72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (68) LATIHAN KUNGFU BELALANG SEMBAH

Posted by



LATIHAN KUNGFU
KAIT BELALANG SEMBAH
(TANGLANG ZHAO)

Struktur Tubuh Belalang Sembah

LATIHAN KUNGFU kait belalang sembah adalah LATIHAN KUNGFU yang berfungsi untuk memperkuat pisau tangan dan pergelangan tangan. Dari luar, KUNGFU ini kelihatan seperti latihan fa jin pada KUNGFU telapak guan yin (nanti akan di bahas), namun pada dasarnya esensi keduanya sangat berbeda. Kekuatan yang dilatih pada KUNGFU ini adalah kekuatan pukulan pinggir tangan yang diarahkan ke bawah (seperti pada demonstrasi memecahkan batu bata) dan kualitas kekuatan yang dilatih adalah kekuatan yang bersifat “keras”.


Untuk melakukan latihan ini, sediakanlah 10 buah batu bata. Di atasnya, letakkanlah tumpukan kertas setebal 10 cm. Berdirilah di dekat tumpukan batu bata tersebut dan tarik lengan. Tekanlah bahu mendekati rusuk. Konsentrasikan energi pada pergelangan tangan. Pada saat melakukan latihan ini, jarak dari tangan ke kertas sekitar 10 cm dengan ibu jari menghadap ke atas. Ujung luar dari sisi telapak tangan (pisau tangan) menghadap ke bawah. Posisi awal saat melakukan latihan ini, tekuklah lengan pada bagian pergelangan tangan sehingga jari-jari menghadap ke atas. kemudian, lakukanlah pukulan menggunakan pinggir tangan pada batu bata yang di atasnya diletakkan kertas tersebut. Lakukan latihan ini secara bergiliran setidaknya 2 kali dalam sehari, 100 kali dalam 1 kali latihan dengan peningkatan repetisi di tiap latihan. Tingkatkan repetisi latihan hingga repetisi mencapai 500 kali di tiap latihan. Pada awalnya, tidak terlihat sesuatupun terjadi saat melakukan latihan ini, namun seiring waktu batu bata akan pecah hingga akhirnya semuanya hancur. Setelah hal tersebut terjadi, gantilah batu bata dengan yang baru sementara jumlahnya dikurangi 1 atau 2 buah. Tumpukan kertas ditambah 10 cm lagi. Lakukan hal ini, lagi dan lagi hingga tebal kertas mencapai sekitar 60-70 cm dengan hanya tersisa 1 buah batu bata di bawahnya. 

Di tahap selanjutnya, metode latihan diubah. Sediakanlah 1 buah genting tanah liat. Letakkan secara vertikal (tegak berdiri) dengan ditahan oleh 2 buah batu bata di kanan dan di kiri sehingga genting tersebut tidak jatuh. Kemudian, lakukanlah pukulan secara horizontal menggunakan pinggir tangan sehingga genting tersebut pecah, walaupun di awal latihan tidak akan semudah itu, karena genting akan jatuh daripada pecah. Bagian genting yang “dipotong” adalah bagian atas sehingga ketika genting tersebut pecah, genting tersebut masih berdiri tegak. Ketika kita berhasil memotng bagian atas genting tanpa menjatuhkannya, lakukan latihan selanjutnya dengan batu bata yang digunakan untuk menopang genting tidak dipakai, dalam artian genting harus berdiri tegak tanpa bantuan alat apapun. Lakukan latihan seperti tadi. Apabila latihan ini telah dikuasai, maka selanjutnya adalah mengganti genting dengan batu bata yang paling tebal yang biasa digunakan untuk membuat bangunan, kemudian ganti dengan mengguankan batu dan latih seperti tadi. Ketika pinggir tangan berhasil memotong bagian atas batu tanpa membuatnya jatuh, berarti latihan ini telah berhasil memasuki tahap akhir. Setidaknya, membutuhkan 8 hingga 10 tahun untuk menguasai KUNGFU ini. Hebatnya KUNGFU ini, adalah kita bisa menggunakannya hanya saat diperlukan saja. Sentuhan tidak sengaja pada orang tidak akan membuatnya terluka, namun apabila digunakan maka akan luar biasa.   


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 02:41

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2