72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (61) KUNGFU MENDORONG GUNUNG

Posted by

KUNGFU MENDORONG GUNUNG
(TUI SHAN ZHANG)


Berbeda pada KUNGFU-KUNGFU pada 72 metode latihan shaolin yang telah saya bahas sebelumnya, metode latihan KUNGFU mendorong gunung merupakan metode latihan yang melatih fa jin (kekuatan ledakkan) dan cun jin (kekuatan 1 inci). Kekuatan KUNGFU ini terletak pada kombinasi antara kelembutan dan kekerasan. Pada fa jin, kita dilatih untuk mengeksekusi teknik dalam keadaan rileks dan dilanjutkan dengan kekuatan yang meledak tiba-tiba seolah peluru yang keluar dari selongsongnya. Sedangkan dalam cun jin, kita dilatih untuk mengeluarkan kekuatan serangan dari jarak hampir 0 dari objek sasaran secaraefektif dan sfisien. Ketika kita menguasai KUNGFU ini, maka kita akan mampu membuat luka lebam telapak tangan di tubuh musuh, membuatnya terlempar ke tanah, atau membuatnya terpental beberapa meter. Selain itu, latihan ini juga melatih kemampuan “meminjam: serangan (menggunakan kekuatan lawan untuk keuntungan kita, beladiri internal kebanyakan melatih KUNGFU jenis ini). Tidak disarankan untuk menggabungkan latihan ini dengan salah satu tangan kematian dikarenakan efeknya bisa membunuh orang sembarangan.


Metode latihannya adalah sebagai berikut: 

Buatlah meja dari kayu yang keras dengan 4 kaki, dan tanamlah di tanah supaya meja tersebut tidak berguncang-guncang saat digunakan (stabil). Bagian atas harus ikut stabil juga, selain itu 2 buah sisi bingkai kayu pada meja (horizontal) yang menonjol harus ditutupi oleh lembaran besi. Di tahap awal latihan, sediakanlah batu hijau (mungkin granit) berbentuk balok dengan berat sekitar 40 kg dan letakkan di ujung meja. Berdirilah di hadapan batu tersebut, lalu maju satu langkah. Lakukan kuda-kuda gong bu (busur panah), sementara jarak dada ke batu tersebut sekitar 50 cm.   Kemudian, lakukan dorongan pada batu tersebut secara horizontal. Selain itu, latihan serupa menggunakan satu tangan juga bisa digunakan hanya saja harus bergiliran. Saat melakukan latihan ini, sangatlah penting untuk menggunakan kekuatan dari 4 poin yaitu: tangan, lengan, pergelangan dan telapak tangan. Selain itu, saat melakukan dorongan dada miring ke depan dan seluruh berat tubuhmu dikonsentrasikan untuk mendorong batu tersebut. Jangan terburu nafsu untuk melakukan latihan ini. Lakukan secara bertahap. Jika batu tidak bergerak, bayangkan saja batu tersebut bergerak dan dorong sesuai kondisi di atas. secara bertahap, kita akan melihat langkah awal dari penguasaan KUNGFU ini. Ketika kita melakukan kekuatan “ledakkan” pada batu tersebut, batu tersebut akan melompat beberapa sentimeter. Jika sudah memasuki tahap tersebut, batu harus diletakkan di tempat semula dan beratnya ditingkatkan dengan menambahkan bat dengan sekitar 10 hingga 15 kg. Lanjutkan latihan seperti sebelumnya, kemudian tambahkan satu batu lagi pada batu tersebut sebanyak 15 kg. Secara bertahap, tingkatkan terus beban. Ketika berat batu telah mencapai 150 kg, maka kamu boleh berhenti latihan. 

Untuk melatih cun jin, latihan dilakukan seperti di atas, hanya saja perhatian besar kekuatan tertuju pada bagian bawah telapak tangan, tangan dan pergelangan. Seperti pada latihan sebelumnya, kita masih menggunakan batu, hanya saja metode mengeksekusinya berbeda. Letakkan jari pada batu dan lakukan dorongan tiba-tiba menggunakan bagian bawah telapak tangan. Posisi tubuh seperti pada latihan sebelumnya. Ketika eksekusi latihan ini, tekan kuat batu menggunakan ujung jari. Telapak tangan dalam posisi horizontal (posisi seperti tangan pada jurus ular). Kemudian, lakukan dorongan tiba-tiba menggunakan telapak tangan dengan tujuan batu terdorong. Lakukan latihan ini setiap hari, ketika lelah hentikan latihan. Setelah 2 tahun latihan keras, batu tersebut akan terlontar jauh, kemudian tambahkan beban sedikit demi sedikit hingga beban mencapai 150 kg. Ketika hal ini telah dicapai, maka berarti KUNGFU ini telah dikuasai. Maka di tahap selanjutnya latihan akan terkonsentrasi apda xu jin (kekuatan terakumulasi), hanya saja membutuhkan 10 tahun latihan tekun untuk menguasai tahap ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:44

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2