SIL LIM TAO

Posted by



SIL LIM TAO


Sil Lim Tao atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Siu Nim Tao (secara harfiah berarti ide kecil) merupakan rangkaian jurus pertama yang diajarkan di dalam kurikulum kungfu wing chun. Jika diibaratkan dalam kehidupan kita sehari-hari, Siu Nim Tao adalah seperti 26 huruf alfabet yang dipelajari sebelum belajar membaca novel, atau 28 huruf hijaiyah yang kita pelajari sebelum mulai membaca alquran. Jika kita tidak bisa menyebutkan prounonsiasi setiap huruf dengan baik, maka cara membaca kita tidak akan pernah menjadi bagus. Peran siu nim tao seperti peran huruf-huruf tersebut di dalam beladiri kungfu wing chun. 


Selama beratus-ratus tahun, siu nim tao diolah, diubah dan ditempa ke dalam berbagai bentuk dan wujud. Namun, jurus sil lim tao itu sendiri, terinspirasi dari kungfu bangau dan kungfu ular. Jurus sil lim tao ini, terus berevolusi selama wing chun menyebar. Jika kita melihat Yuen Kay San Wing chun yang terdapat di Foshan, maka kita akan melihat kalau elemen kungfu ular akan sangat kental pada jurus siu nim tao di aliran wing chun tersebut.

Yip Man, mendeskripsikan latihan sil lim tao sebagai berikut:

Di dalam sil lim tao (ide/pikiran kecil), berbagai ide dan pikiran sehari-hari yang menggantung di pikiran kita seperti uang, cinta, benci, kerja dan lain sebagainya dikurangi sebisa mungkin, atau bahkan hingga tidak ada. [sehingga praktisi hanya boleh] berkonsentrasi ke dalam latihan saja.

Sil lim Tao, merupakan fondasi pembuntuk Kungfu Wing chun. Itulah kenapa, setiap master wing chun ketika mengajarkan kepada murid-muridnya, selalu menginginkan untuk para muridnya untuk berlatih sil lim tao terlebih dahulu.

Jurus Sil lim tao sendiri, terbagi atas 8 bagian yang terdiri atas 108 gerakan. Setiap bagian dari sil lim tao, memiliki tujuannya sendiri dalam latihan dan berbagai pengertian di dalam aplikasinya.

Tujuan dari Sil Lim Tao

Sil lim tao memiliki banyak sekali manfaat bagi orang yang serius dalam beladiri: 


  • ·         Memperkuat kaki melalui sikap tubuh (kuda-kuda)
  •       Mengajarkan murid teknik kunci dari Kungfu Wing chun



  • ·       Mengajarkan murid untuk menciptakan saklar energi, dan merupakan bagian   kunci           untuk    membangun ging yang baik



  • ·     Membantu murid untuk memahami prinsip-prinsip dasar, seperti keekonomisan gerak dan konsep garis tengah.

Struktur Jurus


Bagian pertama pada jurus sil lim tao, bertujuan untuk melatih tenaga dasar dengan jalan menegangkan tangan dan merilekskan tangan. Kekuatan pada sil lim tao, dibangun dengan mengulang-ulang inti jurus tangan Tan Sau, Fook Sau dan Wu Sau. Jika kita ingin penguasaan wing chun kita berada dalam standar yang tinggi, maka kita harus menggunakan bagian pertama dari kungfu wing chun untuk melatih kekuatan kita. Tidak ada yang namanya jalan pintas. Sekali gerakan tersebut dipelajari, maka gerakan tersebut harus dipelajari secara serius. Setiap praktisi wing chun tahu, kalau bagian pertama dari jurus sil lim tao harus dilakukan secara pelan. Untuk melatih kekuatan, kita mesti serius dan supaya bisa serius, maka kita harus melakukannya dengan pelan. 

Di bagian kedua, kita melatih cara menggunakan kekuatan yang telah dibangun pada bagian pertama jurus sil lim tao. Di dalam kungfu wing chun, kekuatan digunakan setengah lembut dan setengah keras, dan aplikasi setengah lembut setengah keras ini, bisa dilihat dengan jelas pada pukulan wing chun. Ketika kita melakukan pukulan, pukulan dilancarkan dalam keadaan rileks, namun keadaan ini membuat kecepatan kita bertambah. Di bagian ini, kekuatan lembut digunakan. Namun, ketika kita melakukan kontak dengan lawan, seluruh otot di tangan ditegangkan seketika di detik itu juga. Ini merupakan kekuatan keras, dan berguna meningkatkan tenaga pukulan di saat kontak. Penggunaan lembut dan keras secara seimbang ini, kemudian berkembang menjadi pengiriman energi secara kinetik melalui penggunaan tangan dan tubuh ke arah target serangan, tanpa sedikitpun mengorbankan keseimbangan. 

Pada bagian ketiga, kita melatih posisi yang benar dan dasar-dasar gerakan tangan. Bagian ketiga ini, dimaksudkan untuk membangun muscle memory. Gerakan-gerakan seperti Pak Sau, Tan Sau, Gaun Sau, Huen Sau, dan Bong Sau dilatih pada bagian ini dengan tujuan supaya setiap teknik dieksekusi secara benar.

(sumber: www.kwokwingchun.com)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:14

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2