72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (43) KEMAMPUAN MELOMPAT

Posted by



KEMAMPUAN MELOMPAT


Kemampuan melompat merupakan salah satu KUNGFU yang meningkatkan kemampuan praktisi terutama dalam kemampuan melompat. Di novel-novel wuxia seperti Kho Ping Hoo misalnya, kemampuan ini dilebih-lebihkan sehingga seperti legenda. Kadang orang-orang tidak percaya dengan adanya orang yang mampu melompat setinggi 6 meter, namun pada dasarnya KUNGFU ini memiliki penjelasan tersendiri yang bersifat ilmiah dalam ilmu-ilmu pengetahuan modern saat ini. 


Untuk melatih KUNGFU yang satu ini, penggunaan bijih besi sangatlah penting. Biarpun di KUNGFU ini sangatlah penting, namun penggunaan bijih besi secara serampangan akan membuat terjadinya lebam dan luka dalam (akibat racun dalam bijih besi tersebut) sehingga, bijih besi perlu “dimatikan” terlebih dahulu untuk menghilangkan efek samping tersebut. Untuk menghilangkan efek samping tersebut, diperlukan darah babi (saya pribadi sebagai seorang muslim tidak tahu hukum penggunaan darah babi tersebut dalam agama islam, jadi ada baiknya kita yang muslim menjauhinya). Untuk “mematikan” bijih besi tersebut, pertama masukkan bijih besi ke dalam wadah berisi darah babi, biarkan satu malam. Setelah itu, panaskan bijih besi di dalam api hingga bijih besi tersebut berwarna merah. Lalu masukkan bijih besi yang sedang membara tersebut ke dalam darah babi, biarkan satu malam. Lalu ulangi memanaskan bijih besi dan memasukkannya ke dalam darah babi hingga sebanyak 7 kali. Setelah bijih besi bercampur dengan darah babi, bijih besi akan “mati” dan warnanya akan berubah menjadi ungu tua. Kemudian, untuk menghilangkan racunnya secara permanen, bijih besi tersebut harus dikubur di dalam tanah selama 49 hari, kemudian cuci bersih dengan air. Maka dengan ini, bijih besi siap digunakan. 

Penggunaan bijih besi tersebut dalam latihan adalah sebagai berikut:

Bungkuslah bijih besi menggunakan kain kanvas sehingga membentuk tas. Kemudian ikatkan pada lengan dan betis (menjadi beban). Setelah itu beban bisa ditambahkan hingga bisa menjadi beban di punggung (layaknya tas ransel).  Beban setiap kantong beban bisa berbeda, namun tidak boleh melebihi 4kg. Untuk memulai latihan ini, berlarilah di jalan-jalan gunung dengan menggunakan beban tersebut di atas. Latihan ini merupakan dasar dari latihan-latihan lainnya, karena itu latihan ini harus dikuasai dengan sempurna. Ketika berlari di jalan-jaln gunung tersebut, kita harus melakukannya dengan sangat cepat (sprint). Setelah satu tahun melakukan latihan rutin ini setiap hari, maka kita bisa melakukan latihan di tahap selanjutnya menggunakan kendi besar tanah liat.

Pada latihan ini, orang yang berlatih KUNGFU ini harus menyediakan kendi besar dan berlari di atas mulut kendi tersebut, atau melakukan berbagai jurus di atas mulut kendi tersebut (seperti yang dilakukan Song Changrong). Di punggungnya, orang yang berlatih KUNGFU ini harus membawa beban kantong kanvas yang berisi bijih besi. Berat; kantong besi tersebut sekitar 0,5 kg. Pada saat yang bersamaan, latihan berlari di atas patok juga bisa dilatih. Hal ini membantu meraih kemampuan melompat. Ketika kesemua latihan ini telah dikuasai, maka kita sudah setengah jalan dalam menguasai KUNGFU ini. 

Di tahap selanjutnya, latihan dilakukan sebagai berikut. Berdirilah dengan tegak. Melompatlah tanpa menekuk persendian dengkul dan pinggang. Gunakan kekuatan pijakan saat melompat ke atas (ingat, beban tetap dipakai di seluruh latihan). Ketika kita mampu melompat setinggi 33 cm dari permukaan tanah, maka cobalah lepaskan beban dari tubuh. Cobalah melompat dari posisi berjongkok. Maka kita akan bisa melompat sekitar 6-7 meter dari permukaan tanah. 

Di latihan selanjutnya, kita diharuskan menggali lubang dengan panjang dan lebar antara 1,3 hingga 1,7 meter. Kedalaman lubang pada awal latihan sekitar 3,33 meter, kemudian bertambah menjadi 6,66 meter. Saat melakukan latihan, lakukan latihan melompat dari dasar lubang tersebut dengan tujuan untuk sampai ke atas. Saat melompat, kita harus berjongkok dan menggunakan elastisitas kaki untuk meraih ketinggian lubang. Selain itu, gunakan ayunan tangan sebagai momentum untuk meraih bagian teratas lubang. Ketika kita sudah bisa keluar dari lubang dengan mudah menggunakan lompatan, maka kita sudah bisa dikatakan menguasai KUNGFU ini. 

Ketika kita menguasai KUNGFU ini, tubuh kita akan menjadi ringan, lompatan menjadi sangat tinggi dan kecepatan lari akan sangat luar biasa. Selain itu, skill ini akan sangat bermanfaat saat kita menyelinap atau mengendap-endap ke benteng musuh. Butuh sekitar latihan rutin dan keras sekitar 6-7 tahun untuk menguasai latihan ini.
  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:57

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2