72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (48) MENARIK BENANG SUTRA

Posted by



MENARIK  BENANG SUTRA
(YI XIAN CHUAN)


KUNGFU yang satu ini, seringkali disebut sebagai kemampuan berjalan di atas benang, dan merupakan satu di antara beberapa jenis KUNGFU di antara 72 metode latihan shaolin yang melatih ilmu meringankan diri. KUNGFU ini tergolong KUNGFU yang bersifat “lunak” dan melatih tenaga dalam tubuh.


Metode pelatihan KUNGFU ini sangat jauh dari kata mudah, namun tetap bisa dikuasai. Untuk melatih KUNGFU ini, cobalah untuk berlari di tanah rata menggunakan kantong kanvas yang berisi bijih besi yang telah “dibunuh” (dihilangkan racunnya). Kemudian berlari dan melompat-lomparlah di atas gunung. Beban harus diikatkan di kaki. Kemudian, latihan dilanjutkan dengan berjalan di atas nampan yang terbuat dari anyaman bambu yang bagian tengahnya diisi dengan beban berupa batu. Lakukan latihan ini hingga kita bisa berjalan di sisi nampan anyaman tanpa ada satupun batu di tengah anyaman tersebut. Selanjutnya, latihan dilanjutkan di jalan pasir. Keseluruh latihan di atas, telah diterangkan di artikel sebelumnya (lih. 72 METODE LATIHAN SHAOLIN: KEMAMPUAN MELOMPAT dan 72 METODE LATIHAN SHAOLIN: KUNGFU MERINGANKAN DIRI). Berat awal dari bijih besi adalah sekitar 200 g dan terus ditingkatkan hingga bebannya mencapai 2,5 kg. Setelah latihan, engkel harus dibasuh dalam obat GOU QI (campuran dari Lycium Cina dan garam yang dididihkan) untuk menghindari luka. Kemudian, latihlah dirimu menggunakan kertas jendela (kertas yang biasa digunakan sebagai pengganti kaca jendela di Cina). Tebarkan kertas di atas jalan pasir, dengan lebar jalan sekitar 10-13 cm dan kertas menutupi semua itu. Latihlah dirimu hingga jejak kaki kita tidak terlihat di atas pasir. Setelah kita mampu membuat diri kita berjalan di atas pasir tanpa jejak kita terlihat, maka tahap pertama KUNGFU ini telah dikuasai.

Di tahap selanjutnya, pasanglah tongkat kayu penjang dan tipis yang diletakkan sekitar 0,7 hingga 1 meter di atas permukaan tanah. Kemudian, cobalah untuk berlari dengan cepat di atas tongkat tersebut. Tujuan akhir dari latihan ini adalah supaya tongkat tetap stabil dan tidak bergerak-gerak. Ketika tujuan tersebut telah dicapai, tongkat kayu diganti dengan tali sabut/rami. Lanjutkan latihan seperti pada tongkat kayu. Kemudian, secara bertahap ganti tali denga diameter yang lebih kecil. Lalu di akhir latihan, cobalah untuk berlari di atas sungai menggunakan tali tersebut, maka tahap akhir telah selesai dilakukan. Kamu akan mampu berlari di atas air walaupun dengan bantuan papan ataupun tongkat kecil.  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:19

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2