NEIJIA

Posted by



Neijia (secara harfiah berarti perguruan internal) merupakan istilah dalam beladiri kungfu Cina yang berarti kelompok aliran beladiri yang memfokuskan diri pada pelatihan neijing (tenaga dalam). Singkatnya, neijia diartikan sebagai kungfu tenaga dalam, yang mana di dalamnya tidak hanya menyangkut pengembangan mental dan spiritual saja, tapi juga menyangkut aspek pengembangan qi. Sementara waijia (beladiri tenaga luar) yang merupakan lawan dari neijia lebih memfokuskan diri pada aspek fisiologis pelatihan.


Pembagian beladiri Cina menjadi waijia dan neijia, bisa dilacak hingga ke abad 17. Namun di era modern, penggunaan istilah ini dipopulerkan oleh Sun Lutang melalui karya tulisnya yang ditulis sekitar tahun 1915-1928. Di dalam beladiri tenaga dalam, neijing dikembangkan melalui pelatihan tenaga dalam yang biasa disebut dengan sebutan neigong. 

Berbagai aliran beladiri beraliran wudang atau wudangquan, digolongkan oleh Sun Lutang sebagai aliran beladiri ini. Sebagai contoh, aliran beladiri seperti xingyiquan, baguazhang dan taijiquan digolongkan sebagai neijia. Selain itu, beberapa aliran beladiri bajiquan, juga aliran pedang legendaris wudang, juga digolongkan ke dalam aliran ini.


Beberapa aliran beladiri lain yang tidak digolongkan ke dalam wudangquan, banyak pula yang menggolongkan dirinya sebagai beladiri neijia. Sebagai contoh, berbagai aliran kungfu seperti Qigong, liuhebafa, bak mei, ziranmen, bok foo pai dan yiquan diklasifikasikan sebagai beladiri tenaga dalam.

Sun Lutang, mengidentifikasikan kriteria-kriteria di bawah ini sebagai ciri dari neijia:


  1. Lebih menekankan pada penggunaan pikiran untuk mengkoordinasikan pergerakan tubuh dalam keadaan rileks, dimana hal ini berkebalikan dengan waijia (waijia menggunakan otot untuk menuntun pergerakan) 
  2. Penekanan pada aspek internal, sirkulasi dan pengekspresian qi berdasarkan filsafat kuno Cina 
  3. Menggunakan penerapan berdasarkan ilmu-ilmu taois, daoyin dan neigong, pada prinsip pergerakan eksternal tubuh


Sumber: en.wikipedia.org    


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15:03

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2