72 METODE LATIHAN SHAOLIN: (65) KEMAMPUAN KANTONG PASIR

Posted by



KEMAMPUAN KANTONG PASIR

(SHA BAO GONG)


KUNGFU yang satu ini adalah KUNGFU yang praktis dan efektif, dikarenakan KUNGFU ini tidak hanya melatih kekuatan YANG, namun juga konsentrasi, fleksibilitas tubuh bagian atas, mobilitas. Selain itu, kecepatan pukulan dan presisi juga dilatih dalam KUNGFU ini.


Untuk melatih KUNGFU ini, persiapkanlah 8 buah tiang kayu (diameternya mungkin 20 hingga 50 cm). Galilah lubang untuk empat buah tiang (berbentuk persegi, layaknya kaki meja), lalu kemudian tanam keempat tiang tersebut. Di atasnya, pasang keempat buah tiang lainnya secara horizontal di atas tiang yang sudah ditanam di dalam tanah. Kemudian, di setiap batang kayu yang dipasang secara horizontal di atas, pasanglah tiga buah kantong/karung goni/ samsak yang telah diisi pasir sebelumnya baik itu di kiri, kanan, depan dan belakang. Berat dari kantong tersebut sekitar 2,5 hingga 3 kg dan diikat dengan tali yang kuat (sehingga tergantung). Kantong tersebut harus disituasikan supaya bisa terayun dengan leluasa. Kantong tersebut setidaknya memiliki ketinggian sama dengan bahu orang dewasa. 

Di tahap awal latihan, lakukanah kuda-kuda (GONG BU ataupun MA BU). Lakukan pukulan ke 1 kantong sehingga kantong tersebut terayun. Ketika kantong tersebut kembali, lakukan pukulan yang lebih keras dari sebelumnya. Hati-hati dengan latihan ini, hindarilah sebisa mungkin cedera pada pergelangan tangan. 

Setelah pukulan tunggal dikuasai, lakukan tahap selanjutnya menggunakan 2 pukulan. Tinjulah 2 buah kantong di depan kita secara bersamaan, sehingga kedua kantong tersebut terayun. Saat kantong yang berada di kanan terayun dan kembali ke kita lakukan pukulan, begitu pula untuk kantong yang berada di kiri. Latihan tersebut harus dilakukan setidaknya 100 kali setiap hari. Sangatlah disarankan untuk memukul kedua kantong secara bersamaan baik itu di saat awal memukul, ataupun di saat kantong tersebut terayun ke arah kita. Lakukanlah latihan ini dengan sangat cepat tanpa jeda sedikitpun. 

Setelah menguasai latihan ini, mulailah latihan dengan melakukan pukulan ke empat arah (depan, belakang, kanan, kiri). Spesifikasi latihannya kira-kira sebagai berikut: lakukan pukulan ke arah kantong yang berada di kanan dan kiri, lalu kemudian lanjutkan pukulan pada kantong yang berada di depan dan belakang. Ketika kantong tersebut kembali kepada kita, lakukan pukulan menggunakan sikut. Di awal latihan, kantong tersebut tidak akan terlempar jauh, namun seiring waktu jarak antara kita dengan ayunan kantong akan bertambah. Selain itu, penggunaan kepala dan bahu dalam latihan ini juga disarankan.   

Di tahap selanjutnya, latihan yang sebelumnya statis sekarang dilakukan secara lebih dinamis. Berbagai lompatan, langkah dan hindaran bisa dilakukan. Selain itu, penggunaan kaki (tendangan) seperti penggunaan tumit, tulang kering, pinggir kaki, juga mulai dilatih sehingga serangan lebih variatif. Setiap bagian tubuh dilatih. Jika kita bisa melakukan berbagai serangan ke segala arah tanpa jeda dengan menggunakan berbagai anggota tubuh secara dinamis pula, maka latihan ini telah dikuasai. Apabila kita menghadapi keroyokan musuh, maka kita akan mampu menghadapi dan menembus barikade kumpulan musuh tersebut sembari melakukan pukulan ke berbagai arah. Barikade musuh yang digunakan untuk menghadangmu, tidak akan ada gunanya di hadapanmu.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:58

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2