LEGENDA KUNGFU: LAM SAI WING

Posted by



LAM SAI WING


Nah, para pembaca di sini tentunya tahu tentang Wong Feihung kan? Tapi tunggu dulu, saya tidak akan menceritakan tentang Wong Feihung, tapi saya akan menceritakan salah satu muridnya yang paling terkenal. Dulu tentu kita ingat sering melihat film  berjudul Once Upon a Time in China yang dibintangi oleh Jet Lee (Wong Feihung), anda akan mendapati kalau dari salah satu muridnya terdapat seorang tukang daging bertubuh gempal. Nah, tukang daging gendut ini sebenarnya adalah Lam Sai Wing, salah satu murid Wong Feihung yang paling terkenal. 


Mengenai tahun lahir LAM SAI WINGsendiri sebenarnya masih ambigu. Beberapa sumber mempercayai kalau LAM SAI WINGdilahirkan pada tahun 1861 dan meninggal pada tahun 1942. Sedangkan sumber lain mengatakan kalau LAM SAI WING dilahirkan pada tahun 1860 dan meninggal pada tahun 1943. Namun menurut penuturan Wong Man Kai yang merupakan salah satu murid Lam Sai Wing, LAM SAI WING meninggal pada usia 83 tahun, itu berarti pendapat yang paling kuat adalah dia lahir pada tahun 1860  dan meninggal pada tahun 1943, walaupun dari hal ini harus dilakukan studi lebih lanjut. 

LAM SAI WING dilahirkan di Desa Pingjiau, distrik Naamhoi, Provinsi Guangdong. Dia dilahirkan dari keluarga yang memiliki tradisi menekuni kungfu dan sudah terkenal bahkan sebelum dia menjadi dewasa. LAM SAI WINGterkenal sebagai orang yang memiliki kepribadian baik. Walaupun dia seorang tukang daging dari rumah jagal, namun sikap dan
Teknik "12 Jembatan" Hunggar yang diperagakan oleh Lam Sai Wing
kepribadiannya jauh dari para tukang daging pada umumnya. Jika suatu masalah terjadi di desa tempat dia tinggal, maka dia akan memediasi pertengkaran dengan cara damai daripada dengan cara yang brutal. Guru pertamanya dalam hal mempelajari kungfu adalah kakeknya sendiri yang bernama Lam Guei Chung dan setelahnya dia terus mencari guru kungfu yang bisa mengajarinya. Di saat usianya 22 tahun, dia menjadi murid Wong Feihung yang saat itu sudah sangat terkenal dan terus menjadi muridnya selama lebih dari 22 tahun.
Menurut penuturan Wong Man Kai, LAM SAI WINGpertama kali memohon kepada Wong Feihung untuk dijadikan murid adalah di saat dia (Wong Feihung) sudah memutuskan pensiun dari pekerjaannya sebagai instruktur beladiri tentara Lau. Pada saat itu, Wong Feihung memutuskan untuk berhenti mengajar dan pergi ke Guangzhou untuk menjadi tabib tradisional Dit Da (lasah tulang). Karena tahu kalau Wong Feihung terkenal, LAM SAI WINGmeminta untuk dijadikan muridnya. Walaupun begitu, Wong Feihung sudah memutuskan untuk pensiun mengajar sehingga dia menolak permohonan LAM SAI WINGtersebut. Berkali-kali dia memohon untuk diajari kungfu dan berkali-kali pula LAM SAI WINGditolak. Sebagai seorang yang pantang menyerah, LAM SAI WINGterus berusaha hingga akhirnya Wong Feihung menyuruhnya untuk mendemonstrasikan kemampuannya. Setelah LAM SAI WINGmendemonstrasikan kemampuannya, Wong Feihung menyimpulkan kalau LAM SAI WINGsangat berbakat dan akhirnya menerimanya sebagai murid. 
 
Tinju Penjinak Harimau, Rangkaian jurus pertama yang diajarkan pada Kungfu Hunggar, lagi-lagi ilustrasi jurus ini diambil dari peragaan jurus oleh Lam Sai Wing
Dikarenakan keahliannya dalam penguasaan kungfu Hunggar dan kebaikannya, banyak sekali kisah yang menceritakan mengenai kehebatannya tersebut. Berikut kisah-kisahnya.

Di akhir era Kaisar Guangxu (sekitar 1908), terdapat seorang biksu yang memiliki reputasi buruk dari Provinsi Honaam. Dia menyebut dirinya “kepala besi” dikarenakan dia senang menyerang orang menggunakan kepalanya. Dia bahkan menggunakan kemampuannya ini untuk menghina kepala kuil tempat dia tinggal dan bahkan ingin mengambil alih kepemilikan kuil tersebut. Wong Feihung adalah teman baik dari kepala kuil tersebut. Untuk menolong temannya tersebut, Wong kemudian menyuruh LAM SAI WING untuk menghukum biksu yang memiliki sifat buruk tersebut. Dan akhirnya, LAM SAI WING berhasil memberi pelajaran pada biksu tersebut, dan kepala biksu tetap pada posisinya semula. 

Di kisah lain, diceritakan mengenai seorang ahli kungfu yang terkenal akan tangan besinya, menghina kungfu Lam Sai Wing. LAM SAI WING kemudian memutuskan untuk pergi ke sekolah ahli kungfu tersebut. Setibanya di sekolah kungfu yang menjadi tujuannya, dia kemudian mengambil papan tanda perguruannya dan membelahnya menjadi dua. Si ahli kungfu tersebut marah atas kejadian tersebut dan menantang LAM SAI WING untuk berduel. Setelah bertukar pukulan dan tangkisan, lawan LAM SAI WING tersebut kemudian pura-pura jatuh dan berusaha melakukan sapuan kaki dari tanah. Tidak ingin termakan dengan muslihat tersebut, LAM SAI WING menangkis sapuan tersebut dengan tangkisan gunting sehingga ahli kungfu tersebut kakinya patah. Ternyata setelah ahli kungfu tersebut kakinya patah, dia malah menjadi terkenal dan malah memperoleh keuntungan besar, kenapa? Ternyata dia berhasil menyembuhkan kaki yang dipatahkan LAM SAI WING tersebut dan dengan menggunakan nama Lam Sai Wing, dia berhasil memperoleh keuntungan besar dikarenakan patahnya kaki ahli kungfu tersebut oleh LAM SAI WING dijadikan jargon promosi usaha Dit Dar (lasah tulang) ahli kungfu tersebut dan dia memperoleh keuntungan yang besar dari usaha lasah tulangnya tersebut. 
 
Lam Sai Wing beserta murid-muridnya. Murid-murid Lam Sai Wing merupakan generasi pertama yang menjadi aktor-aktor laga dan stuntman di film-film Hongkong. LIhat yang ditunjuk anak panah, orang tersebut adalah Chiu Kao yang merupakan ayah dari Chiu Chi Ling, ahli kungfu hunggar yang terkenal bermain bersama Jackie Chan dan juga bermain dalam Kungfu Hustle
Kisah yang paling terkenal mengenai kemampuan LAM SAI WING adalah kisah yang terjadi di akhir era kepemimpinan Syun Tung (Puyi, kaisar terakhir Cina). Kejadian ini terjadi di theater (bioskop) bernama Lok Sin di Provinsi Ghuangzhou. Pemilik dari teater ini adalah Lee Sai Kwai yang ;juga pemimpin dari pasukan tentara lokal. Dia dan semua staff yang dia miliki, merupakan orang yang “tahu” kungfu. Tahu kalau LAM SAI WINGmerupakan ahli kungfu terkenal, mereka iri atas reputasinya. Karena itulah, mereka ingin mengalahkan Lam Sai Wing. Lee Saai Kwai kemudian memutuskan untuk membayar 20 orang menyerang Lam Sai Wing. Lam Sai Wing, tanpa mengetahui akan rencana penyerangan ini, masuk ke teater bersama Tang Yi, Tang Fong, Kwan Sun dan Tam Chau pada malam hari. Lee Sai Kwai kemudian menutup pintu teater tersebut dan para staff-nya, langsung menyerang LAM SAI WINGmenggunakan senjata. LAM SAI WINGdan murid-muridnya kemudian mempertahankan diri mereka dengan tangan kosong. Tidak lama kemudian, Lee Sai Kwai memanggil sekitar 200 orang tentaranya dan mengelilingi LAM SAI WINGbersama murid-muridnya. LAM SAI WINGkemudian melemparkan batu ke arah lampu teater tersebut dan membuarnya padam. Di dalam kegelapan tersebut, dia dan murid-muridnya berhasil melarikan diri. Banyak orang yang terluka saat pertarungan tersebut, beberapa orang bahkan meninggal. LAM SAI WINGdan Tang Yi hanya mengalami luka di punggung akibat sayatan pisau yang terjadi di awal perkelahian. Serangan tersebut benar-benar membuat pemerintahan Qing terkejut dan mereka kemudian memerintahkan penahanan atas LAM SAI WINGdan murid-muridnya. LAM SAI WINGkemudian pergi ke Gwailam untuk menghindari penangkapan dan kembali saat Dinasti Qing runtuh.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 23:01

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2