke arah kiri. Lihatlah ke tangan kiri. Lihat telapak tangan yang kiri. Pada saat bergerak, kaki kiri melangkah ke arah kiri. Kemudian kembali ke posisi awal.
Catatan pengedit 72 metode latihan shaolin:
Dengan terdorongnya telapak tangan, dada berputar hingga berbentuk 90o dan posisi tubuh melakukan kuda-kuda busur (GONG BU) . Ketika mendorong ke arah kanan, maka kuda-kuda kanan yang diambil (kaki kanan yang ditekuk ada di depan, kaki kiri yang lurus di belakang). Ketika telapak tangan kiri yang mendorong ke arah kiri, maka yang diambil kuda-kuda kiri (kaki kiri yang ditekuk ada di depan, kaki kanan yang lurus di belakang). Dorongan telapak tangan dilakukan dengan posisi tangan selevel dengan dada dengan jari menunjuk ke atas dan bagian tengah telapak tangan mengarah ke depan. Tangan yang lain (yang tidak mendorong) berada di posisi yang lebih bawah daripada tangan yang mendorong, diluruskan di siku dan agak ditarik ke belakang, tangan dibentuk seperti kait, ujung-ujung jari dikumpulkan seolah sedang mencubit dan mengarah ke atas. Dorongan telapak tangan harus menggunakan tenaga perputaran dada dan kaki.  

Bagian 4: Menangkap Kekosongan, Menyerang Kekosongan, Kekuatan Tidak Akan Habis (ZHAO KONG DA KONG LI BU LAO)
Lakukan kuda-kuda MABU. Tangan dikepalkan dan diletakkan di samping pinggang. Lakukan pukulan kuat dengan menggunakan kepalan tangan kanan. Tinju dilakukan setinggi bahu dengan telapak tangan mengarah ke bawah. Kepalan tangan yang kiri berada di posisi awal (di pinggang). Kemudian telapak tangan kanan (yang memukul) terbuka dan langsung secepatnya dikepalkan kembali seolah sedang menangkap sesuatu dan secara cepat, langsung kembalikan ke samping pinggang. Lakukan hal yang sama menggunakan tangan kiri.

Walaupun latihan empat bagian sangat singkat, namun latihan ini harus dilakukan dengan sepenuh hati, kekuatan yang terkonsentrasi dan perhatian. Nafas harus dilakukan secara bebas. Nafas tidak boleh dikontrol dengan kekuatan. Nafas juga tidak boleh ditahan. Jika kamu mengontrol nafas dengan kekuatan apalagi secara berlebihan, maka QI-mu akan habis dan menahan nafas akan membuat QI-mu rusak. Lakukan nafas mendalam ketika badan miring ke bawah. Ketika melakukan gerakan menyokong langit dengan tanganmu, jari kedua tangan harus menyatu satu sama lain, maka QI akan mendatangi ujung jari. Lebih baik saat melakukan gerakan ini, kaki agak sedikit berjinjit. Ketika telapak tangan menyentuh lantai, jauhi penggunaan kekuatan secara berlebihan karena ginjal bisa malah terluka. Jangan berhenti di tengah jalan (setelah beberapa kali latihan), jangan takut karena kemajuan pasti akan terjadi. Semua gerakan harus dilakukan perlahan dengan parameter kekuatan tertentu. Jangan terbutu-buru, karena kita tidak akan sukses kalau kita terlalu tergesa. Selama latihan, kesehatan dan semangatmu akan meningkat drastis dan tidak hanya itu, latihan tersebut akan menjadi dasar yang baik dalam memperbaiki KUNGFU kita.  



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01:16

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2