IP MAN

Posted by




Semua penggemar kungfu tentu tahu mengenai film ini. Ip Man. Film ini, menceritakan mengenai seorang ahli kungfu bernama Yip Man, seorang ahli beladiri wing chun legendaris, yang menyebarkan kungfu ini dari Foshan ke Hongkong. Di antara murid-muridnya yang terkenal adalah Wong Sheun Leung dan Bruce Lee. Dalam film ini, Ip Man diperankan oleh Donnie Yen dan ditata koreografi-nya oleh Sammo Hung. Begitu suksesnya film ini, film ini mendapatkan keuntungan sebesar US$ 21 Juta di seluruh dunia, walaupun film ini tidak ditayangkan di Amerika Utara dan di kebanyakan negara-negara Eropa. Bahkan di Hongkong Film Awards, film ini memperoleh 12 buah nominasi dan memenangkan 2 penghargaan sebagai Film Terbaik dan Koreografi terbaik.


Film ini berlatar pada tahun 1930. Di Foshan, di mana pada saat itu berbagai sekolah beladiri berdiri di sini dan di sana dan secara konstan bersaing satu sama lain. Walaupun Ip Man merupakan salah satu ahli kungfu paling hebat di Foshan, dia tidak terlalu dianggap di sana dan tetap tidak menunjukkan dirinya di dunia persilatan Foshan. Hal ini dikarenakan dia kaya secara independen, dan tidak terlalu merasa membutuhkan uang sehingga harus menerima murid. Setiap hari, Ip Man hanya menghabiskan waktunya dengan berlatih, bertemu dengan kawan-kawannya, atau menghabiskan waktunya dengan berkumpul bersama keluarganya. Walaupun Ip Man bukan ahli kungfu secara profesional, namun para ahli kungfu di Foshan menghormati kemampuannya dikarenakan dia seringkali memperlihatkan kebaikan hatinya di saat dia melakukan pertarungan dengan para ahli kungfu Foshan. 

Kemampuan Ip Man ini, kemudian semakin terkenal reputasinya di Foshan ketika dia mengalahk Jin Shanzhao, seorang ahli kungfu utara yang memiliki perangai agresif dan kasar. Dengan mengalahkan Jin Shanzhao, Ip Man berhasil menjaga kehormatan para ahli beladiri kungfu selatan dan ahli kungfu lainnya yang berada di Foshan. 

Nah, konflik sebenarnya yang terjadi di dalam film Ip Man ini, dimulai ketika Perang Sino-Jepang pada tahun 1937 dimana Yip Man terpaksa harus meninggalkan rumah mewahnya yang mana tempat ini, kemudian dijadikan markas tentara pendudukan Jepang di Foshan. Untuk yang belum menonton (saya yakin kebanyakan orang sudah menonton film ini) saya sarankan cepat-cepat untuk menonton film ini.

Adegan favorit saya dalam film ini adalah ketika Ip Man melawan 10 orang karateka sekaligus ketika menyelidiki menghilangnya salah satu temannya. Di adegan pertarungan ini, diperlihatkan bagaimana efektifnya wingchun dalam pertarungan.    


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:15

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2