72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (51) KUNGFU PATOK BATU

Posted by



KUNGFU PATOK BATU
(SHI ZHU GONG)


KUNGFU ini, berfungsi untuk melatih kaki hingga menjadi kuat dan merupakan salah satu latihan yang tergolong latihan orthodox dalam pelatihan KUNGFU. Apabila kita menguassai KUNGFU ini hingga tingkatan yang paling tinggi, maka sebesar apapun orang itu, dia tidak akan mampu membuat tubuh kita tidak seimbang dengan kekuatannya.


Orang yang berlatih beladiri sangat memperhatikan kakinya sehingga kaki akan dilatih dengan sangat ekstensif. Hal ini karena jika kaki lemah, maka gerakan akan ikut menjadi lemah pula. Jika gerakan lemah, maka kemenangan mustahil dicapai. Di tahap awal latihan ini, lakukanlah kuda-kuda setiap hari setidaknya sepuluh kali dalam 1 hari. Di awal latihan, durasi kuda-kuda tidak boleh terlalu lama. Secara bertahap sedikit demi sedikit, durasi kuda-kuda terus bertambah, sementara repetisinya terus dikurangi. Jika kita mampu melakukan kuda-kuda selama 1 jam terus menerus tanpa lelah sedikirpun, maka tahap pertama KUNGFU ini telah selesai.

Di tahap selanjutnya, latihan dilakukan dengan terlebih dahulu menancapkan 2 buah patok. Galilah 2 buah patok yang saling berdekatan dengan tinggi sekitar 60-70 cm di atas permukaan tanah. Jarak antara kedua patok tersebut harus sama dengan jarak saat kita melakukan kuda-kuda. Ketika melakukan kuda-kuda di atas tanah, seluruh permukaan kaki memiliki energi yang masing-masing terdistribusi dengan baik di atas permukaan tanah. Ketika latihan dilakukan di atas patok, permukaan tempat pijakan berkurang, terbatas pada bagian atas patok saja. Luas pijakan saat kita berada di atas patok akan berkurang 2/3 dari saat kita berpijak di atas tanah. Saat pertama kali melakukan latihan kuda-kuda di atas patok, kita tidak akan mampu berdiri stabil walaupun hanya satu menit. Di bagian kaki yang berdiri di atas patok akan terasa sakit. Namun, hal ini tidak boleh dijadikan halangan. Tahan rasa sakit tersebut dan lanjutkan latihan dengan tekun. Setelah 3 bulan latihan, rasa sakit secara bertahap akan menghilang. Ketika memasuki tahap ini, durasi latihan bisa ditingkatkan.

Seiring waktu, kita akan merasakan qi seperti getaran drum dan hal ini memenuhi seluruh tubuh kita. Qi tersebut harus disalurkan ke bawah tubuh saat melakukan latihan kuda-kuda. Maka di tahap selanjutnya, kita bisa menambahkan beban berupa batu berbentuk balok yang memiliki berat hingga 500 kg di paha kita. Ketika kita mampu melakukan kuda-kuda tanpa lelah dalam waktu setengah jam sementara batu berat ada di paha kita, itu berarti latihan telah selesai dan kaki kita akan memiliki kekuatan sebesar 500 kg. biarpun telah berhasil, latihan tetap harus dilanjutkan.

Ketika kita menguasai KUNGFU ini, maka kaki kita akan sangat kuat, pergerakan akan sangat stabil. Jika ada orang yang ingin mengguncangkan atau melemparkan kita, maka orang tersebut akan seperti “capung menggoyang tiang batu”. Kekuatan kaki kita akan sangat luar biasa hingga orang biasa akan sangat takut ketika melihatnya. Walaupun efeknya luar biasa, beban saat berlatih juga sangat mengerikan (akibat rasa sakit saat latihan). Durasi latihan sangat lama dan butuh kekonsistenan untuk menguasai KUNGFU ini. Setidaknya membutuhkan 5 hingga 7 tahun untuk menguasai KUNGFU ini, namun kesusahan dan rasa sakit akan menjadi halangan utama. Banyak yang berhenti berlatih di tengah jalan dikarenakan setelah 6 bulan latihan, di kaki terasa rasa sakit yang menusuk dan hal ini benar-benar disayangkan, padahal dibandingkan KUNGFU lain dalam 72 metode latihan shaolin, KUNGFU ini lebih hebat.  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:59

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2