LI ZIMING

Posted by


LI ZIMING

LI ZIMING (25 Juni 1903 – 23 Januari 1993) adalah seorang seniman dan ahli baguazhang (KUNGFU BAGUAZHANG) generasi ketiga. Tidak hanya itu, dia juga ahli dalam literatur, dan sangat berbakat dalam kaligrafi dan lukisan. Di ranah beladiri, beliau merupakan murid dari Liang Zhenpu yang mana hal ini, menjadikannya cucu murid dari Dong Haichuan pencipta Kungfu Baguazhang. 


LI ZIMING berasal dari wilayah Ji dari Provinsi Hebei. Pada tahun 1921, dia mempelajari Baguazhang di bawah bimbingan Liang Zhenpu, lalu kemudian menjadi tudi (murid sejati / pewaris) dari Liang Zhenpu. Selain belajar baguazhang kepada Liang Zhenpu, dia juga belajar kepada Shang Yunxiang, Zhang Zhaodong dan Ju Qingyuan.
Selain itu, dia juga biasa bertukar kemampuan dengan Guo Gumin, Li Shao’an, dan Zeng Xingsan. Pada tahun 1979, untuk melindungi kuburan dari Dong Haichuan, LI ZIMING menyarankan kuburannya untuk dipindahkan ke Pemakaman Umum Wan’an dari lokasinya yang lama. Pada tanggal 2 dan 3 Agustus tahun 1980, sekelompok praktisi Baguazhang yang berjumlah lebih dari 100 orang, di bawah bimbingan LI ZIMING  sendiri memindahkan sisa-sisa tubuh Dong Haichuan beserta batu nisannya ke Pemakaman Umum Wan’an.

Pada tahun 1981, Asosiasi Penelitian Beijing didirikan dan LI ZIMING dinobatkan sebagai presiden pertama dari asosiasi tersebut. Hingga kematiannya pada tahun 1993, LI ZIMING terus menjabat sebagai presiden. Ketika meninggal, LI ZIMING dikuburkan di samping kuburan Dong Haichuan bersama dengan gurunya Liang Zhenpu.  

Salah satu muridnya yang paling terkenal adalah Ma Chuanxu yang merupakan Presiden Asosiasi Penelitian Beijing Kedua setelah LI ZIMING, dan Di Guoyong yang merupakan Presiden Asosiasi Penelitian Xingyiquan Beijing (untuk Di Guoyong, anda bisa melihat video tutorial xingyi dan baguazhang-nya di Youtube). 

Dikabarkan bahwa saat terjadi Revolusi Budaya, LI ZIMING merupakan salah satu ahli kungfu yang dijadikan objek penyiksaan oleh pihak pemerintah komunis. Namun, dikarenakan tenaga dalamnya yang luar biasa, dia tidak mengalami cedera sedikitpun.  


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 01:27

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2