SNAKE IN THE EAGLE'S SHADOW

Posted by



Nah, teman-teman penggemar kungfu, kali ini saya akan mengisahkan mengenai film pertama yang membuat Jackie Chan menjadi terkenal. Film ini berjudul Snake in The Eagle’s Shadow. Film ini adalah film action perdana yang pernah disutradarai oleh Yuen Woo Ping, Selain itu, film ini juga membuat ayah dari sang sutradara, Yuen Siu Tien menjadi terkenal, dikarenakan ayahnya juga ikut membintangi film ini. Setelahnya, ayah dari Yuen Woo Ping membintangi film drunken master (lih. DRUNKEN MASTER) dan berperan sebagai Si Pengemis So, sehingga dia terkenal dengan sebutan ini.



Film ini menceritakan tentang Chien Fu (Jackie Chan), seorang anak yatim piatu yang diadopsi oleh sebuah sekolah kungfu. Di sekolah tersebut, Chien Fu sering sekali disuruh-suruh dan dihinakan dan oleh guru-guru beladiri di sana, dia sering sekali dijadikan “samsak berjalan”. Tidak hanya itu, dia juga dijadikan pembantu dan tukang masak, sehingga lengkap sudahlah penderitaannya. Satu-satunya orang yang bersimpati terhadap Chien Fu, hanyalah rekannya yang juga merupakan tukang masak di sekolah tersebut., Ah Wu. 

Suatu hari, datanglah seorang pengemis yang kelaparan (Yuen Siu Tien). Chien, kemudian memberikan pengemis tersebut makanan dan menawarkannya makanan. Sejak saat itu, Chien dan si pengemis tersebut berkawan dengan baik. Ternyata, setelah diselidiki, pengemis tersebut adalah Pai Cheng Tien, salah satu dari beberapa ahli kungfu ular terakhir yang berhasil hidup (lih. KUNGFU ULAR). 

Ternyata, saat itu Pai sedang dalam pelarian dari perguruan rival klan  elang, yang tanpa tedeng aling-aling membunuh satu persatu praktisi kungfu ular sehingga mereka hanya tersisa sedikit. Pai yang saat itu dalam keadaan terluka ditolong oleh Chien Fu. 

Pai, menyadari kalau Chien Fu sering ditindas, memberikannya pelajaran kungfu ular. Namun, dia mengajukan 2 buah syarat. Yang pertama, Chien Fu tidak boleh menyebut Pai “Shifu” (guru) karena mereka teman baik, dan Chien Fu tidak boleh mengeluarkan kungfunya itu di depan umum. Sebenarnya, kedua syarat itu Pai berikan kepada Chien supaya orang-orang mengejarnya tidak mengincar Chien.

Chien kemudian berlatih apa yang dia pelajari dari pengemis tersebut dengan tekun. Dengan kemampuannya tersebut, dia berhasil menghindari berbagai penindasan yang sebelumnya dilakukan oleh guru dan para murid di sekolah tersebut. Ketika sekolah kungfu belalang sembah menyerang sekolah tempat dia tinggal, Chien tanpa sengaja menunjukkan kemampuannya di depan umum dan dengan mudahnya mengalahkan guru sekolah kungfu belalang sembah menggunakan kungfu ular yang telah dia pelajari. Sayangnya, salah satu orang yang kebetulan lewat melihat pertarungan tersebut adalah Sheng Kuen (Jang Lee Hwang), yang ternyata merupakan orang terkuat dari klan  elang, yang langsung mengenali kungfu tersebut dan memutuskan untuk mengikuti Chien Fu.

Chien, kemudian bertemu Sheung Kuen yang mengatakan kalau dirinya adalah kenalan dari Pengemis Pai. Untuk membuktikan hal tersebut, dia melawan Chien dan dengan mudahnya, dia mampu mengalahkannya. Chien menyadari kalau kungfu ularnya bukan tandingan kungfu elangnya Shang Kuen (lih. KUNGFU ELANG). Setelah pertarungannya ini, dia kemudian menciptakan gaya kungfu yang baru, dengan mengamati kucing peliharaannya saat membunuh ular kobra. 

Setelah hal tersebut terjadi, seluruh anggota klan elang satu persatu melakukan konspirasi untuk menyingkirkan seluruh klan ular. Dalam konspirasi tersebut, pengemis Pai berhasil membunuh Su Chen seorang murid dari klan elang. Namun kemudian, Ah Wu si juru masak ternyata terbongkar kalau dia juga merupakan anggota klan elang, dikarenakan dia berusaha membunuh mereka berdua menggunakan teh.

Di akhir pertarungan, terjadilah pertarunganan antara Pai melawan Sheng Kuen, namun Pai berhasil dikalahkan. Chien Fu kemudian menggantikan Pai untuk melawan Sheung Kuen. Awalnya, dia kalah telak. Namun kemudian, dia mengeluarkan jurus cakar kucing sehingga Sheung Kuen akhirnya berhasil dibunuh.          

Di dalam film ini, Jackie Chan giginya patah diakibatkan tendangan dahsyat dari Jang Lee Hwang. bahkan di adegan sebelumnya, Jackie Chan terluka parah diakibatkan sabetan pedang yang seharusnya tidak melukainya.

APABILA ANDA MEMILIKI PERTANYAAN, SILAHKAN KETIK PERTANYAAN ANDA DI KOLOM KOMENTAR. APABILA ARTIKEL INI BERMANFAAT, SILAHKAN ANDA BAGIKAN ARTIKEL INI KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA :-)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07:45

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2