72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (9) LATIHAN KUNGFU BAJU BESI

Posted by



LATIHAN BAJU BESI

(TIE BU SHAN GONG)


Diantara berbagai jenis latihan dalam 72 metode latihan shaolin, LATIHAN KUNGFU baju besi adalah salah satu yang paling terkenal. Bahkan orang awam sekalipun tahu KUNGFU macam apa ini. Ketika orang-orang shaolin mendemonstrasikan badannya untuk dipukul menggunakan batang kayu ataupun tongkat baseball dan masih tidak apa-apa, maka inilah yang dimaksud “Baju Besi Shaolin”.


Bagaimana cara melatihnya? Menurut Buku 72 Metode Latihan Shaolin karya Jin Jin Zhong, untuk melatih KUNGFU ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membungkus badanmu (dada, punggung dan perut) dengan beberapa lapis kain. Kemudian di tempat yang di bungkus tersebut, kita harus memijat bagian yang tertutup dengan sekuat tenaga. Pada saat melakukan latihan ini, disarankan untuk tidak menahan nafas. Selain itu disarankan pula untuk setiap malam tidur di tempat yang keras. Hal ini dilakukan supaya tubuh menjadi kuat dan keras. Pada awalnya susah sekali melakukan latihan ini (terutama karena belum terbiasa dan kurang nyamannya tubuh saat melakukan latihan ini), namun secara perlahan tubuh akan terbiasa. Kemudian, bangunlah sebuah tiang horizontal di halaman yang biasa kita gunakan untuk melakukan latihan pull up. Kemudian di bawahnya, galilah lubang dan isi lubang tersebut dengan pasir terbaik dengan kedalaman pasir sekitara 0,33 meter. Kemudian jatuhkan badanmu ke pasir tersebut sehingga bagian tubuh seperti perut, punggung, bahu dan dada menyentuh pasir tersebut. Setiap bagian tubuh setidaknya harus menyentuh pasir tersebut sebanyak 2x pada tiap latihan. Lakukan latihan ini tiap pagi dan sore selama 3 tahun. 

Kemudian, kain yang membungkus badanmu dibuka. Sekarang, pukullah badanmu menggunakan palu besi. Di tahap ini, kamu harus bisa menyalurkan dan memobilisasi QI yang kamu miliki dan mengkonsentrasikannya ke tempat yang dipukul oleh palu tersebut. Latihan ini harus dilakukan selama 3 tahun pula. Jika tubuhmu menjadi selunak kapas, maka latihan berhasil dan kamu akan mampu menahan setiap pukulan tanpa merasakan rasa sakit. Sayangnya, KUNGFU ini walaupun terlihat hebat tetap tidak akan mampu menahan metode latihan YIN seperti telapak Guanyin, Telapak Pasir Merah, Tangan Beracun dan metode KUNGFU lainnya.    


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:04

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2