GUO GUMIN

Posted by


Guo Gumin

GUO GUMIN juga dikenal sebagai Guo Enpu atau Guo Encang, berasal dari Jizhou Provinsi Hebei. Guo dilahirkan pada tahun 1887. Dia sangat tertarik pada kungfu sejak usianya masih kecil. Pada usia 14 tahun, Guo menjadi murid dari Liang Zhenpu di toko pakaian bekas kepunyaan Liang Zhenpu. Pada usia 20 tahun, Guo diterima sebagai murid sejati dari Liang Zhenpu. Sejak saat itu, beladiri menjadi sumber pendapatan dan profesi sejati GUO GUMIN.  Di awal tahun 1920-an, GUO GUMIN sudah menjadi pengajar baguazhang di berbagai tempat di Beijing


Setelah Jepang menginvasi Cina pada tahun 1937, kedutaan Jepang kemudian mengundang GUO GUMIN untuk mengajar kungfu. Guo menolak undangan tersebut dan melarikan diri ke Jinan di Provinsi Shandong dimana dia mengajar beladiri kepada tentara di bawah kepemimpinan warlord Han Fuju. Untuk melihat kemampuan Guo, Han mengetes GUO GUMIN terlebih dahulu. Han menyuruh GUO GUMIN untuk melawan salah satu petarung tombak terbaiknya menggunakan tombak kayu (maksudnya tombak tanpa ujung). Dari tiga ratus orang yang dipilih, 50 orang kemudian digunakan untuk mengetes Guo. Guo, menyarankan kepada 50 orang tersebut untuk menusuknya masing-masing sebanyak 3 kali dan secara bergiliran, Guo menusuk mereka pula sebanyak 3 kali. Dari 50 orang yang melakukan ini, tidak ada satupun yang mampu menusuk GUO GUMIN, sedangkan saat Guo menusuk sebanyak 3 kali, tidak ada seorangpun yang mampu menghindari tusukan Guo.   
Setelah perang usai, Guo kembali ke Beijing dan mengajarkan beladiri di Universitas Furen. Setelah era pembebasan pada tahun 1949, Guo mengajarkan baguazhang di taman. GUO GUMIN, meninggal pada tahun 1968 ketika usianya 81 tahun. Tubuhnya dikremasi dan abunya dijaga oleh para murid Su Shen hingga tahun 1984, ketika kedua muridnya yang lain yaitu Liu Jiemin dan Wang Qichang memindahkannya ke Pemakaman Umum Wan’an di Beijing, tempat yang sama dimana Dong Haichuan dikuburkan. Guo memiliki postur yang pendek dan tubuh yang kurus. Dia tidak pernah menikah dan mengabdikan seumur hidupnya untuk beladiri kungfu. Dia tidak hanya menguasai Baguazhang aliran Liang, namun juga banyak bertukar kemampuan dengan banyak ksatria di zamannya. Di antara yang paling banyak bertukar kemampuan dengannya diantaranya adalah Liu “Si Tombak Besar” (Liu Dekuan), Shi Jidong, Yin Fu, Liu Fengchun (semuanya merupakan murid Dong Haichuan), Han Fushun (murid dari Shi Jidong), Ma Gui (murid Yin Fu), Yin Yuzhang (anak dari Yin Fu), Zeng Xingsan (murid dari Yin Fu) dan pendekar lainnya. GUO GUMIN tidak hanya ahli kungfu, namun dia juga mampu berbicara dalam bahasa Inggris dan merupakan pelukis yang hebat.   


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01:32

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2