GULAT CINA

Posted by



SHUAI JIAO

ilustrasi teknik-teknik shuai jiao


SHUAI JIAO adalah gaya gulat Cina dimana pertarungannya menggunakan baju khusus. Gaya gulat ini tidak terbatas pada 1 aliran sajar, bahkan gulat mongol sendiripun dianggap sebagai bentuk SHUAI JIAO. Gaya pertarungan ini, mulai dikenalkan ke selatan Cina pada tahun 1911.

Sejarah awal gulat dalam pertarungan Tiongkok, dimulai ketika Kaisar Kuning (2697 SM) menurut legenda memulai suatu bentuk pertarungan bernama jiao di, sebuah olahraga tua dimana para kontestannya menggunakan helm bertanduk untuk menyeruduk lawannya. Lebih jauh lagi, legenda juga mengatakan kalau pasukan Kaisar Kuning, menggunakan Jiao Di untuk memadamkan pemberontakan yang dipimpin oleh Chiyou. Di kemudian hari, para anak muda menjadikannya sebuah bentuk permainan hanya saja tanpa helm bertanduk yang biasa digunakan dalam jiao di. Jiao di dikatakan merupakan sumber dari seluruh bentuk gulat dan bahkan semua bentuk kungfu Cina yang kita kenal sekarang.

Tong Zhongyi menggunakan Dalian (pakaian khusus gulat)
Di masa Dinasti Zhou, penyebutan jiao di berubah menjadi jiao li. Jiao li ini berbeda dengan pendahulunya. Di dalam Jiao li terdapat bermacam-macam teknik seperti teknik serangan (pukulan dan tendangan), memblok serangan, mengunci persendian, dan serangan pada titik-titik tekan (akupuntur). Jiao li ini dilatih oleh tentara di musim dingin selain tentunya kemampuan memanah dan strategi perang. 


Di masa selanjutnya, Jiao Li berubah menjadi even olahraga umum yang digunakan sebagai hiburan untuk rakyat dan juga merekrut para petarung terbaik. Para kompetitor ini bertarung di panggung leitai dengan hadiah menjadi pengawal kaisar atau menjadi instruktur di akademi kemiliteran. Jiao li selama beberapa abad diajarkan pada tentara Cina yang kemudian, gaya pertarungan ini mempengaruhi berbagai kungfu Cina lainnya hingga akhir masa Dinasti Qing. 

Istilah SHUAI JIAO dipilih oleh Akademi Guoshu Pusat (Zhong Yang Guo Shu Guan) yang berada di Nanjing pada 1928, ketika aturan kompetisi gulat distandarisasi. Gulat ini sampai saat ini, masih diajarkan di akademi kemiliteran dan kepolisian.

ALIRAN-ALIRAN PADA SHUAI JIAO

SHUAI JIAO bisa dibagi ke dalam beberapa aliran seperti berikut:

Zhili, atau aliran Hebei. Kesanadan gulat aliran Zhili bisa dilacak jejaknya hingga Kaisar Kuning dimana dia berhasil mengalahkan Chi You dan Kaisar Yan di daerah Zhang Jia Kou di wilayah utara Hebei hingga wilayah barat laut Beijing. Metode pelatihan dan aturan modern dari gulat ini, dikodifikasi oleh Shan Pu Ying (bukan sebuah nama, namun lebih kepada batalion gulat khusus pada kemiliteran) yang berada di bawah naungan Nei Wu Fu (Unit Administrasi Internal Rumah Tangga Kerajaan). Termasuk juga diantaranya gulat gaya Tianjin dan Baoding.
Teknik sapuan kaki pada shuai jiao
Aliran Beijing. Pada dasarnya, aliran gulat ini berasal dari Buku aliran Manchu yang digunakan oleh Brigadir Pengawal Kerajaan Shan Pu Ying. Karakteristik aliran ini adalah penggunaan kaki untuk melakukan tendangan dan sapuan sehingga keseimbangan lawan goyah. Selain itu, gulat yang satu ini memiliki ciri khas penggunaan kunci persendian dalam pertarungannya.
Aliran Tianjin. Jika aliran ini ditelusuri kesanadannya, maka kita akan menemukan kalau gulat ini berasal dari campuran antara Buku Manchu dengan gulat di era Dinasti Ming. Ciri khas aliran ini adalah penggunaan kaki untuk menggoyahkan keseimbangan lawan dan penggunaan tangan dalam pertahanan dan serangan.
Aliran Baoding, aliran ini kadang disebut juga Kuai Jiao atau gulat cepat. Salah satu karakter aliran ini adalah penggunaaan teknik-teknik cepat. Salah satu ciri khas aliran ini adalah ditambahkannya shaolinquan (kungfu shaolin) oleh Peng Jingyi yang merupakan ahli gulat yang mempelajari kungfu shaolin dari Keluarga Meng di daerah Nanguan walaupun dia sendiri seorang muslim Hui.
DI ketiga aliran di atas, kontestan menggunakan jaket khusus yang disebut Da Lian.
Aliran Shanxi, gulat aliran ini bisa dilacak hingga era Dinasti Song. Aliran ini pada umumnya dipraktekan di wilayah antara kota pertambangan Datong di utara Shanxi hingga ibukota provinsi Shanxi, Tayuan. Karakter utama gulat aliran ini adalah teknik menangkap kaki dan secara tradisional, pegulat hanya menggunakan celana ketat yang menutupi lutut.
Aliran Mongol, aliran ini bisa dilacak jejaknya hingga Konfederasi Dong Hu dimana diantaranya termasuk orang-orang dari suku Xianbei, Kittan dan orang Mongol.
video shuai jiao


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:52

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2