72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (59) SIKU BA WANG

Posted by



SIKU BA WANG
(BA WANG ZHOU)
Harap bedakan dengan bawang yang sering ibu kita gunakan di dapur




Siku Ba Wang, seperti namanya adalah KUNGFU yang bertujuan untuk mengembangkan kekuatan siku. Walaupun begitu, harap bedakan KUNGFU yang satu ini dengan KUNGFU sayap elang yang telah saya posting sebelumnya, karena kedua KUNGFU tersebut esensinya berbeda walaupun keduanya sama-sama melatih siku. Pada siku Ba Wang yang dilatih adalah tepat di ujungnya, sementara pada KUNGFU sayap elang, bagian sisi siku juga dilatih.


Di tahap pertama latihan ini, silahkan mulai dengan berbaring di lantai. Hadapkan muka ke atas (maksudnya bukan ke langit-langit, tetapi menengadah sambil berbaring). Tekuk lengan di bagian siku sehingga tubuh terangkat (tidak menyentuh lantai) dan bagian depan tinju tangan menghadap ke langit. Tumit ikut digunakan untuk menahan beban tubuh sekuat tenaga. Kedua kaki diregangkan. Konsentrasikan seluruh kekuatan tubuh ke siku sehingga siku mendapat beban ekstra. Dengan segala ketentuan tersebut, maka selain tumit dan siku, maka seluruh tubuh tidak menyentuh lantai. Kembali ke posisi awal saat berbaring, dan istirahat untuk sementara. Ketika tubuh diangkat, usahakan atur nafas. Jika nafas tidak teratur, maka qi tidak akan terkonsentrasi ke siku dan Li (energi) akan kacau. Latihan ini, harus dilakukan setiap hari tiap pagi dan sore beberapa kali. Seperti latihan lain, repetisi dan kualitas latihan harus ditingkatkan setiap harinya. Pada saat siang hari, pukul-pukulkan siku pada benda keras untuk mempermudah latihan nantinya.

Pada tahap kedua latihan, setelah tubuh terangkat dari lantai, berputarlah sehingga tubuh hanya ditopang oleh satu siku dan satu kaki. Pertahankan posisi tersebut hingga rasa sakit luar biasa muncul, kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan juga latihan ke sisi satunya supaya terjadi keseimbangan. Lakukan latihan ini beberapa kali. Namun, latihan ini belumlah cukup. Di tahap selanjutnya, latihan diteruskan pada alas yang terbuat dari batu yang tidak rata. Galilah lubang di tanah dengan lebar 1 meter dan panjang 2 meter (seukuran lubang kuburan, namun kita tidak akan membuat kuburan jadi jangan terlalu dalam). Isilah lubang tersebut dengan berbagai macam kerikil berbagai ukuran, lalu campur dengan semen dan pasir sehingga membentuk permukaan tembok yang tidak rata (akibat tonjolan kerikil yang tidak beraturan). Lakukan latihan pada permukaan tersebut. Tentunya kita belum akan terbiasa dengan permukaan tersebut sehingga latihan akan menghasilkan rasa sakit yang menusuk, namun latihan tidak boleh dihentikan. Lanjutkan latihan karena seiring waktu, kita tidak akan merasakan sakit dan lelah sama sekali. Gunakanlah obat oles untuk mengobati otot dan tulang pada sikut. Seiring waktu, latihan KUNGFU ini akan membuat siku dan kaki kita sekuat metal dan setajam pisau. Hantaman siku akan sekuat godam dan kamu tidak akan terluka sedikitpun. Jika kamu menyerang musuh, maka dadanya akan pecah atau perutnya akan hancur. Setidaknya, membutuhkan latihan selama 3 tahun untuk menguasai KUNGFU ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 04:04

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2