KUDA-KUDA

Posted by



LATIHAN KUDA-KUDA

GM Wong kIew Kit melakukan kuda-kuda (Ma Bu)

Ketika kita ditanya apakah latihan yang paling dasar bagi hampir semua beladiri, maka jawabnya pasti adalah KUDA-KUDA. Kenapa KUDA-KUDA? Jawabnya karena KUDA-KUDA berfungsi menguatkan kaki. Lho kok kaki, kenapa dalam beladiri kaki harus kuat? Karena tanpa kaki yang kuat maka pergerakan tidak akan stabil dan tanpa pergerakan yang stabil kita akan mudah dijatuhkan lawan. Tapi kenapa mesti KUDA-KUDA? Bukankah jika kita berlari itu juga sudah termasuk menguatkan kaki? Yap di sini saya akan menerangkan tentang KUDA-KUDA dan nilai plusnya sehingga dijadikan dasar setiap beladiri.


Latihan postur statis di dalam kungfu Cina atau biasa disebut zhan zhuang merupakan dasar hampir setiap aliran kungfu. Baik itu shaolin ataupun wudang menggunakan latihan ini sebagai dasar. Latihan ini tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga membentuk pondasi penting dalam latihan beladiri. Di kungfu-kungfu internal, zhan zhuang lebih variatif, namun di dalam kungfu-kungfu aliran selatan yang memiliki karakteristik lebih ke eksternal, latihan zhan zhuang yang umum adalah KUDA-KUDA.

Walaupun KUDA-KUDA merupakan dasar dari berbagai beladiri, terdapat banyak orang yang malas untuk melakukan latihan ini, kenapa? Karena latihan ini melelahkan dan menyakitkan. Dalam satu bulan latihan, paling kita hanya bisa melakukan latihan ini dalam durasi kurang dari 2 menit. Lalu bagaimana dengan ahli kungfu masa lalu seperti Hong Xiguan dan Thit Kiew Sam misalnya yang mampu melakukan KUDA-KUDA selama berjam-jam tanpa lelah sedikitpun? Bisakah kita mencapai tingkatan mereka di masa sekarang ini? Jawabnya tentu saja bisa hanya saja perlu kegigihan dan latihan yang konsisten untuk mencapai tahapan tersebut.

Dalam latihan KUDA-KUDA, sebenarnya kaki yang kuat sebenarnya adalah bonus. Ah masa? Yups, benar sekali. Tujuan utama dari latihan KUDA-KUDA bukanlah kaki yang kuat, namun memupuk tenaga dalam. Enak yah, latihannya satu, tapi dapetnya 2. Seolah dalam latihan kita dapet kompensasi atas tersiksanya tubuh kita.
Maka di sini saya akan memberikan beberapa saran, yah sebenarnya bukan saya yang akan memberikan saran, tapi GM Wong Kiew Kit yang akan memberikan saran, toh dia jauh lebih ahli daripada saya yang ga ada bedanya sama para pembaca (alias masih sama-sama awam). Berikut adalah nasihat beliau:
 
Struktur kuda-kuda yang benar
Pertama jasmani dan rohani harus rileks, rileks seperti saat kita makan atau saat kita bicara, lepas! Kemudian, kamu harus melakukan KUDA-KUDA dengan benar. Tubuh harus tegak, mulut agak sedikit terbuka. Kepalan kedua tangan diletakkan di atas pinggang. Mata harus membuka dan menutup dengan lembut. Lakukan nafas perut dan hitung nafasmu. Mari kita misalkan di sesi pertama dan sesi kedua kamu hanya bisa melakukan sepuluh kali tarikan nafas. Maka di sesi ketiga, tambah 1 atau 2 tarikan nafas lagi. Lakukan latihan secara konsisten dengan metode penambahan tarikan nafas di tiap sesi ketiga seperti yang tertera di atas, maka dalam beberapa bulan, kamu akan mampu melakukan KUDA-KUDA dalam waktu 15 menit. Selain itu, kamu akan menyadari kalau nafas kamu menjadi lebih dalam dan lebih lama. Selain itu, sebagai pelengkap latihan, lakukan berbagai peregangan (stretching) untuk hasil yang lebih maksimal. Jangan paksakan diri untuk melakukan KUDA-KUDA selama 2 jam, karena tidak ada satupun pemula yang mampu melakukan KUDA-KUDA selama itu, untuk pemula bahkan melakukan KUDA-KUDA selama 5 menit non-stop sudah harus diacungi jempol. Yang paling penting dalam latihan KUDA-KUDA adalah konsisten, gigih dengan penambahan repetisi di setiap latihan. Jika kamu tidak serius, maka lupakan saja untuk melakukan latihan ini.  

Nah bagaimana simpel kan? dalam latihan beladiri itu ga usah neko-neko dengan banyak teori, beladiri kan beda dengan matematika (bahkan matematika pun perlu praktek). Di dalam beladiri atau bidang apapun itu, syaratnya ga terlalu banyak kok, yang pertama harus kita lakukan adalah latihan, memiliki guru, konsisten, meningkat secara bertahap dan yang paling penting WAKTU YANG LAMA.

untuk lebih jelasnya mengenai latihan kuda-kuda ini, silahkan lihat video tutorial di bawah.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 16:56

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2