SHURULKHAN NI THIFAN PO KHAN WA SYFU TAESYUKHAN: DAHT

Posted by



DAHT


Ketika kita membaca berbagai kisah para pendekar thifan dan syufu yang menguasai ilmu DAHT tersebar dengan bebas di internet, maka kita akan mendapati kalau di antara pendekar-pendekar tersebut banyak yang memiliki kemampuan luar biasa, diantaranya kemampuan menyalurkan tenaga dingin hingga yang terpegang akan menjerit-jerit
kesakitan, tamparan yang mampu membuat kepala orang terbalik, kemampuan membuat gosong kayu dan orang dengan hanya sentuhan tangan, menghancurkan batu hanya dengan cengkeraman tangan, bahkan dengan dialog saya sendiri dengan para praktisi beladiri dan teman-teman selanah saya, saya mendapati kalau Alm. Ust. Merzedek saat beliau berjurus, tangannya benar-benar menyala seperti lampu dan keringatnya berubah menjadi es belum lagi dikatakan kalau beliau mampu merayap di tembok datar layaknya cicak merayap. Terlepas dari kebenaran kisah-kisah tersebut, maka di kesempatan kali ini, maka saya sebagai pengelola blog dengan senang hati akan membahas tentang DAHT.

Apa itu DAHT? Menurut jurnalpemudabandung.blogspot.com, DAHT adalah tenaga tersembunyi yang terdapat dalam diri hewan dan manusia. Ada yang tersimpan seolah tertidur, namun adakalanya DAHT tersebut bangkit disebabkan suatu ihwal tertentu. Hewan-hewan buas pemakan daging seperti harimau, beruang, musang, cerpelai, anjing laut dan berbagai hewan laut memiliki DAHT yang telah bangkit dalam dirinya akibat kemampuannya untuk bertahan di alam liar. 
 
Tikus tidak bergerak dihadapan kucing dikarenakan daht kucing membuatnya tergerak ke arah kucing
DAHT sendiri bukan tenaga gaib (naht, timbul karena bantuan setan dari golongan jin), namun sudah ada pada binatang dan manusia tanpa menyalahi kodrat kedua jenis makhluk tersebut. DAHT sendiri tersimpan dalam ulught yaitu serabut syaraf otot yang terletak di bawah saraf perasa pada kulit. Maka dengan ini, wajar kalau DAHT disebut sebagai tenaga dalam. 

Di dalam diri orang yang kurang berlatih, DAHT bisa bangkit sewaktu-waktu apabila orang tersebut berada dalam keadaan takut, marah atau dikarenakan suatu gerakan yang diiringi pernafasan tertentu yang keluar tanpa sengaja. Sedangkan dalam kasus orang yang sering berlatih, maka zat bisa dimunculkan dengan latihan tekun dan rutin di terik sinar matahari dan dinihari. Selain itu, DAHT juga muncul karena nutrisi yang baik dalam tubuh sehingga makanan juga berpengaruh dalam bangkitnya DAHT dalam tubuh, terutama di dalam berbagai biji-bijian dan sayuran berona hijau. 

Menurut apa yang saya tangkap dari blog tersebut, DAHT akan menjadi kuat dan menyala apabila dengan berlatih teratur, banyak makan sayuran yang banyak mengandung zat fika, kapur, tira dan mengandung zat besi. Selain itu, tira bisa dialap (diperoleh) dengan berjurus di kala terik (untuk racun/pertarungan) dan pagi hari untuk pengobatan. Selain itu, DAHT akan menyala apabila berjurus secara tertib dan teratur, karena adakalanya justru malah rusak akibat pertentangan gerakan. 

Salah satu latihan yang menguatkan DAHT adalah lari di saat siang hari di saat panas-panasnya. Selain itu, DAHT akan rusak apabila kita berlatih 2 bentuk latihan beladiri atau pernafasan yang tidak serumpun, karena akan menyebabkan perbenturan energi. Karena itu di dalam thifan po khan, terdapat aturan tertulis yang menyatakan bahwa saat belajar thifan, maka kita tidak boleh belajar beladiri lain karena akibatnya akan fatal.
 
Elang mampu membuat rusa tertarik pada cengkeramannya dikarenakan daht pada kakinya
Tanda-tanda orang yang mempunyai DAHT adalah apabila kita memasuki medan DAHT orang tersebut saat orang tersebut terduduk (mengendap-endap), maka orang tersebut akan merasakan hal tersebut dengan masuknya syaraf firasat pada bulu kuduk yang pada akhirnya diterima oleh ulught yang dengan cepat menerima segala rangsangan. Hasathpun (refleks) dilatih dengan melatih syaraf kuduk tersebut. 

Diceritakan bahwa beberapa orang arab badui mampu menjatuhkan orang yang sedang marah hanya dengan tatanpan matanya, hal ini wajar mengingat tanpa sadar orang-orang badui melatih DAHT pada matanya dengan melihat ufuk di padang pasir yang luas. Ketika kita melatih DAHT ini dengan benar, maka tidak hanya kekuatan memukul, namun juga kemampuan meloncat, tenaga, akan meningkat secara drastis. Bahkan menurut-beberapa kisah, terdapat praktisi thifan yang mampu menjatuhkan cicak. Selain itu, dari buku yang saya baca, Yang Banhou (praktisi Taijiquan yang merupakan anak dari Yang Luchan) mampu membuat burung yang ada di telapak tangannya tidak bisa terbang padahal sayapnya tidak dipotong,  terdapat pula praktisi xinyiliuhequan yang mampu membuat kupu-kupu berada di bawah telapak tangannya tidak bisa keluar dari bawah telapak tangannya. Dalam beberapa artikel saya pernah membaca ada ahli xingyiquan yang mampu merasakan keberadaan orang yang ada di belakangnya, dan bahwa Shang Yunxiang akan bangun dari tidurnya apabila ada orang yang memusatkan konsentrasinya pada Shang Yunxiang yang sedang tidur.  Beberapa hal tersebut merupakan salah satu aplikasi perluasan syaraf perasa dan penggunaan mata, walaupun mereka tidak memiliki konsep tenaga dalam DAHT namun lebih ke chi.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 03:59

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2