LIUHE TANGLANGQUAN

Posted by



Nah, kawan-kawan pecinta beladiri kungfu, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai salah satu aliran kung fu belalang sembah yang secara umum bersifat unik, sangat berbeda dengan kung fube lalang sembah yang lain. Nama aliran kung fu ini adalah liuhe tanglangquan.

Liuhe Tanglangquan, apabila kita artikan ke dalam bahasa Indonesia maka berarti: Liu = enam, He =harmoni atau keselarasan, Tang Lang = belalang sembah, dan Quan yang berarti tinju. Maka, apabila kita satukan, liuhe tanglangquan berarti tinju belalang sembah 6 harmoni. 

Walaupun pada prinsipnya kung fu yang satu ini meniru gerakan-gerakan belalang sembah, namun kita akan melihat dengan jelas kalau ternyata kung fu ini, sangat berbeda dengan kungfu belalang sembah yang sering kita lihat. Kungfu ini menggunakan pukulan yang terlihat normal (tidak seperti qixing dan mimen tanglangquan yang menggunakan tangan kait).

Menurut cerita[1], di era Kaisar Tongzhi di masa Dinasti Qing, seorang pemberontak bernama Wei Delin berhasil melarikan diri dari penjara dan melarikan diri dari Dengzhou, Provinsi Shandong dan bersembunyi di Zhaoyuan. Ketika luka-luka yang dia dapatkan saat melarikan diri sembuh, dia mengajarkan Liu He Duan Chui kepada orang yang menolongnya. Kung fu ini terkenal dikarenakan langkahnya yang seperti monyet, namun memiliki tangan seperti belalang sembah. Dikarenakan tangan Wei saat melakukan kung fu ini kelihatan seperti jari kaki bebek, orang-orang juga menyebutnya “tamparan bebek” lalu kemudian, kung fu ini disebut “belalang sembah”.

Menurut Zhang XiangSan dalam bukunya “Liuhe Tanglangquan”[2], lineage (kesanadan) utama dari liuhe tanglangquan adalah: Wang Lang - ? - Wei San – Lin Shichun – Ding Zicheng. 

Mengenai keefektifan kungfu ini dikisahkan di dalam pertarungan Lin Sichun. Lin Sichun dan Liuhe Tanglangquan, menjadi terkenal setelah pertarungannya di sebuah toko dikarenakan sebuah perselisihan yang menyebabkan dirinya dikerumuni oleh sekitar 20 orang penjahat. Di awal pertarungan tersebut, sabuknya copot sehingga dia terpaksa bertarung melawan ke 20 orang tersebut sembari mengangkat celananya yang melorot menggunakan tangan kirinya. Dia melawan ke 20 orang tersebut hanya menggunakan langkah kaki dan tangan kanannya. 

Referensi:
[1] kungfu.chinesechio.com
[2] www.bajimen.com



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17:28

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2