72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (50) TEKNIK MENGGOSOK DAN MENUSUK

Posted by



TEKNIK MENGGOSOK DAN MENUSUK
(MO CHA SHU)


Metode latihan KUNGFU ini sangatlah mudah. Berdirilah menghadap ke arah timur ketika matahari berada di sana (pagi-pagi). Berdirilah dengan tenang dan bebas, tutuplah mulut dan sentuhkan lidah ke dinding langit-langit. Satukan telapak tangan kiri dan kanan dan gosok satu sama lain sebanyak 20 kali. Di tahap awal latihan, letakkan telapak tangan yang kanan di tengah dada, sementara telapak tangan yang kiri di tulang belakang.
Buatlah telapak tangan saling berhadapan satu sama lain dalam keadaan tersebut. Lakukan 40 hingga 50 kali gosokkan menggunakan telapak tangan. Gerakannya dibuat melingkar. Kemudian, letekkan telapak tangan yang kiri di tengah dada, sementara telapak tangan yang kanan di tulang belakang. Lakukan hal yang sama. Saat melakukan latihan ini, nafas tidak boleh dilakukan melalui mulut, tapi melalui hidung. Bayangkan dada terisi oleh qi. Setelah beberapa lama, kita akan merasakan kalau qi seolah berputar layaknya bola yang berguling, terkonsentrasi di dada seolah permata yang tergantung kemudian berputar pada porosnya. Tunggulah hingga bola qi meluas dan mengisi seluruh dada. Ketika qi mencapai permukaan dada, maka qi mulai memampat dan menebal. Dari sini, qi secara perlahan bergerak ke kedua tangan hingga mencapai ujung jari.

Kemudian, ambillah kotak yang terisi dengan kacang (kacang hijau, merah atau kedelai) dan buatlah tusukkan menggunakan jari. Kedua tangan bergerak secara bergiliran, ketika tangan yang satu ditusukkan, maka tangan yang satu naik begitu pula sebaliknya. Jumlah repetisi latihan tergantung pada kekuatan kita sendiri. Lakukan latihan ini hingga rasa sakit muncul. Ingatlah jumlah repetisi latihan setiap kali latihan dan tingkatkanlah setiap hari. Misal, di hari pertama kita melakukannya 100 kali, di hari kedua 105 kali, di hari ketiga 110 kali dan seterusnya. Lakukanlah repetisi latihan ini hingga kita bisa melakukannya selama 40 menit terus menerus tanpa henti, maka dengan ini tahap kedua latihan telah selesai dilakukan.

Di tahap latihan selanjutnya, kacang diganti dengan beras. Lakukan latihan seperti sebelumnya dengan durasi dan repetisi meningkat. Kemudian, beras diganti dengan pasir. Teruskan latihan seperti sebelumnya, maka kita akan mampu menguasai KUNGFU ini.

Lakukan latihan tiap sebelum tidur dan setiap pagi-pagi sekali. Setelah menguasai KUNGFU ini, disarankan untuk mempelajari DIAN XUE (ilmu totok), maka KUNGFU ini akan menjadi jauh lebih efektif.   


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:18

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2