BIU JEE

Posted by



BIU JEE
“Banyak orang menganggap kalau biu jee digunakan untuk menyerang orang. Namun sebenarnya, fungsi dari Biu Jee adalah bukan untuk menyerang. Biu Jee mengembangkan berbagai teknik-teknik yang digunakan dalam keadaan darurat.”
Ho Kam Ming


Rangkaian Jurus Ketiga Wing Chun


Biu Jee (jari menusuk) juga kadang disebut Biu Tse atau bahkan disebut Bil Jee, adalah rangkaian jurus ketiga dari beladiri kungfu wing chun (lih. WING CHUN) Banyaknya cara penulisan yang berbeda terhadap Biu Jee, dikarenakan dari lafadz aslinya, sangatlah susah untuk mengubahnya ke dalam aksara latin dari bahasa aslinya yang berasal dari dialek kanton. Walaupun terdapat banyak berbagai ejaan dan cara membaca Biu Jee ini dalam dialek Kanton, namun pada dasarnya semuanya merujuk pada satu jurus yang sama. 
Secara tradisional, biu jee hanya diajarkan kepada murid-murid wing chun terdekat, atau kepada murid yang telah belajar dalam periode waktu yang lama kepada guru yang mengajarinya wing chun tersebut. Hal ini menyebabkan, jurus ketiga ini, sangat variatif bahkan dalam satu aliran yang sama. Bahkan di dalam aliran Ip Man sendiri, setiap murid bisa memiliki jurus Biu Jee yang cenderung berbeda-beda.  
MANFAAT BIU JEE
Di bawah ini, merupakan keuntungan-keuntungan yang bisa kita ambil apabila mempelajari Biu Jee. 

  1.  Murid, belajar untuk mengembangkan kekuatan melalui jarak yang sangat pendek terutama untuk menyempurnakan ging yang telah dia pelajari pada chum kiu  (lih. TEKNIK CHUM KIU)
  2. Biu Gee membantu para murid untuk memulihkan diri dari keadaan dimana dia dijatuhkan, atau dalam keadaan terkunci oleh musuh, yang tentunya tergolong teknik-teknik darurat
  3. Memperbaiki gerakan perputaran dan langkah yang sebelumnya dipelajari dalam jurus chum kiu

STRUKTUR BIU JEE

Tidak seperti sil lim tao yang dengan mudahnya bisa kita bagi ke dalam 3 bagian berdasarkan strukturnya, biu jee memiliki struktur yang jauh lebih rumit. Pada bagian pertama, biu jee mengajarkan kepada murid bagaimana menyempurnakan kekuatan satu inchi yang mana membuat praktisi wing chun bisa menyalurkan energi dari jarak yang sangat pendek. Selain itu, bagian ini juga membantu mengembangkan 2 jalan energi yang sebelumnya dipelajari di chum kiu.
Bagian pertama juga mengandung langkah unik berputar yang dikenal dengan sebutan Huen Ma. Langkah ini, membangun langkah menusuk Biu Ma, yang sebelumnya diajarkan di Cum Kiu. Huen Ma memiliki karakteristik langkah yang cepat, namun aman dan stabil, dan mampu membuat praktisi menghindari serangan dan dengan mudah melakukan serangan balik terhadap lawan.
Selain itu, pada bagian pertama, kita diajarkan teknik yang bernama Kop Jarn, atau sikutan ke bawah. Kop Jarn bisa digunakan untuk melakukan serangan dalam jarak yang sangat pendek, dimana serangan menggunakan tangan dalam jarak tersebut sangatlah sulit dilakukan. Kop Jarn juga bisa digunakan untuk memblok serangan dan menyerang lawan, ketika tangan kita terjebak. Itulah sebabnya, Biu Jee dikatakan mengandung teknik-teknik yang bisa membuat kita melepaskan diri di saat diri kita ada dalam bahaya.
Bagian akhir dari jurus Biu Jee, mengandung cara untuk memulihkan struktur garis tengah bersamaan dengan pertahanan untuk menutupi area tubuh yang terbuka, juga serangan ke berbagai arah yang berbeda. Bagian akhir jurus ini, juga mengandung teknik yang berguna untuk memulihkan diri kita dari keadaan jatuh. 
Sesuai dengan berbagai pernyataan di atas, maka kita bisa menyimpulkan kalau Biu Jee menyempurnakan Chum Kiu, sedangkan Chum Kiu menyempurnakan Sil Lim Tao (lih. TEKNIK SIL LIM TAO). Maka, Biu Jee hanya boleh dipelajari setelah chum kiu bisa dipelajari dengan baik. Setelah praktisi wing chun bisa menguasai Biu Jee dengan baik, maka dia akan mampu menghasilkan teknik yang sangat kuat dari jarak yang sangat pendek dengan tentunya akurasi yang lebih baik.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 06:05

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ARTIKEL LAINNYA

Powered by Blogger.

Footer 3

Footer1

FOOTER 2