LATIHAN DASAR TAICHI

Posted by



TUTORIAL ZHAN ZHUANG


Baik kawan-kawan penggemar kungfu semua, kali ini saya akan berusaha menjelaskan mengenai zhan zhuang. Zhan zhuang merupakan salah satu bentuk latihan dasar (jibengong) dari berbagai aliran kungfu yang biasanya kungfu internal seperti Taichi, Yi Quan, Xingyi, dan lain-lain. Namun dalam kesempatan ini, saya hanya akan menerangkan mengenai bagaimana cara melakukan zhan zhuang dalam beladiri taichi mengingat banyak orang ingin tahu cara untuk menguasai kungfu yang satu ini. 


Sebelum kita ke tutorial, terlebih dahulu kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa itu zhan zhuang. Secara harfiah, zhan zhuang berarti berdiri seperti tiang. Di dalam istilah kungfu sendiri istilah zhan zhuang berarti suatu bentuk latihan Neigong yang umum terdapat pada kungfu tenaga dalam sebagai salah satu bentuk latihan dasar yang digunakan untuk memebentuk fondasi dan struktur tubuh. Walaupun zhan zhuang merupakan latihan yang paling dasar dalam Taici aliran Chen, latihan ini baru diperkenalkan ke Desa Chenjiagou justru setelah Feng Zhiqiang (murid Chen Fake) mengajarkannya pada penduduk desa tersebut. Walaupun begitu, latihan neigong yang satu ini sudah menjadi salah satu ciri khas dari Taichi aliran Chen dan sudah pasti diajarkan di awal latihan. Karena manfaatnya, latihan ini banyak dipraktekan di rumah sakit-rumah sakit di Cina terutama untuk pasien di masa pemulihan. 

Berikut adalah tutorial postur latihan zhan zhuang yang paling umum dilatih sebagai fondasi dasar Taichi aliran Chen. Zhan Zhuang yang satu ini kadang disebut Hun Yuan Zhuang atau Bao Zhuang dikarenakan posturnya mirip orang yang sedang memeluk pohon: 

1.) Mulailah berdiri dalam postur wuji, tenangkan pikiran dan buatlah tubuh serileks mungkin. Kaki berada kira-kira selebar bahu (persendian bahu). Lutut harus rileks namun sedikit ditekuk. Pastikan kalau berat badan tepat berada di kedua kaki dan terbagi secara rata. Badan harus tegak, begitu pula kepala. Ingat tubuh harus rileks!
2.)  Kemudian secara perlahan, angkatlah kedua tangan seolah sedang memeluk balon besar yang berada di depan dada. Tangan harus berada tepat di kedua bahu, dengan telapak tangan menghadap ke arahmu dan ujung jari saling berhadapan (antara tangan kanan dan tangan kiri). Sela-sela jari harus terbuka dan bayangkan ada lembaran kapas di antara setiap sela-sela jari. Tanganmu dalam keadaan lembut namun berbentuk layaknya kurva (elips). Bayangkan sikut kedua tangan seolah sedang berada di atas bantal yang lembut.
3.)  Dengan banyaknya latihan, kamu akan mampu merasakan perasaan rileks. Lakukan latihan ini setidaknya 2-5 menit kalau untuk kesehatan dan 30-60 menit jika untuk beladiri. Lakukan latihan ini setiap hari. Dan ingat, tujuan latihan ini adalah membuat tubuh rileks sehingga tubuh tegang tidak disarankan. Ketika tubuh mulai tegang, hentikan latihan dan jalan-jalanlah sebentar, lalu lanjutkan latihan.    

      Untuk bisa lebih mengerti mengenai bagaiman Hun Yuan Zhuang ini dilakukan, silahkan lihat konsepnya pada gambar yang saya letakkan setelah judul, atau lihat video di bawah ini, walaupun di bawah ini merupakan bao zhuang dalam kungfu Yi Quan, namun pada dasarnya prinsipnya sama saja.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 16:32

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2