KUNGFU DITANGQUAN

Posted by



DITANGQUAN

Salah satu gerakan kungfu Ditangquan

DITANGQUAN yang secara harfiah berarti tinju berguling merupakan salah satu aliran KUNGFU Cina yang berasal dari Provinsi Shandong dan diciptakan di era Dinasti Song (960-1279).


Karakteristik utama KUNGFU ini adalah kemampuan dalam melakukan berbagai jatuhan, gulingan, berbagai salto dan koprol dan gerakan-gerakan akrobatik di udara, serta menggunakan teknik-teknik tersebut baik untuk menyerang ataupun bertahan. 

Sejak awal mula diciptakan KUNGFU ini, aliran KUNGFU yang satu ini telah tersebar luas di Cina dan telah digabungkan dengan ilmu KUNGFU-KUNGFU yang lain sebagai salah satu kelengkapan ilmunya. 

Walaupun ditangquan sendiri merupakan KUNGFU aliran tradisional, namun kebanyakan ahli wushu modern pada tahun 70-an sendiri tidak mengetahui bagaimana bentuk asli dari KUNGFU ini sehingga para ahli tersebut menciptakan “ditangquan versi mereka sendiri dengan menggunakan gerakan-gerakan pada KUNGFU monyet (Houquan) dan gerakan-gerakan pada jurus mabuk. Di masa sekarang, versi tradisional dari Ditangquan masih bisa kita lihat sebagai bagian dari aliran KUNGFU lainnya, sebagai contoh pada KUNGFU Kaki Menusuk (Chuojiao), Fujian Gouquan (KUNGFU Anjing Fujian), dan di aliran KUNGFU lainnya. Di dalam versi tradisionalnya sendiri, teknik-teknik gulingannya sedikit, namun yang lebih banyak justru teknik-teknik serangan saat praktisi KUNGFU tersebut menempel di atas tanah. 

Contoh gaya-gaya Ditangquan yang eksis hingga saat ini diantarnya:

1.)    Tinju Bergerak di Atas Tanah
2.)    Tinju Berguling Bunga Plum
3.)    Tinju Naga Bumi Shaolin
4.)    Tinju berguling Naga Bumi Terbang

(sumber: Wikipedia)

Untuk melihat karakteristik dari KUNGFU ditangquan, silahkan lihat video-video di bawah ini:










FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:22

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2