KUNGFU MIZONGYI

Posted by



MIZONGYI

Huo Yuanjia, tokoh yang diperankan Jet Lee dalam film laga "Fearless"

MIZONGYI secara harfiah berarti kemampuan menghilangkan jejak, merupakan salah satu aliran KUNGFU yang berasal dari Cina Utara. KUNGFU ini kadang disebut Mizongquan yang berarti Tinju Menghilangkan Jejak. Selain itu, KUNGFU ini juga kadang disebut tinju labirin dikarenakan metode langkahnya yang unik dan membingungkan. KUNGFU ini, berfokus pada strategi tipuan dan mobilitas serangan dan pertahanan. KUNGFU ini terkenal dikarenakan salah satu praktisinya yaitu Huo Yuan Jia merupakan pahlawan nasional Cina yang menerima berbagai tantangan dari praktisi tinju dan gulat dari Inggris dan Rusia dan praktisi Judo dari Jepang di era Invasi 8 negara dimana harga diri orang-orang Cina pada saat itu direndahkan serendah-rendahnya. 


Sebagaimana aliran KUNGFU lainnya, banyak sekali legenda mengenai bagaimana KUNGFU ini diciptakan. Salah satunya berasal dari era Dinasti Tang. Seorang biksu shaolin melihat sekelompok kera sedang saling mengejar satu  sama lain di gunung. Dari pengamatannya itu, dia melihat kalau 1 kera yang palng dominan memiliki gerakan-gerakan dan langkah yang memiliki semangat dan teknik-teknik KUNGFU di dalamnya. Merasa tercerahkan dengan apa yang dia lihat, biksu tersebut kemudian kembali ke kuil shaolin dan menggabungkan apa yang dia lihat dengan KUNGFU Shaolin sehingga terciptalah KUNGFU Mizong. 

Legenda lainnya beredar di era Dinasti Song (960-1127) ketika seorang ahli KUNGFU yang kaya raya bernama Loo Tsun Yzo belajar Mizong Shaolin dan mengajarkan kepada muridnya yang bernama Yan Qing. Kemampuan Yanqing dalam Mizongyi membuatnya terkenal, terutama setelah dia bergabung dengan kelompok seperti “Robin Hood” yang merampok yang kaya untuk membagikannya kepada yang miskin. Semua orang tahu mengenai kemampuan KUNGFU Yang Qin, namun tidak ada satupun yang mampu mengenali KUNGFUnya tersebut. Karena itulah, kebanyakan orang menyebut beladiri yang dia gunakan dengan nama Mizong yang berarti “hilang jejak”. Legenda lainnya mengatakan kalau di saat Yan Qing melarikan diri dari pasukan kerajaan di bawah amukan badai salju, untuk menghilangkan jejaknya Yan Qing berjalan mundur dan menutupi jejaknya menggunakan tangannya sehingga terciptalah nama “menghilangkan jejak”. Bahkan hingga saat ini, praktisi-praktisi KUNGFU Mizongyi menyebut beladiri ini dengan sebutan Yanqingquan untuk menghormati Yan Qing dalam legenda tersebut.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13:30

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2