GULAT MONGOL

Posted by



BOKH a.k.a KAPSAGAY
 
Pertandingan gulat mongol
GULAT MONGOL atau dikenal dengan BOKH merupakan olahraga gulat khas mongolia terutama di pedalaman mongolia dan sekitarnya. Secara harfiah, bokh berarti “ketahanan”.


Gulat merupakan salah satu budaya paling penting di dalam sejarah Mongol. Di dalam 3 kemampuan penting yang memperlihatkan kejantanan laki-laki di dalam budaya Mongol, gulat termasuk diantaranya sedangkan 2 yang lain adalah berkuda dan memanah. Gengis Khan (Temujin) menganggap gulat sebagai olahraga penting untuk menjaga kondisi pasukannya dalam keadaan prima sehingga mereka siap untuk bertempur kapanpun. Di era Dinasti Qing, kekaisaran mengadakan event gulat yang diadakan secara berkala di antara 2 etnis yaitu etnis Manchu dan etnis Mongolia. GULAT MONGOL memiliki beberapa versi diantaranya Tuva (Rusia), Buryatian (di Buryatian, Rusia) dan Gulat asli pedalaman Mongolia.

Keterangan tentang Bokh pertama kali muncul di dalam lempengan perunggu yang ditemukan di reruntuhan kekaisaran Xiongnu (206-220 M). Pada awalnya, Bokh merupakan olahraga militer yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, stamina dan skiil pada ketentaraan Gengis Khan (1206-1227). Setelahnya, semua kaisar dari Kerajaan Mongol dan Kekhanan setelahnya menggunakan gulat tersebut untuk alasan yang sama. Dikarenakan dukungan dari kekaisaran dan kekhanan yang besar dalam olahraga GULAT MONGOL, maka setiap tahun diadakan festival lokal yang dinamakan Naadam. Selain itu, di dalam kemiliteran sendiri pegulat yang memiliki reputasi yang tinggi sangat diperhitungkan untuk memperolah jabatan yang tinggi dalam ujian militer kerajaan.
 
Gengis Khan
Di dalam “Rahasia Sejarah Mongol”  (ditulis di Mongolia pada tahun 1240) dalam Bab 4, paragraf 140 yang mencatat pertarungan gulat antara Buri dan Belgutei di timur Mongolia pada Tahun Monyet (1200 M), dikisahkan sebagai berikut:

“Suatu hari, Gengis Khan membuat Buri Bokh (Buri si pegulat) dan Belgutai bergulat untuknya. Buri Bokh berasal dari Suku Jurkhin. Pada awalnya, Buri Bokh mampu menahan Belgutei hanya dengan satu tangan, menjatuhkannya ke tanah dengan menggunakan satu kaki (jegalan atau sapuan) dan membuatnya tidak bisa bergerak. Buri Bokh merupakan pegulat nasional yang terkenal. Walaupun begitu, terdapat satu kesempatan dimana Buri Bokh dan Belgutei saling bergumul dan membuat Buri Bokh terjatuh ke tanah padahal pada saat itu, Buri Bokh merupakan juara yang memiliki rekor tidak terkalahkan. Belgutei akhirnya mampu dengan usaha yang luar biasa menekan bahu Buri bokh dan menduduki pinggangnya. Dia kemudian melirik ke arah Gengis Khan. Dari sudut matanya, terlihat kalau Gengis Khan sedang menggigit bibirnya. Belgutei mengerti arti dari bahasa tubuh Gengis Khan tersebut, memegang Buri Bokh dengan kuat kemudian memukul dada dan bokongnya dengan kuat dan mematahkan punggungnya (tulang belakang). Buri Bokh kemudian berkata dengan punggungnya yang patah: “Aku tidak pernah kalah dalam pertarungan melawan Belgutei. Tadi sebenarnya aku menjatuhkan diri secara sengaja untuk menyenangkan Khan (Gengis Khan) tanpa rasa takut sedikitpun. Sekarang, aku telah menghilangkan nyawaku.” Setelah mengatakan hal ini, dia langsung meninggal.”

Pada tanggal 17 September pada tahun 2011, Pertandingan Gulat Nasional Mongolia diadakan dan dihadiri oleh sejumlah 6002 orang pegulat sehingga menjadi kompetisi gulat terbesar di dunia dan tercatat dalam Guiness Book of Record.

GULAT MONGOL merupakan olahraga nasional yang paling populer dan digemari sehingga menjadikan GULAT MONGOL sebagai ikon kebudayaan Mongolia di mata dunia. Ketika seorang anak laki-laki lahir, sudah merupakan hal yang lumrah di dalam keluarga Mongolia apabila mereka menginginkan jika anaknya tersebut untuk menjadi pegulat. Terdapat banyak sekali kompetisi-kompetisi GULAT MONGOL yang diadakan di setiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka diadakan di Mongolia, tenggara Rusia dan utara Cina. Di antara banyak kompetisi tersebut, festival gulat yang paling besar adalah Naadam. Festival ini diadakan dengan lebih dari 1024 pegulat berpartisipasi di dalamnya.

Di Mongolia, Nadaam (secara harfiah berarti permainan) diadakan setiap bulan Juli setahun sekali. Kompetisi Nadaam yang paling besar diadakan di ibukota Ulan Bator yang tidak hanya memiliki jumlah partisipan yang luar biasa, namun juga ditayangkan di seluruh negara tersebut baik itu di radio ataupun di televisi. Secara umum, Nadaam terbagi atas 3 divisi pertandingan yaitu Ulan Bator Nadaam, Aimag Nadaam, dan Sum Nadaam.
Versi lain gulat mongol dengan pakaian gulat yang berbeda

Untuk Ulanbator Nadaam, pertandingan diadakan di stadion besar sementara di pedesaan untuk skala yang lebih kecil, pertandingan pada umumnya diadakan di stadion kecil atau bahkan di padang rumput. Selain itu, area pertarungan gulat tersebut juga bisa diadakan di tanah yang memiliki tekstur lembut tanpa kerikil di atasnya.

Di dalam Nadaam, tidak ada yang namanya pembagian kelas berat seperti layaknya tinju atau gulat bebas. Pegulat yang berpostur kecil bisa saja harus melawan pegulat yang memiliki postur 2x besar badannya. Pegulat yang paling kecil biasanya memiliki berat sekitar 70 kg sedangkan pegulat terbesar memiliki berat 160 kg. Rata-rata, berat pegulat Nadaam sekitar 115 kg.

Di dalam pertandingan, seorang pegulat dinyatakan kalah apabila tubuh bagian atas, lutut ataupun sikut menyentuh tanah. Di versi pedalaman Mongolia, bagian tubuh manapun yang menyentuh tanah kecuali kaki dinyatakan kalah. Di dalam pertandingan GULAT MONGOL, tidak ada batasan umur, batasan kelas berat dan batas waktu.      

Berikut merupakan video yang memperlihatkan kehebatan petarung gulat mongolia:

      


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14:28

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2