72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (52) KEMAMPUAN MENGHINDAR

Posted by



KEMAMPUAN “BAIK ITU GOLOK ATAUPUN TOMBAK TIDAK MAMPU MELUKAI”
(QIANG DAO BU RU FA)



KUNGFU yang satu ini, merupakan salah satu KUNGFU yang paling susah untuk dikuasai dalam 72 metode shaolin, namun jangan salah sangka dengan judul di atas. KUNGFU ini bukanlah KUNGFU kebal, melainkan KUNGFU yang dilatih supaya kita memiliki kemampuan menghindari berbagai serangan dan senjata.


Untuk menguasai KUNGFU ini, setidaknya kita harus menguasai KUNGFU tulang lunak (elastisitas dan kelenturan). Selain itu, kita juga harus memiliki kemampuan mata yang luar biasa. Menghindarai terjangan puluhan senjata bisa dilakukan asalkan kita memiliki kemampuan mata. Maka dengan prioritas ini, mata adalah hal pertama yang harus dilatih. Untuk melatih pertama di tahap awal, kita harus melakukan latihan luohan terlebih dahulu (di artikel sebelumnya). Pada tahap selanjutnya, kita akan melatih mata dengan menghitung benda yang tidak bergerak. Misal duduklah di dekat jendela dan hitung jumlah batu bata yang menghiasi dinding rumah tetangga, atau hitung jumlah genteng atap rumah kita di tiap barisannya. Cobalah lakukan latihan dengan melihat sekilas objek tersebut dan sebutkan berapa jumlah dari objek tersebut. Ketika jumlah yang kita sebutkan sesuai dengan fakta yang ada, maka kita akan melanjutkan latihan di tahap selanjutnya. Di tahap selanjutnya, kita mulai menghitung objek yang bergerak misal, kumpulan bebek yang berenang di atas kolam. Namun, hal ini tidak terlalu mudah mengingat bebek sering sekai berenang ke sana kemari, sehingga membutuhkan ketekunan dan kerja keras hanya untuk menghitung jumlah bebek di suatu kolam. Dibutuhkan latihan tekun selama 6 bulan untuk menguasai latihan ini. Di tahapan selanjutnya, kita akan menghitung benda bergeerak yang jauh lebih kecil. Misal burung walet, lalu secara bertahap kita menghitung benda yang jauh lebih kecil lagi seperti belalang, kemudian capung, kemudian kumbang dan yang terakhir semut. Ketika kita sudah memiliki kemampuan mata yang luar biasa, maka tahap selanjutnya dalam latihan ini adalah melatih tubuh kita. 

Di tahap selanjutnya, tubuh dan kaki wajib dilatih. Diantara KUNGFU yang melatih hal ini misalnya KUNGFU tiang bunga plum (lihat di artikel sebelumnya dalam 72 metode latihan shaolin). Latihan dilakukan dengan menempatkan berbagai tongkat dari kayu dan bambu sebagai patok di tanah dengan tinggi acak dan lebar/diameternya bebas (seluruh tinggi tongkat kayu dan bambu bebas dan acak, berbeda-beda). Kapur juga turut disebar di antara tongkat-tongkat tersebut. Jarak antara tongkat kayu yang ditancapkan di tanah tidak boleh melebihi 30 cm. Tujuan latihan ini sendiri adalah untuk melewati tiang-tiang tersebut secara cepat tanpa menginjak kapur tersebut. Pola gerakan tidak boleh ditentukan, namun harus acak dengan pola kacau. Di tahap selanjutnya, pisau boleh ditambahkan pada tongkat kayu dan paku boleh ditambahkan di atas tanah. Jika kita mampu melewati rintangan ini dengan mudah, maka itu berarti kita telah menguasai KUNGFU ini. Setidaknya butuh 10 tahun untuk menguasai KUNGFU ini, karena itulah hanya sedikit orang yang menguasai KUNGFU ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:35

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2