SENI BELADIRI

Posted by

SENI BELADIRI

Untuk artikel awal sebagai langkah pembuka dari lahirnya blog ini, saya akan menjelaskan mengenai pengertian beladiri dan ruang lingkupnya terlebih dahulu dimana para pembaca blog ini saya harap akan tercerahkan dengan penjelasan dari saya yang terbatas ini. 

1.           Pengertian

Chuck Norris dan Bruce Lee dalam cuplikan film "Way of The Dragon"
Bruce Lee merupakan pendiri aliran beladiri Hybrid Jeet Kune Do   
BELADIRI terdiri atas kata bela dan diri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bela berarti menjaga baik-baik; merawat; dan memelihara. Sedangkan diri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti orang seorang; atau badan. Jadi kita dapat menyimpulkan kalau beladiri  adalah metode dan tindakan untuk menjaga, merawat dan mempertahankan baik itu diri sendiri, orang lain, barang- barang umum dan pribadi, dari luka ataupun kerusakan.


Sedangkan seni beladiri (martial art) berarti sistem tersusun yang tidak hanya menyangkut metode pertarungan dan kemampuan mempertahankan diri saja, tetapi juga menyangkut kesehatan rohani dan jasmani, kompetisi, hiburan, dan pengembangan mental dan spiritual. 

Wujud awal dari seni beladiri bisa dilihat jejaknya di masa lalu dimana kita kembali ke Cina 4000 tahun yang lalu di masa Dinasti Xia. Walaupun istilah seni beladiri secara umum selalu dihubungkan dengan wilayah Asia timur (Cina, Jepang dan sekitarnya), namun pada awalnya istilah ini digunakan untuk menunjukkan  sistem dan model pertarungan di Benua Eropa di tahun 1550. Petunjuk mengenai permainan anggar negara Inggris di tahun 1639 secara khusus menggunakan istilah ini (martial art) untuk menunjukkan "seni dan pengetahuan berpedang". Tampaknya istilah ini di ambil dari istilah latin "Art of Mars" dimana Mars merupakan dewa perang dalam mitologi Romawi.

2.       Ragam dan Lingkup

Seni Beladiri bisa dikategorikan secara beragam menurut berbagai kriteria. Termasuk diantaranya:
  • Menurut sejarahnya: seni beladiri tradisional (senjata dan tangan kosong) vs seni beladiri hibrid (campuran) modern (tangan kosong).
  • Sun Lutang salah satu
    ahli beladiri tradisional neijia Cina Xingyiquan
    dalam sikap "San ti shi"
    Menurut wilayahnya: seni beladiri timur vs seni beladiri barat.
  • Menurut teknik yang diajarkan: dengan senjata vs tanpa senjata. Di dalam kelompok ini yang terdapat seni beladiri yang menggunakan persenjataan (ilmu pedang, ilmu tongkat, dsb) dan ilmu pertarungan tangan kosong (gulat vs tinju, stand up fighting vs ground fighting)
  • Menurut aplikasi dan tujuan: mempertahankan diri, kompetisi olahraga, koreografi,peragaan jurus, kesehatan, meditasi dan perfilman
  • Di dalam tradisi Cina: neijia (beladiri tenaga dalam) dan waijia (beladiri tenaga luar).



Di artikel selanjutnya, saya akan menjelaskan mengenai SEJARAH SENI BELADIRI  DAN PERKEMBANGANNYA hingga saat ini. Mudah-mudahan para pembaca bisa menikmatinya.
















          
                              




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:03

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2